Urban Legend  Yogyakarta yang Ceritanya Selalu Menjadi Misteri dan Bikin Merinding

photo credit: ceritajengyuni

Urban Legend Yogyakarta yang Ceritanya Selalu Menjadi Misteri dan Bikin Merinding

24.6K
Banyak orang Jogja yang beranggapan jika suara drum band ini berasal dari genderang "pasukan yang tak kasat mata" yang sedang berpatroli. Ada juga yang mengatakan, jika suara itu asalanya dari pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang menuju Merapi dari Laut Kidul.

Jogja memang selalu meninggalkan cerita dan kesan di hati setiap orang, mereka yang merantau pasti pun mempunyai kenangannya tersendiri. Tidak hanya kulinernya tapi cerita urban legend-nya yang masih terus terekam juga menjadi daya tariknya tersendiri. Meskipun zaman sudah semakin modern, cerita dari mulut ke mulut tidak pernah terhenti. Nah, kamu yang pernah tinggal atau tinggal di Jogja pasti pernah kan mendengar cerita urban legend-nya. Berikut ini Trivia juga mau kasih tahu beberapa cerita yang terkenal dan bikin kamu merinding. Yuk, lihat!


Suara drum band di tengah malam

photo credit: ceritajengyuni

Kamu yang orang Jogja pasti nggak asing deh dengan cerita yang satu ini. Suara drum band itu terdengar jelas, biasanya akan terdengar saat malam hari di atas jam 9 malam. Banyak yang mengira jika suara ini berasal dari kelompok drum band yang sedang latihan, namun biasanya agak aneh melakukan latihan semalam ini. Anehnya lagi jika rumahmu ada di barat, maka akan mengira sumber suara itu berasal dari timur, kalau rumah berada di selatan pastilah mengira suara itu berasal dari utara. Kalau pun ada yang mencari sumber itu, tidak pernah ada yang menemukannya.

Banyak orang Jogja yang beranggapan jika suara drum band ini berasal dari genderang "pasukan yang tak kasat mata" yang sedang berpatroli. Ada juga yang mengatakan, jika suara itu asalanya dari pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang menuju Merapi dari Laut Kidul. Wah, serem banget ya! Kamu yang orang Jogja sudah ada yang pernah juga belum nih, Sahabat Trivia?


Mbah Atin

photo credit; Dimas Siburian

Sosok yang juga legend di Jogjakarta adalah Mbah Atin. Seorang ibu tua yang selalu berbusana kebaya dan membawa tas hitam. Kedatangan Mbah Atin selalu saja dikaitkan dengan kematian pada setiap daerah yang ia datangi. Hal ini karena kedatangan mbak Atin ini selalu saja ada orang yang meninggal, sehingga selalu dikait-kaitkan.


Rumah kentang Jogjakarta

photo credit: kisahkecil

Rumah kentang Jogja ini konon kabarnya banyak warga sekitar yang sering mencium bau kentang pada saat malam hari. Jadi, menurut cerita dulu ada seorang anak keturunan warga Belanda yang sangat menyukai kentang. Pada saat itu sang pembantu yang sedang menggendong anak kecil tersebut sedang merebus kentang, lalu sang anak jatuh dari gendongan dan masuk ke panci. Duh, seram banget ya!


Suara kaki kuda di malam hari

photo credit: detikTravel

Ada legenda yang beredar saat kamu mendengar suara andong dan langkah kaki kuda lewat depan tempat tinggalmu, itu berarti kamu akan merasa betah sekali tinggal berlama-lama di Jogja. Konon suara andong itu adalah milik Kanjeng Ratu Kidul yang memberi amanat kepada kita untuk tetap tinggal di Jogja. Wah, tanpa mendengar suara andong juga kayaknya kita sudah betah ya berlama-lama tinggal di Jogja.


Suara sirine di pabrik gula Madukismo

photo credit: Njogja

Pabrik yang didirikan tahun 1955 ini konon kabarnya sering terdengar suara gauk (sirine jawa) yang terdengar setiap jam 5:45, 6:00, 21:45 dan 22:00. Menurut ceritanya suaranya terdengar pada saat musim tebang tebu, di bulan April-Oktober.

BACA JUGA


Menonton Film Horor Malam Satu Suro. Yuk Kita Nostalgiaan. Siapkan Keberanianmu untuk Baca Ini Ya!

Menonton Film Horor Malam Satu Suro. Yuk Kita Nostalgiaan. Siapkan Keberanianmu untuk Baca Ini Ya!

Kita nostalgia sama peran utamanya karena menurut saya, belum pernah ada yang menggantikannya sampai sekarang. Siapa lagi kalau bukan sundel ...

Read more..

Kamu punya cerita lain nggak nih Sahabat Trivia tentang urban legend yang ada di Jogjakarta? Share di sini dong!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Urban Legend Yogyakarta yang Ceritanya Selalu Menjadi Misteri dan Bikin Merinding". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week