Usai Liburan, Inilah 5 Makanan yang Perlu Kamu Konsumsi Agar Tubuh Segar Kembali!

Usai Liburan, Inilah 5 Makanan yang Perlu Kamu Konsumsi Agar Tubuh Segar Kembali!

273
Tak jarang usai liburan tubuh terasa lemas dan begitu letih. Bukan hanya karena telah melakukan banyak aktivitas fisik, tapi konsumsi makanan yang tidak sehat, bisa jadi salah satu penyebabnya.

Saat liburan, kamu mungkin tak lagi memerhatikan pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi. Sejak di perjalanan hingga tiba di destinasi liburan, berbagai makanan manis, junk food, dan camilan enak tapi kurang sehat lainnya masuk ke dalam tubuh tanpa kendali. Namanya juga liburan, pasti malas kalau harus pilih-pilih makanan atau teringat target diet yang belum tercapai.

Oleh karena itu, tak jarang usai liburan tubuh terasa lemas dan begitu letih. Bukan hanya karena telah melakukan banyak aktivitas fisik, tapi konsumsi makanan yang tidak sehat, bisa jadi salah satu sebabnya. Nah, biar kamu tetap segar saat kembali masuk kuliah atau kerja nanti, berikut ini 5 makanan yang perlu kamu konsumsi usai liburan.


Air jahe atau teh peppermint

photo credit: Livestrong

Kamu yang mengalami gangguan pencernaan, minumlah air jahe atau teh peppermint. Kedua jenis minuman ini dapat membantu otot-otot di saluran pencernaan dan meredakan kram atau rasa nyeri yang kamu alami. Selain itu, air jahe juga dapat menghangatkan tenggorokan dan perutmu.


Air Putih

photo credit: ABC News

Hayo, siapa yang malam tahun baruan kemarin banyak minum minuman bersoda atau berkafein biar kuat begadang? Air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, membantu pencernaan, dan menjaga kebutuhan cairan tubuh agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, air putih merupakan satu-satunya minuman yang tak memiliki kalori. Jadi, upayakan mengonsumsi air putih dan mengurangi jenis minuman lain jika memiliki berat badan ideal ada dalam resolusimu tahun ini.


Semangka dan buah lain dengan kandungan air yang tinggi

photo credit: Pinterest

Buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi seperti melon, jeruk bali, dan semangka dapat menghidrasi tubuh dengan baik sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh kembali segar dan terhindar dari rasa tak nyaman pada perut.


Teh Hijau

photo credit: Daily Mail

Jika kamu ingin energi tambahan di pagi hari, minumlah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mencegah penyakit yang timbul dari konsumsi makanan instan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat menetralkan tingkatan gula darah setelah kamu mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.


Pisang

photo credit: MyFatPocket
Kamu yang suka nyemil snack dengan kandungan garam yang tinggi atau mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat perut terasa kembung, atasi dengan konsumsi pisang. Pisang mengandung mineral seperti potassium yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain pisang, kamu juga bisa meminum air kelapa atau makan kentang untuk manfaat yang serupa.

BACA JUGA


Deretan Makanan dan Minuman yang Bisa Kamu Konsumsi Saat Malam Hari. Kata Siapa yang Lagi Diet Nggak Boleh Makan Malam?

Deretan Makanan dan Minuman yang Bisa Kamu Konsumsi Saat Malam Hari. Kata Siapa yang Lagi Diet Nggak Boleh Makan Malam?

Buat kamu sedang melakukan diet namun tetap ingin makan malam, jangan khawatir! Ada beberapa pilihan jenis makanan yang masih bisa kamu ...

Read more..

Konsumsi minuman dan makanan di atas untuk mengembalikan keseimbangan tubuhmu usai liburan. Jangan lupa perbaiki kembali pola makan, agar tubuh tidak rentan terserang penyakit. Bonusnya, target mendapatkan berat badan ideal juga semakin mudah tercapai.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Usai Liburan, Inilah 5 Makanan yang Perlu Kamu Konsumsi Agar Tubuh Segar Kembali!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar