Video Tongue-Twister Ini Adalah Bukti Sulitnya Belajar Bahasa Asing. Yuk, Kenali 5 Bahasa Tersulit yang Ada Di Dunia!

Video Tongue-Twister Ini Adalah Bukti Sulitnya Belajar Bahasa Asing. Yuk, Kenali 5 Bahasa Tersulit yang Ada Di Dunia!

175
Tongue-twister adalah susunan kalimat yang sulit untuk diartikulasikan. Umumnya Tongue-twister adalah sebuah permainan untuk memunculkan efek komedi dari artikulasi yang salah.

Bahasa sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia semenjak dahulu kala. Selain berkomunikasi, bahasa kini sudah berkembang dalam berbagai aspek, seperti untuk mengungkapkan perasaan hingga menjadi bagian dari permainan.

Tongue-twister adalah bentuk dari bahasa yang dikembangkan menjadi sebuah permainan, selain untuk menguji perbendaharaan kata, tongue-twister mempunyai tujuan untuk menghadirkan humor karena adanya kesulitan dalam pelafalan kalimat.

Untuk Indonesia sendiri, tongue-twister yang paling dikenal adalah ular melingkar di atas pagar mutar-mutar di atasnya ada helikopter.

Source: Facebook Vivalanga

Tongue-twister atau bisa juga disebut pembelit lidah di atas bisa menjadi tahap awal untuk kamu mengenal dan belajar bahasa asing di dunia yang sangat beragam dan kompleks. Nah, Trivia sudah merangkum 5 bahasa apa saja yang paling sulit dipelajari di dunia, penasaran? Yuk, simak daftarnya!


1. Bahasa Mandarin

Source: Bussiness Insider

Mandarin adalah sebuah bahasa yang termasuk dalam kelompok bahasa Tionghoa dan ternyata merupakan bahasa yang paling banyak digunakan kedua di dunia setelah bahasa Inggris. Setiap kata mempunyai 4 cara pelafalan yang membuat bahasa ini begitu sulit dipelajari.


2. Bahasa Arab

Source: Atlas Of Humanity

Dalam bahasa Arab, setiap huruf bisa ditulis dalam 4 bentuk tergantung penempatannya di dalam sebuah kata, selain itu cara pengucapan tak disertakan dalam teks. Hal ini membuat penerjemahan teks bahasa Arab dari dan ke bahasa lain menjadi tugas yang begitu sulit. Fakta terakhir, bahasa Arab juga mempunyai banyak dialek, yang berarti bahasa Arab di Mesir berbeda cara pengucapannya dengan bahasa Arab di Saudi Arabia.


3. Bahasa Jepang

Source: Culture Whiz

Bahasa Jepang menjadi bahasa sulit yang ketiga karena seluruh huruf Jepang sudah harus kamu kuasai sebelum memutuskan untuk menulis bahasa Jepang. Ini karena bahasa Jepang mempunyai tiga teknik penulisan yang bernama hiragana, katakana, dan kanji. Untuk pelafalan kamu bisa bernafas lega, karena bahasa Jepang lebih mudah dilafalkan daripada bahasa Mandarin.


4. Bahasa Hungaria

Source: Euro Topics

Bahasa Hungaria menjadi satu-satunya negara eropa yang masuk dalam daftar ini. Bahasa Hungaria yang berdiri sendiri dan tidak mempunyai rumpun bahasa membuat bahasa ini sult dipelajari. Selain itu, bahasa Hungaria juga membedakan pelafalan untuk gender pria, perempuan, hingga netral.


5. Bahasa Korea

Source: Drama Fever

Bahasa Korea memiliki nasib yang sama dengan bahasa Hungaria yang tak memiliki kesamaan rumpun terhadap bahasa lain. Selain itu, bahasa Korea juga unik dalam struktur kalimatnya, dengan menempatkan subyek di kata pertama dan obyek di kata kedua. Sebagai contoh, jika kalimat bahasa Inggrisnya berbunyi i drink water, maka di bahasa Korea kalimatnya akan berbentuk i water drink.

BACA JUGA


Tahu @skinnyfags, Sosok Viral yang Disangka Speaker Ujian Listening Bahasa Inggris, Kan? Kenalan Sama Dia, Yuk!

Tahu @skinnyfags, Sosok Viral yang Disangka Speaker Ujian Listening Bahasa Inggris, Kan? Kenalan Sama Dia, Yuk!

Sudah nonton video "Suara di balik soal ujian listening"? Sudah tahu siapa sosok di balik video viral tersebut? Kalau belum, kenalan, yuk

Read more..

Lima bahasa di atas tentu bisa kamu pelajari dengan cepat jika kamu memiliki dedikasi yang tinggi untuk belajar. Nah, jika kamu sudah mulai mahir bahasa asing di atas, nggak ada salahnya dong untuk menjajal tongue twister-nya, tapi hati-hati ya, supaya lidah kamu nggak tergigit saking rumitnya.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Video Tongue-Twister Ini Adalah Bukti Sulitnya Belajar Bahasa Asing. Yuk, Kenali 5 Bahasa Tersulit yang Ada Di Dunia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ikrimah Haq | @ikrimahfajrulhaq

Silahkan login untuk memberi komentar