Viral Kisah #SelamatkanValent, 5 Organisasi Perlindungan Hewan Ini Bisa Kamu Hubungi Jika Temui Kasus Serupa

photo credit: El Observador

Viral Kisah #SelamatkanValent, 5 Organisasi Perlindungan Hewan Ini Bisa Kamu Hubungi Jika Temui Kasus Serupa

212
Jika kamu menemui kasus serupa dengan Valent, anjing Maltese yang ditinggal oleh pemilknya di dalam mobil selama 8 jam, kamu bisa hubungi sejumlah organisasi/yayasan perlindungan hewan berikut ini untuk meminta bantuan.

Netizen lagi-lagi dibuat geger oleh sebuah kisah yang viral di Twitter sejak Jumat (1/12/2017) lalu. Kisah ini datang pertama kali dari akun @tommyprabowo. Ia mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan seekor anjing berjenis Maltese yang tengah berada dalam mobil di parkiran sebuah pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Anjing yang kemudian ia ketahui bernama Valent tersebut ditinggal oleh pemiliknya di dalam mobil selama kurang lebih 8 jam dan terus menerus menggonggong karena diduga kepanasan, haus, dan lapar. Lewat tweets-nya, @tommyprabowo menceritakan kronologi selama ia menunggu pemilik Valent yang tak kunjung datang meski sudah dipanggil lewat car call pusat perbelanjaan tersebut berkali-kali. @tommyprabowo juga menceritakan bahwa ia berniat untuk memecahkan kaca mobil untuk menyelamatkan Valent, namun keinginannya tersebut dicegah oleh security.


photo credit: twitter.com/tommyprabowo

Pemilik anjing Maltese tersebut akhirnya tiba sekitar pukul 1 dini hari dan ia justru memarah-marahi @tommyprabowo karena telah menunggui anjingnya serta mengatakan bahwa Valent sudah terbiasa menunggu di mobil selama berjam-jam. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah sang pemilik justru dengan entengnya mengatakan pada @tommyprabowo untuk membayar sejumlah uang karena sudah mengambil foto anjing miliknya tanpa izin. Kisah ini tentu saja mendapat banyak tanggapan dari netizen yang marah atas perlakuan pemilik Valent terhadap anjing malang tersebut.

Esok harinya (2/12/2017), @tommyprabowo kembali menceritakan kejadian lengkap tentang Valent dengan menggunakan hashtag #SelamatkanValent yang membuat kisah ini semakin viral, tak hanya di Twitter tapi juga media-media sosial lainnya. Melalui hashtag tersebut, @tommyprabowo berharap bahwa Valent dapat diselamatkan dan dipindah tangankan ke orang yang bisa menjadi pemilik yang lebih baik dan bertanggung jawab. Berdasarkan salah satu tweet @tommyprabowo, sebuah yayasan pecinta dan perlindungan hewan @GardaSatwaINA akan mencoba menemui pemilik Valent untuk dilakukan sosialisasi bahwa tindakannya melanggar hukum. Semoga saja kasus ini segera menemui titik terang dan Valent mendapatkan perlakuan sebaik mungkin yang pantas didapatkannya ya, Sahabat Trivia.


photo credit: twitter.com/tommyprabowo

Valent mungkin bukan satu-satunya hewan peliharaan yang mengalami perlakuan tidak bertanggung jawab dari pemiliknya. Jika ada dari Sahabat Trivia yang menemui kasus serupa dengan Valent, seperti apapun bentuknya, kamu bisa hubungi sejumlah organisasi atau yayasan perlindungan hewan berikut ini untuk meminta bantuan.


1. Garda Satwa Indonesia

photo credit: instagram.com/gardasatwaindonesia

Garda Satwa Indonesia adalah organisasi perlindungan hewan non-profit yang berperan dalam memberikan jalan keluar bagi kasus #SelamatkanValent. Selain itu, organisasi ini juga membuka donasi bagi siapa saja yang ingin ikut berpartisipasi dan secara sukarela membantu hewan-hewan yang mereka lindungi. Untuk menghubungi Garuda Satwa Indonesia, kamu bisa cek situs resmi mereka www.gardasatwaindonesia.org atau mengikuti mereka di media sosial Twitter @GardaSatwaINA dan Instagram @gardasatwaindonesia.


2. Jakarta Animal Aid Network (JAAN)

photo credit: twitter.com/jaan_indonesia

Jakarta Animal Aid Network (JAAN) didirikan pada Februari 2008 oleh Femke den Haas, Karin Franken dan Natalie Stewart. Organisasi ini merupakan organisasi non-profit dan bukan milik pemerintah yang berfokus kepada kesejahteraan hidup hewan. JAAN terbagi menjadi dua bagian, yaitu domestic yang fokus terhadap pengadopsian hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, sterilisasi kucing, dan kampanye 'Dogs Are Not Food' dan wildlife yang fokus terhadap kasus-kasus yang berhubungan dengan hewan-hewan di alam bebas seperti primata, harimau, dan lumba-lumba. Kamu dapat mengetahui lebih lanjut tentang JAAN lewat situs resmi mereka www.jakartaanimalaid.com atau Instagram @jakartanimalaidnetwork dan Twitter @jaan_indonesia.


3. Rumah Singgah TPP

photo credit: instagram.com/rumah_singgah_tpp

Rumah Singgah TPP ini merupakan rumah yang menampung sementara anjing-anjing yang terlantar, teraniaya, atau terancam. Pengelola rumah singgah ini menerima donasi dari pihak-pihak yang ingin meringankan biaya perawatan secara sukarela serta membuka kesempatan bagi siapa saja yang berkeinginan mengadopsi anjing yang mereka selamatkan. Rumah Singgah TPP bisa dihubungi lewat akun Instagram @rumah_singgah_tpp.


4. Animals Hope Shelter

photo credit: instagram.com/christian_joshuapale

Animals Hope Shelter dikelola oleh akun @christian_joshuapale di Instagram. Lewat akun ini, terlihat bahwa Kristian (sang pengelola) telah menyelamatkan banyak hewan terlantar yang ditemuinya. Saat ini, Animals Hope Shelter belum memiliki situs resmi, tapi kamu bisa menghubungi mereka lewat nomor yang tertera di akun Instagram @christian_joshuapale.


5. Animal Rescue Adoption Center / Adopsi Anjing

photo credit: instagram.com/adopsianjing

Satu lagi organisasi yang berfokus pada perlindungan anjing adalah Animal Rescue Adoption Center (ARAC). Hingga saat ini, ARAC telah menyelamatkan dan mengasuh lebih dari 80 ekor anjing. ARAC bisa dihubungi lewat akun Instagram mereka @adopsianjing atau situs adopsianjing.com.

[eadmore]http://trivia.id/post/ingin-punya-hewan-peliharaan-pastikan-kamu-telah-mempertimbangkan-9-hal[/readmore]

Hewan adalah makhluk hidup yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang layaknya manusia. Maka dari itu, penting dan wajib hukumnya untuk memperlakukan hewan dengan sebaik mungkin. Sayangnya, masih ada pihak-pihak yang belum memiliki rasa tanggung jawab dan memperlakukan hewan dengan semena-mena. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam penyelamatan dan perlindungan hewan ya, Sahabat Trivia.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Viral Kisah #SelamatkanValent, 5 Organisasi Perlindungan Hewan Ini Bisa Kamu Hubungi Jika Temui Kasus Serupa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar