Virus Ransomware WannaCry Serang Indoneisa! Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Jadi Korban Teroris Cyber

Photo credit: Canoe News

Virus Ransomware WannaCry Serang Indoneisa! Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Jadi Korban Teroris Cyber

11.3K
Diperkirakan sudah 99 negara yang terserang virus Ransome WannaCry

Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia tengah dihebohkan dengan virus Ransome WannaCry, yakni virus yang menyerang sistem operasi, terutama sistem operasi Windows. Virus ini awalnya menyerang komputer yang ada di rumah sakit di beberapa negara. Diperkirakan sudah 99 negara yang terkena virus tersebut, termasuk Indonesia. Virus Ransomeware WannaCry menyerang beberapa rumah sakit di berbagai sehingga mengakibatkan para petugas rumah sakit kesulitan untuk membuka sistem antrean, sistem pembayaran, sampai sistem data pasien. Hal ini juga menghambat dan merugikan banyak pihak, terutama para pasien yang berada di rumah sakit tersebut. Di Indonesia, tepatnya di Jakarta sendiri sudah terhitung 2 rumah sakit yang diserang oleh cyber virus, yaitu Dharmais Hospital dan Harapan Kita Hospital. Jika rumah sakit menginginkan data-data mereka kembali dan bisa diakses secara normal lagi, maka diwajibkan untuk membayar dengan jumlah uang yang tidak sedikit jumlahnya.

Ada beberapa tindakan preventif yang bisa kita lakukan untuk menghindari terjangkitnya virus Ransome WannaCry, diantaranya adalah untuk selalu update serta lakukan backup data ke penyimpanan data yang berbeda atau ke sistem operasi yang non windows, bahkan sangat dianjurkan untuk membackup data-data penting kita ke hardisk eksternal. Beberapa negara juga sudah melakukn tindakan ini agar tidak semakin merebak virus Ransome WannaCry. Ternyata selain Indonesia, berikut ini beberapa negara yang juga terserang virus Ransome WannaCry.


1. National Health Service, Inggris

Photo credit: Health

Fasilitas kesehatan yang ada di Inggris tiba-tiba lumpuh seketika ketika virus Ransome Wannacry ini datang. Virus ini berhasil melumpuhkan sistem informasi digital yang telah terintegrasi, layanan dokter, hingga unit gawat darurat pun berhenti beroperasi. Pasien rawat jalan hingga pasien rawat inap pun mengalami penundaan pengobatan karena rekam medis milik mereka tidak bisa diakses. Kerugian yang diterima oleh NHS sendiri mencapai 300 dolar AS dalam Bitcoin sebagai tebusan.


2. Rusia

Photo credit: YouTube

Rusia menjadi salah satu negara yang paling diincar oleh virus Ransome WannaCry. Mulai dari perusahaan operator telepon hingga pusat keamanan di Rusia pun menjadi sasaran mereka di balik virus Ransome Wannacry ini. Berikut tempat-tempat di Rusia yang terserang oleh kejahatan virus ini, MegaFon (perusahaan operator telepon terbesai kedua di Rusia), Ministry of Internal Affairs Rusia, Russian Railways.


3. China

Photo credit: cityu

Beberapa Universitas di China juga tidak luput dari incaran virus Ransome WannaCry ini. Virus ini memblock akses ke makalah tesis mereka dan presentasi mereka. Setiap kasus ini dituntut uang tebusan sebesar $ 300 atau sekitar 2.000 Yuan. Tuntutan tersebut muncul pada setiap jendela pop-up yang muncul pada sistem operasi yang berhasil mereka retas.


4. Eropa

Photo credit: dirittiregionali

Tidak kalah menjadi incaran dari para peretas dengan menggunakan virus mematikan bagi server ini, Eropa ternyata menjadi salah satu 'makanan' lezat bagi para peretas tersebut. Berikut ini tempat-tempat di Eropa yang terserang virus tersebut, Renault (Prerancis), University of Milano-Bicocca (Italia), Portugal Telecom (Portugal), Banco Bilbao Vizcaya Argentaria (Spanyol), dan masih banyak lagi.


5. Lakeridge Health, Oshawa, Kanada

Photo credit: Dianna Mandzuk

Tidak seperti negara-negara sebelumnya, pusat kesehatan di Kanada yakni Lakeridge Health memang mengalami hal yang serupa. Namun, fasilitas yang mereka miliki nyatanya mampu menangkis serangan tersebut. Tapi, meski begitu, pihak rumah sakit tetap waspada dan selalu melakukan antisipasi, jika sewaktu-waktu virus ini bisa tembus dengan membabi buta ke sistem operasi digital milik mereka.

BACA JUGA


Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Gara-gara virus Ransomware bernama WannaCry, file-file skripsi kamu mendadak tak bisa diakses? Mimpi buruk semua mahasiswa deh

Read more..

Semoga Indonesia tidak bertambah lagi ya korban dari virus Ransome WannaCry ini. Dan semoga kasus ini bisa segera teratasi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Virus Ransomware WannaCry Serang Indoneisa! Selain Indonesia, Negara-Negara Ini Juga Jadi Korban Teroris Cyber". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week