Waspada Akun Instagram Dihack, Begini 5 Langkah Proteksi yang Wajib Kamu Lakukan. Mudah Kok, Sahabat Trivia!

photo credit: BawaBerita

Waspada Akun Instagram Dihack, Begini 5 Langkah Proteksi yang Wajib Kamu Lakukan. Mudah Kok, Sahabat Trivia!

1.5K
Baru-baru ini akun Instagram teman saya dihack orang tak dikenal. Selain dia tak bisa login lagi, foto-foto di akunnya berubah menjadi foto perempuan asing berpakaian seksi. Menyebalkan banget nggak sih, Sahabat Trivia?

Sebagai pengguna Instagram, kamu pernah mengalami hal tak menyenangkan seperti akun pribadi yang dihack? Baru-baru ini akun Instagram teman saya dihack orang tak dikenal. Selain dia tak bisa login lagi, foto-foto di akun instagram berubah menjadi foto perempuan asing berpakaian seksi. Menyebalkan banget nggak sih, Sahabat Trivia? Nah, sebelum kejadian serupa menimpa kamu, yuk perketat keamanan akun Instagram dengan langkah-langkah berikut ini.


Aktifkan two-factor authentication

photo credit: Heimdal Security

Tahukah kamu, di Instagram terdapat fitur keamanan two-factor authentication? Setelah mengaktifikan fitur ini, setiap kali kamu login Instagram dari device baru, kamu akan diminta memasukan kode keamanan yang dikirim oleh sistem melalui SMS. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan backup code, sebagai tambahan jika kamu lupa username dan password akun Instagrammu.

Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah, hanya klik simbol di atas kanan pada laman profile, lalu pilih Two-Factor Autentification, kemudian aktifkan Require Security Code.


Gunakan password yang unik dan tak mudah ditebak

photo credit: Life in the Tech Lab

Jika kamu masih menggunakan tanggal lahir sebagai password akun instagram, segera ganti saat ini juga. Tanggal lahir, nama, dan kata-kata yang mudah ditebak lainnya memudahkan hacker membobol akun instagrammu. Buatlah password yang rumit namun mudah diingat, misalnya dengan mengganti huruf dengan angka, seperti a menjadi 4, gunakan huruf kapital, dan kombinasikan pula password dengan tanda baca.


Hapus cache pada aplikasi Instagram secara berkala

photo credit: AndroidPIT

Beberapa hacker menggunakan aplikasi password generator untuk membaca dan menemukan password Instagram kamu. Nah, agar salah satu cara ampuh agar password kamu tak ‘terbaca’ adalah dengan menghapus cache aplikasi Instagram di smartphonemu.


Jangan tergoda untuk klik unknown link yang tidak jelas

photo credit: Bleeping Computer

Jika kamu pernah mendapatkan atau menemui link yang tak jelas sumbernya, jangan tergoda untuk meng-klik tautan tersebut. Beberapa hacker memanfaatkan situs seperti ini untuk mengirimkan informasi pribadi bagi kamu yang meng-kliknya.


Hati-hati saat menggunakan free wi-fi

photo credit: blog.teleklik

Sebisa mungkin jangan pernah memasukan password atau login akun Instagram jika kamu menggunakan fasilitas wi-fi gratis.

BACA JUGA


Media Sosial dan Millennials, Maksimalkan Manfaatnya dan Hindari Dampak Buruknya. Ngaku Millennials Wajib Baca Nih!

Media Sosial dan Millennials, Maksimalkan Manfaatnya dan Hindari Dampak Buruknya. Ngaku Millennials Wajib Baca Nih!

Baik disadari atau tidak, media sosial mengubah bentuk interaksi dan hubungan antar manusia. Kamu yang pemalu bisa dengan cuek mention artis ...

Read more..

Itulah 5 langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah akun Instagram terkena hack. Sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan, langkah pencegahan di atas perlu kamu lakukan, Sahabat Trivia. Kamu punya trik atau tips ampuh lainnya untuk meningkatkan keamanan akun instagrammu? Yuk, kasih tahu di kolom komentar yah!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspada Akun Instagram Dihack, Begini 5 Langkah Proteksi yang Wajib Kamu Lakukan. Mudah Kok, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week