Yes! Deposit 25 Juta untuk Pembuatan Paspor Dibatalkan. Sudah Tahu 7 Fakta Unik Tentang Paspor Berikut Ini Belum?

Photo Credit: expatch

Yes! Deposit 25 Juta untuk Pembuatan Paspor Dibatalkan. Sudah Tahu 7 Fakta Unik Tentang Paspor Berikut Ini Belum?

1.8K
Paspor negara Kanada, China, dan Norwegia juga tak kalah menarik. Apabila diletakkan di bawah sinar UV, paspor negara-negara ini akan nampak bercahaya.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM baru saja membatalkan peraturan yang menyatakan bahwa pemohon paspor harus memiliki deposit uang sebesar 25 juta rupiah. Sebenarnya, aturan tersebut dibuat dengan tujuan baik yakni mencegah tenaga kerja Indonesia bekerja secara ilegal di luar negeri atau menjadi korban perdagangan manusia. Akan tetapi, pengaplikasian aturan tersebut dirasa memberatkan masyarakat sehingga kini aturan itu pun dibatalkan.

Paspor memang wajib dimiliki setiap warga negara yang ingin berpergian ke luar negeri. Paspor menjadi dokumen penting karena paspor digunakan sebagai identitas internasional yang resmi. Informasi di dalam paspor harus valid dan penggunaannya tidak boleh sembarangan.

Selain kegunaannya sebagai dokumen penting, ternyata paspor memiliki fakta-fakta unik loh! Apakah kalian sudah tahu? Yuk intip rangkuman fakta unik mengenai paspor yang sudah Trivia rangkum!


1. Desain yang unik dan menarik

Paspor Finlandia.
Photo Credit: designtaxi
Paspor Kanada.
Photo Credit: ufunk

Beberapa negara di dunia memiliki desain paspor yang unik dan menarik. Paspor negara Finlandia misalnya, didesain seperti flipbook dimana kamu akan melihat binatang berlari apabila membuka halamannya dengan cepat. Paspor negara Kanada, China, dan Norwegia juga tak kalah menarik. Apabila diletakkan di bawah sinar UV, paspor negara-negara ini akan nampak bercahaya. Selain itu, paspor negara Indonesia juga menarik loh! Paspor negara kita menampilkan gambar kekayaan hayati dan budaya Indonesia di setiap halamannya.


2. Paspor terkuat dan terlemah

Photo redit: USA Today

Sebagai persyaratan penting untuk memasuki sebuah negara, paspor dapat dikatakan kuat atau lemah berdasarkan jumlah negara yang dapat dimasuki tanpa menggunakan visa. Tahun 2017 ini, warga negara Jerman menjadi pemilik paspor terkuat karena mereka dapat memasuki 176 negara di dunia tanpa menggunakan visa. Sedangkan paspor terlemah dimiliki oleh warga negara Suriah, Pakistan, Irak, dan Afghanistan. Indonesia sendiri berada di peringkat 79.


3. E-paspor pertama di dunia digunakan di Malaysia

Photo Credit: The Star

Biometrik paspor atau lebih dikenal sebagai e-paspor ternyata pertama kali digunakan oleh Malaysia. Malaysia mulai menggunakan e-paspor sejak tahun 1998 setelah perusahaan lokal bernama IRIS Corporation mengembangkan teknologinya. Berbeda dengan paspor biasa, e-paspor dilengkapi dengan chip yang menyimpan data pemilik paspor berupa foto wajah digital serta cetak sidik jari kedua ibu jari tangan.


4. Foto paspor harus aktual

Photo Credit: snappysnaps

Apabila penampilanmu berubah drastis, kamu harus segera memperbaharui paspormu, khususnya di bagian foto. Hal ini bertujuan agar petugas imigrasi tidak kebingungan dan menganggap kamu bukanlah pemilik paspor yang sah. Sebuah insiden pernah terjadi di kantor imigrasi China dimana para petugas menahan seorang gadis Korea yang wajahnya jauh berbeda dari foto paspornya. Ternyata, wanita tersebut telah melakukan operasi plastik dan belum memperbaharui paspornya!


5. Tidak diperlukan paspor untuk memasuki Vatikan

Photo Credit: History Cooperative

Meskipun Vatikan adalah negara independen yang terpisah dari Italia, kamu tidak perlu menunjukkan paspor untuk memasuki negara ini. Para wisatawan bebas keluar masuk dan hanya perlu mengurus keimigrasian saat memasuki Italia.


6. Stempel negara tertentu mempengaruhi kekuatan paspormu

Beberapa negara memberikan larangan masuk bagi orang-orang yang telah memasuki negara tertentu, seperti yang terjadi di Timur Tengah. Apabila paspormu memiliki stempel imigrasi negara Israel, kamu akan dilarang masuk ke beberapa negara Arab seperti Lebanon dan Arab Saudi.


7. Paspor rusak dapat dianggap tidak berlaku

Photo Credit: itv

Apabila paspormu tidak dalam kondisi yang utuh, bisa jadi paspormu harus diganti. Paspor yang robek parah, khususnya di bagian sampul dan data diri, terkena air, atau terdapat banyak coretan harus segera diganti karena akan dianggap tidak berlaku dan tidak dapat digunakan untuk berpergian ke luar negeri.

BACA JUGA


Kantor dengan Desain Super Keren dan Kreatif di Berbagai Negara, Indonesia Juga Punya Dong!

Kantor dengan Desain Super Keren dan Kreatif di Berbagai Negara, Indonesia Juga Punya Dong!

Bekerja di perusahaan yang memiliki desain yang unik dan kreatif tentu akan sangat menyenangkan

Read more..

Itulah fakta unik tentang paspor yang wajib kamu ketahui. Karena kegunaannya sebagai dokumen penting saat traveling ke luar negeri, selalu jaga paspormu ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yes! Deposit 25 Juta untuk Pembuatan Paspor Dibatalkan. Sudah Tahu 7 Fakta Unik Tentang Paspor Berikut Ini Belum?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoana WK | @YoanaWida

In love with stars, sea, and woods. Addicted to exchange currency with experience. Full time traveler, part time social worker. Follow my journey on Instagram: yoana.widkris

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week