Yon Koeswoyo dan 5 Musisi Indonesia Legendaris Lain yang Namanya Akan Selalu Dikenang Para Penikmat Musik

Image source: Dream

Yon Koeswoyo dan 5 Musisi Indonesia Legendaris Lain yang Namanya Akan Selalu Dikenang Para Penikmat Musik

677
Bersama Yon Koeswoyo, musisi berikut ini juga menjadi legenda musik Indonesia dan namanya tetap dikenang sepanjang masa meskipun mereka sudah tiada.

Yon Koeswoyo, gitaris sekaligus vokalis band Koes Plus, meninggal dunia pada hari Jumat pagi di pekan pertama bulan Januari 2018. Lelaki yang lahir di Tuban ini menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya di kawasan Pamulang pada usia 77 tahun.

Bapak empat anak tersebut telah berjuang melawan penyakit komplikasi sejak pertengahan tahun 2016 silam dan bolak-balik dirawat di rumah sakit. Kala itu ia mengungkapkan bahwa sebenarnya dirinya sudah tak ada harapan, namun akhirnya sembuh dan diperbolehkan pulang. Ia kemudian menggagas konser nostalgia bertajuk Andaikan Koes Plus Datang Kembali pada akhir tahun 2016, seakan tahu sisa umurnya tak memang banyak lagi.


Image source: rianekkypradipta

Beberapa waktu lalu, ia kembali masuk rumah sakit. Banyak rekan sesama musisi yang menjenguknya, termasuk dari kalangan muda seperti Rian D’Masiv. Namun kemudian nyawanya tak tertolong lagi. Kepergiannya mengundang duka bagi seluruh kalangan penikmat dan praktisi musik, baik yang muda maupun yang senior.

Sejak tahun 1969, sosoknya telah malang melintang di dunia musik tanah air sebagai personil band Koes Plus dengan lagu-lagunya yang hits. Sebut saja Kolam Susu, Andaikan Kau Datang, dan Kisah Sedih Di Hari Minggu, lagu-lagu ini diaransemen ulang sampai dijadikan soundtrack film. Maka tak salah jika julukan musisi legendaris disematkan kepadanya.

Bersama Yon Koeswoyo, musisi berikut ini juga menjadi legenda musik Indonesia dan namanya tetap dikenang sepanjang masa meskipun mereka sudah tiada.


1. Benyamin Sueb

Image source: Kaskus

Dialah seniman musik Betawi yang bisa diterima di semua kalangan. Totalitasnya dalam berkarya membuat kesenian Gambang Kromong naik pamor. Di antara album fenomenalnya adalah Kompor Mledug, Lampu Merah, dan Tukang Kredit. Bang Ben, panggilan akrabnya, juga pandai berakting di depan kamera dan menjadi salah satu legenda film Indonesia. Film yang ia bintangi, Benyamin Biang Kerok (1972), dibuat ulang dan akan tayang tahun 2018 ini dengan pemeran utama Reza Rahadian.


2. Chrisye

Image source: senimanindonesia

Pemilik nama lengkap Christian Rahadi ini tertarik dengan musik sejak muda dan memulai kariernya menjadi bassist dalam anggota band Gipsy. Menggunakan nama panggung sebagai Chrisye, ia semakin bersinar berkat lagunya yang berjudul Lilin Lilin Kecil. Selanjutnya, hampir semua lagunya jadi hits dan terus menerus didengarkan banyak orang hingga kini, sebut saja Kisah Kasih di Sekolah, Anak Sekolah, sampai Ketika Tangan Dan Kaki Berkata. Film biografi tentang dirinya baru saja dirilis tahun 2017 lalu dengan Vino G. Bastian sebagai pemerannya.


3. Gombloh

Image source: Validnews

Pada awal karirnya, pemilik nama lengkap Sudjarwo Sumarsono ini merupakan pentolan grup Balada Lemon Trees (bersama Leo Kristi & Franky Sahilatua). Ia kemudian merilis lagu solo berjudul Kugadaikan Cintaku di tahun 80-an. Gombloh yang juga piawai menulis syair tentang lingkungan hidup, terus dikenang berkat lagu kebangsaan informal yang diciptakannya Kebyar Kebyar dengan liriknya yang kuat, Merah Darahku, Putih Tulangku.


4. Harry Roesli

Image source: Last fm

Seniman yang satu ini disebut-sebut sebagai raja plesetan, kerap melakukan sindiran politik melalui syair-syairnya yang konyol namun setajam belati. Tahun 2001, ia bahkan dengan enteng mengimprovisasi lagu Garuda Pancasila di depan presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid, pada hari kemerdekaan. Pada akhirnya ia harus minta maaf di media massa. Titik Api, Opera Ken Arok, dan Gadis Plastik adalah beberapa album fenomenalnya. Doktor musik jebolan Hilversum, Belanda dan motor penggerak DKSB (Depot Kreasi Seni Bandung) ini juga jago menulis kolom.


5. Nike Ardila

photo credit: ShowBiz

Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang lebih dikenal dengan nama Nike Ardilla telah menunjukkan bakat di bidang tarik suara sedari kecil. Ia kerap mengikuti festival menyanyi hingga bertemulah dirinya dengan produser musik Indonesia, Deddy Dorres. Perempuan yang mendapat julukan ratu rock Indonesia ini memecahkan rekor sebagai penyanyi termuda yang penjualan albumnya, Bintang Kehidupan, mencapai 2 juta keping. Saat itu usianya 14 tahun ketika merilis album tersebut pada tahun 1990.

BACA JUGA


Perjalanan Hidup Yon Koeswoyo Koes Plus, Vokalis Legenda Musik Indonesia yang Wafat di Usia 77 Tahun

Perjalanan Hidup Yon Koeswoyo Koes Plus, Vokalis Legenda Musik Indonesia yang Wafat di Usia 77 Tahun

Yon Koeswoyo, salah seorang legenda Grup Band Koes Plus meninggal dunia

Read more..

Meskipun sudah tiada, nama-nama musisi ini tetap akrab di telinga kita berkat karya-karyanya yang luar biasa. Tak lupa, selamat jalan Yon Koeswoyo!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yon Koeswoyo dan 5 Musisi Indonesia Legendaris Lain yang Namanya Akan Selalu Dikenang Para Penikmat Musik". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and knitter based in Ngawi, East Java

Silahkan login untuk memberi komentar