YouTuber Arie Je, Membuka Mata Kita Terhadap Perbedaan Melalui Karyanya. Anak Muda Wajib Tahu!

Youtube: ArieJe

YouTuber Arie Je, Membuka Mata Kita Terhadap Perbedaan Melalui Karyanya. Anak Muda Wajib Tahu!

1.3K
Dunia maya hanyalah sepotong dari realitas yang ada.

Saat ini, kita terlena dalam dunia maya yang dapat memberikan kita segala hal, baik itu informasi maupun hiburan. Tidak salah kok melepas rasa jenuh dengan bermain-main dan mencari tahu segala sesuatu dari dunia maya. Tapi, sayangnya kita tidak sadar bahwa dunia itu hanyalah sepotong dari realitas yang ada. Akhirnya, kita terbentuk menjadi seseorang yang memiliki sudut pandang sempit. Kita merasa bahwa apa yang kita percaya adalah mutlak kebenaran dan tidak bisa melihat perbedaan.

Inilah keresahan yang coba disampaikan Arie Je dalam videonya yang berjudul "Hitam atau Putih? Pesan untuk Penonton Drama Internet." Drama internet yang dimaksud bukan drama Korea yang ada di internet ya, tapi mencakup keseluruhan konten yang ada. Kata "drama" mencerminkan bagaimana produsen konten mengemas pesan dengan cara yang menarik.

Video berdurasi 2 menit ini mencoba memberikan pesan-pesan yang mencoba membuka mata kita terhadap perbedaan. Yuk, simak pesan apa saja yang disampaikan Arie.



1. Hitam atau putih? Kenapa harus "atau"? Kenapa bukan "dan"?

source: pexels

Pemikiran kita telah dikotak-kotakan oleh dunia maya. Kita terlalu mudah menunjuk orang lain salah dan merasa kita paling benar. Arie mengajak kita tidak terpusat pada salah satunya.


2. Kita merasa tahu segalanya, padahal kita buta dengan apa yang ada

source:: pexels
Arie mengatakan, "Ketika kamu membuka jendela dan membuat semuanya putih, itu tandanya kamu tidak bisa melihat. Begitu pula dengan hitam." Saat kita hanya menilai sesuatu sesuai dengan sudut pandang kita saja, artinya kita tidak bisa melihat kenyataan yang ada di dunia. Inilah yang membuat kita tidak bisa menerima perbedaan.



3. Memiliki sudut pandang yang luas akan lebih menyenangkan

source: pexels

Arie menekankan bahwa memiliki sudut pandang yang luas akan lebih menyenangkan. Kita dapat menumbuhkan rasa toleransi dan mendapatkan banyak pelajaran dari suatu permasalahan.



4. Hidup di dunia nyata seharusnya membuat kita lebih bijaksana

source: pexels

Kita selalu mengaku hidup dalam dunia nyata. Faktanya, kita masih sulit membedakan mana yang nyata dan maya. Kita sudah terlalu banyak menghabiskan waktu dalam dunia maya sehingga nilai-nilai yang kita anut serta sudut pandang kita terbentuk sesuai apa yang kita saksikan. Kamu tidak perlu keliling dunia untuk mengetahui dunia nyata, kamu bisa mempelajarinya lewat buku atau kegiatan lain yang kamu suka.


5. Jangan pergi ke dunia maya kalau kamu masih belum bisa menerima perbedaan

source: pexels

Arie mengatakan, "Kalau kamu belum siap melihat lukisan, jangan pergi ke dunia maya." Istilah lukisan dalam poin ini adalah gambaran dari potongan kenyataan. Kebanyakan konten yang laris di internet adalah yang singkat dan isinya opini pribadi. Opini pribadi tidak jadi masalah kok, tapi akan jadi masalah bila kita menelannya bulat-bulat dan menjadikan itu menjadi satu sudut pandang yang mutlak benar. Wah harus hati-hati ya!

BACA JUGA


Film-Film Terbaik Ini Dapat Mengajarkan Kita Makna Perbedaan dan Indahnya Toleransi

Film-Film Terbaik Ini Dapat Mengajarkan Kita Makna Perbedaan dan Indahnya Toleransi

Belajar tentang perbedaan dengan cara yang ringan dan menyenangkan melalui film-film berikut ini

Read more..


Kamu bisa lihat video selengkapnya di sini


Apakah kamu punya pesan lain yang ingin disampaikan? Saling berbagi yuk di kolom komentar.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "YouTuber Arie Je, Membuka Mata Kita Terhadap Perbedaan Melalui Karyanya. Anak Muda Wajib Tahu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arfyana Citra | @arfyanacitrarahayu

Seorang penulis yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week