Yuk, Berprestasi di Tahun 2017! 8 Prestasi Anak Muda Indonesia Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Imagine World Cup

Yuk, Berprestasi di Tahun 2017! 8 Prestasi Anak Muda Indonesia Ini Bisa Jadi Inspirasimu

12.2K
Tahun 2017 baru saja datang. Tentu banyak target serta harapan yang kamu buat untuk menjalani tahun baru ini. Baca yuk kisah inspiratif ini agar kamu semakin termotivasi!

Tahun 2017 baru saja datang. Tentu banyak target serta harapan yang kamu buat untuk menjalani tahun baru ini. Pada tahun 2016 lalu, beberapa anak muda Indonesia berprestasi di tingkat dunia, loh. Mereka membuktikan bahwa usia muda bukan menjadi penghalang untuk sukses. Berikut prestasi anak muda Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat target besar di tahun ini.

Baca juga: Prestasi Putra-Putri Indonesia di Bidang Olahraga Selama Tahun 2016


Medali emas Kejuaraan Catur Asean di Thailand

Dia adalah Aditya Bagus Arfan. Anak muda kelahiran tahun 2006 ini menorehkan prestasi yang membanggakan di tahun 2016 dengan berhasil meraih medali emas kejuaraan catur Asean kategori U-10 di Thailand pada bulan Juni 2016. Ia juga berhasil menjadi 5 pecatur terbaik kejuaraan catur Internasional di Malaysia pada Desember 2016 yang lalu. Prestasi yang ia telah ia peroleh sejauh ini akan menjadikan ia harapan baru masyarakat terhadap atlet muda Indonesia di masa yang akan datang.


Runner up Kompetisi Teknologi Internasional Imagine Cup 2016

Imagine World Cup adalah kompetisi teknologi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh perusahaan Microsoft. Pada tahun 2016 beberapa anak muda Indonesia yang tergabung dalam tim None Developers dari Universitas Trunojoyo, berhasil meraih juara dua dunia dalam kategori game yang diberi nama "froggy & the Pesticide". Games ini memiliki pesan untuk meningkatkan perhatian dan pemahaman dampak penggunaan pestisida terhadap lingkungan.

Dalam kompetisi yang sama, ada juga kategori lain yang dilombakan yaiitu Online Challenges. Dalam kategori ini tim Monolight berhasil meraih juara dengan menciptakan games ilusi 2D bergenre puzzle adventure game yang berjudul "Monolight".


Juara 3 Asian Physics Olympiad

Perlombaan ilmu fisika ini diselenggarakan pada Mei 2016 lalu di Hongkong. Enam orang dari tim olimpiade fisika Indonesia berhasil meraih medali medali dalam kompetisi tersebut. Medali emas yang diraih Michael Gilbert (SMAK Penabur Cirebon) dan Kevin Limanta (SMAK IPH Surabaya), medali perunggu yang diraih oleh Edwin Aldrian Santoso (SMA Negeri 1 Surakarta) dan Ferris Prima Nugraha (SMAK Penabur Gading Serpong). Selain perolehan medali, ada juga penghargaan Honorable Mention yang diraih ooleh Josephine Melia (SMAK Penabur 1 Jakarta) dan Gerry Windiarto Mohamad Dunda (SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta). Pencapaian prestasi oleh siswa siswa SMA ini bisa memberikan semangat bagi anak muda yang lain untuk terus belajar dan berprestasi di bidang ilmiah.


Anak muda Indonesia yang masuk daftar 100 tokoh wanita berpengaruh di dunia

Perusahaan media besar asal Inggris, BBC, membuat daftar 100 tokoh wanita berpengaruh di dunia. Dalam daftar tersebut, terdapat 2 anak muda Indonesia yang berhasil masuk dalam 100 wanita berpengaruh di dunia. Anak muda Indonesia yang pertama adalah Kartika Jahja yang merupakan penyanyi muda berusia 36 tahun asal Jakarta. Ia dianggap berpengaruh sebab dalam karya karyanya berisi tentang kesetaraan gender. Ia sangat beruani dalam menyuarakan isu tentang kesetaraan gender dan tergabung dalam beberapa gerakan feminisme.

Sosok muda kedua adalah Dwi Handayani Syah Putri yang berkontribusi sebagai blogger wanita Indonesia. Selain blogger, ia juga berperan sebagai Selebriti Instagram yang berbusana Hijab. Ia sering menampilkan foto foto busana dan tampilan traveling-nya dan juga menceritakan pengalamannya dalam blog yang berjudul Shades of Cheers melalui kumpulan kumpulan foto yang ia kirimkan. Ia juga sering tampil dalam acara-acara fashion show karena keahliannya dalam berbusana


Keberhasilan perwakilan Startup Indonesia dalam kompetisi Startup Istanbul 2016


Kompetisi startup yang diselenggarakan di Kota Istanbul Turki pada Oktober 2016 yang lalu ini menjadi sejarah prestasi startup anak muda Indonesia di dunia internasional. Pasalnya, dalam kompetisi tersebut ada tiga startup asal Indonesia yang diwakilkan oleh kitabisa.com, Kostoom, dan Urbanhire berhasil masuk ke dalam 15 besar. Dalam kompetisi tersebut juga dihadiri oleh beberapa investor dan perusahaan besar yang diharapkan tertarik untuk berinvestasi pada startup asal Indonesia agar bisa berkembang lebih baik, Selain itu, juga diharapkan dapat memperluas jaringan startup indonesia dengan perusahaan internasional.


Juara dalam perlombaan Galax Overclocking Carnival 2016


Perlombaan overclocking adalah perlombaan yang menguji kemampuan untuk meningkatkan sebuah performa komponen CPU atau GPU perangkat komputer agar memiliki kecepatan yanng lebih tinggi dari asalnya. Galax Overclocking Carnival yang diselenggarakan tahun 2016 lalu adalah kompetisi overclock tahunan yang dilakukan di China. Dalam kompetisi tersebut di tahun 2016, Alva Jonathan berhasil mengharumkan nama Indonesia di kompetisi tersebut dengan meraih predikat juara pertama yang pada tahun sebelumnya juga berhasil meraih juara 3 di kompetisi yang sama. Kemenangan yang diraih Alva, sekaligus menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki prestasi di bidang IT.


Pembalap Indonesia di Formula1

Siapa tak kenal Rio Haryanto? Prestasinya yang baik dalam kompetisi GP2 berhasil membawa ia ke jenjang kompetisi yang lebih tinggi daripada yang sebelumnya. Ia berhasil masuk dan balapan dalam kompetisi balapan kelas dunia F1. Meskipun, pada awalnya ia sempat hampir tidak mengikuti kompetisi tersebut karena kekurangan biaya dan dukungan sponsor. Akhirnya, dengan dukungan beberapa perusahaan, ia berhasil tergabung dalam Manor Racing Team Mercedes. Ini juga merupakan prestasi anak bangsa Indonesia yang bisa dibanggakan.


Runner up AFF Championship 2016

Timnas sepak bola Indonesia memberikan kabar gembira di penghujung tahun 2016. Timnas Garuda berhasil menduduki peringkat 2 dalam kejuaraan tersebut. Hal itu tentu saja perlu diapresiasi karena sepak bola Indonesia baru saja lepas dari sanksi pembekuan yang dikeluarkan oleh FIFA. Namun, dengan minimnya pembinaan dan persiapan, timnas Indonesia berhasil bermain cukup baik dalam kompetisi tersebut dan berhasil hingga tahap final melawan timnas Thailand. Bahkan dalam final putaran 1, timnas berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Walaupun pada putaran kedua, nasib baik belum dimiliki Timnas Indonesia sehingga harus puas dengan posisi runner up.

BACA JUGA


#BanggaIndonesia Berikut 7 Sosok yang Mampu Membanggakan Indonesia Melalui Karya dan Prestasi Mereka

#BanggaIndonesia Berikut 7 Sosok yang Mampu Membanggakan Indonesia Melalui Karya dan Prestasi Mereka

Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang telah kamu berikan untuk negara - John F. Kennedy

Read more..

Nah, sudah banyak kan anak muda Indonesia yang berprestasi tahun lalu? Semoga kamu jadi semakin termotivasi untuk berprestasi juga seperti mereka di tahun ini, ya. Yuk, berpestasi!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Berprestasi di Tahun 2017! 8 Prestasi Anak Muda Indonesia Ini Bisa Jadi Inspirasimu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bintoro Riadi | @torotoar

Silahkan login untuk memberi komentar