Yuk, Cobain 7 Kuliner Khas Makassar Ini! Dijamin Akan Ketagihan dan Bisa Jadi Menu Favorit Kamu!

daradaeng

Yuk, Cobain 7 Kuliner Khas Makassar Ini! Dijamin Akan Ketagihan dan Bisa Jadi Menu Favorit Kamu!

148
Indonesia punya banyak kuliner tradisional yang menguggah selera. Salah satunya berasal dari Makassar nih. Beberapa kuliner ini wajib masuk list favorit kamu lho.

Indonesia terkenal dengan banyaknya suku dan budayanya, namun ini yang membuat Indonesia memiliki banyak kuliner khas dari tiap daerahnya. Salah satu yang paling terkenal adalah nasi Padang. Eits, tapi selain makanan dari barat Indonesia tersebut, wilayah timur juga punya makanan khas yang pastinnya mengunggah selera.

Makassar, kota yang menyimpan banyak kekayaan alam pantainya ini juga mempunyai berbagai kuliner khas yang bisa buat kamu jatuh hati. Nggak hanya makanan yang unik, namun ada juga minuman yang segar. Beberapa kuliner ini wajib masuk list kuliner favorit kamu lho!


1. Coto Makassar

photo credit: google

Kalau ngomongin kuliner khas Makassar, pasti yang teringat di benak kita adalah coto Makassar. Makanan yang mirip dengan soto ini, merupakan makanan berkuah yang berisi usus, hati, otak, dan daging sapi. Biasanya coto Makassar disajikan dengan ketupat atau burasa. Burasa sendiri mirip dengan lontong khas Bugis dan Makassar yang bentuknya sedikit pipih. Enak banget ya jadi bikin lapar!


2. Konro

phot credit: daradaeng

Mungkin kata konro masih terdengar asing nih. Tapi, makanan khas Makassar yang berbahan dasar iga sapi ini punya dua varian utama, yaitu Sop Konro dan Konro Bakar. Nah, buat kamu yang suka berkuah, sop Konro ini cocok banget. Memiliki kuah rempah yang kuat dan berwarna hitam kecokelatan, pastinya bisa bikin bada kamu hangat. Untuk konro bakar, sedikit mirip dengan iga bakar yang biasanya kita ketahui. Bakar atau kuah sama-sama enak lho!


3. Pallubasa

photo credit: google

Buat kamu penggemar jeroan sapi atau kerbau, kuliner ini wajib kamu cobain. Kalau coto Makassar dimakan bersama burasa atau lontong, beda lagi nih sama pallubasa yang dimakan bersama nasi putih hangat. Dengan kuah yang gurih, kamu bisa jadi ketagihan.


4. Sup ubi

photo credit: cookpad

Sahabat Trivia, kebayang nggak sih kalau ubi dijaikan sup? Nah, makanan unik ini bisa kamu temuin di Makassar. Isi sup ini mirip dengan sup pada umumnya seperti bihun dan berbagai sayuran. Tapi, buat kamu yang ingin mencoba kuliner satu ini, jangan sering-sering ya. Soalnya, makanan ini memiliki kadar lemak yang cukup banyak lho. Kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan perasan jeruk nipis.


5. Pisang peppe

photo credit: cookpad

Gimana ya kalau pisang yang manis di campur dengan pedasnya sambal? Nggak kebayang ya, tapi di Makassar hal ini nggak aneh lho. Pisang peppe terkenal akan perpaduan rasa manis dan pedas yang menimbulkan sensasi berbeda dari menikmati pisang goreng pada umumnya. Sambal yang digunakan adalah sambal tomat pedah. Unik banget ya!


6. Songkolo bagadang

photo credit: google

Sahabat Trivia, pernah merasa lapar di tengah malam? Kalau di Makassar ada satu makanan yang jadi favorit nih buat disantap tengah malam, yaitu songkolo bagadang. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diberi lauk parutan kelapa goreng, telur asin, dan ikan asin. Bikin ngiler ya!


7. Es pisang ijo

photo credit: selerasa

Di beberapa kota besar di Indonesia, kuliner satu ini bisa dengan mudah dijumpai. Berasal dari daerah Daeng Makassar, kuliner berbahan dasar pisang ini sudah menjadi salah satu favorit banyak orang nih. Kamu termasuk nggak? Disajikan bersama bubur sumsum, susu kental manis, es batu, dan sirup merah pastinya bikin segar.

Nah, beberapa kuliner khas dari Makassar ini bisa jadi referensi buat Sahabat Trivia. Selamat mencoba ya!

BACA JUGA


Kumpulan Resep Kuliner Hits 2017 Versi Google Indonesia

Kumpulan Resep Kuliner Hits 2017 Versi Google Indonesia

Mulai dari minuman mangga sampai papeda, mana yang kamu suka

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yuk, Cobain 7 Kuliner Khas Makassar Ini! Dijamin Akan Ketagihan dan Bisa Jadi Menu Favorit Kamu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Evita Chainova Chandra | @evitachainova

Silahkan login untuk memberi komentar