5 Ramalan Teknologi Masa Depan dalam Serial “Black Mirror” Ini Bikin Ngeri Deh!

photo credit: pronet

5 Ramalan Teknologi Masa Depan dalam Serial “Black Mirror” Ini Bikin Ngeri Deh!

389
Bisa dibilang serial Black Mirror menghadirkan mimpi-mimpi buruk kamu soal teknologi di masa depan. Beberapa ramalan Black Mirror bahkan sudah jadi kenyataan lho dan benar-benar terjadi.

Black Mirror merupakan salah satu serial televisi populer yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Serial ini mengudara di Netflix sejak tahun 2011 dan sudah memasuki season 4. Bisa dibilang serial Black Mirror menghadirkan mimpi-mimpi buruk kamu soal teknologi di masa depan. Beberapa ramalan Black Mirror bahkan sudah jadi kenyataan lho dan benar-benar terjadi.

Namun, sejatinya serial ini diperuntukkan agar kita bijak dalam menggunakan teknologi. Bukan justru sebaliknya. Nah, berikut adalah ulasan singkat tentang ramalan teknologi dalam serial Black Mirror yang bikin kamu merinding.


1. Nosedive


Di episode ini, manusia akan diranking reputasinya melalui sebuah aplikasi. Manusia bakal saling menilai lawan bicaranya ketika berinteraksi. Episode ini menampilkan sosok Lacie (Bryce Dallas Howard) yang berusaha mati-matian mengangkat reputasinya melalui sebuah gawai yang mirip dengan smartphone.

Hal yang sama saat ini akan terjadi di Cina loh. Pemerintah Cina berencana membuat ranking untuk penduduknya. Sebuah aplikasi bernama Zhima Credit akan melacak dan meranking apa yang penduduknya sedang lakukan. Semakin tinggi skornya, mereka bisa meminjam mobil tanpa deposit. Sedangkan mereka yang rankingnya jeblok akan dilarang untuk bepergian ke tempat lain.


2. The National Anthem


Tidak semua episode Black Mirror meramalkan teknologi baru masa depan. Beberapa episodenya menggunakan teknologi yang eksis saat ini. Misalnya, seperti teknologi pertelevisian. Di episode The National Anthem misalnya, teroris berusaha membunuh keluarga kerajaan Inggris yang diculik. Teroris tersebut meminta Perdana Menteri Inggris menyetubuhi seekor babi yang akan ditayangkan di televisi nasional jika ingin keluarga kerajaan tersebut selamat.


3. Arkangel


Episode ini bercerita tentang seorang single mom yang protektif terhadap putrinya. Si ibu, Marie, mengikuti sebuah eksperimen untuk menanam semacam chip pelacak yang disebut “Arkangel” di otak si anak, Sara, ketika ia masih kecil. Chip yang ditanamkan di otak Sara memiliki pilihan untuk memburamkan segala visual yang bisa mengakibatkan stres pada anak, mirip seperti filter “SafeSearch” dalam kehidupan nyata.

Pada akhirnya, Sara menjadi anak yang terasing di taman bermain. Kawan-kawan sebayanya hanya melihatnya sebagai CCTV yang berjalan. Di kemudian hari, gara-gara stres dengan chip tersebut, Sara mencoba melakukan hal berbahaya bagi dirinya. Orang tua yang melacak anaknya bukan hal baru loh. Kamu masih ingat dengan aplikasi Path? Awalnya aplikasi tersebut diciptakan agar orang tua bisa melacak ke mana anaknya pergi, sedang bersama siapa, dan sedang melakukan apa sebelum akhirnya disalahgunakan di Indonesia menjadi media sosial yang tak ubahnya seperti facebook dan kawan-kawan.


4. The Entire History of You


Episode ini mengajak kamu melihat apa yang bisa dilakukan manusia yang paranoid ketika teknologi berada di tangan mereka. Manusia bisa merekam setiap momen dalam kehidupan mereka dan bisa menonton momen tersebut ulang kapan saja mereka inginkan. Implan yang dipasang di mata manusia itu disebut ‘Grain’. Akibatnya, implan ini menghancurkan hubungan sepasang kekasih karena momen yang terekam menghadirkan bukti perselingkuhan salah satu pihak. By the way, sebuah kacamata yang bisa merekam apa yang kamu lihat sudah ada lho.


5. Be Right Back


Be Right Back bercerita tentang seorang perempuan yang ditinggal mati kekasihnya dalam sebuah kecelakaan mobil. Ketika sedang berduka, si perempuan memperoleh sebuah teknologi baru yang bisa membuat sebuah versi AI (kecerdasan buatan) dari almarhum pacarnya. AI tersebut menghadirkan si almarhum berdasarkan jejaknya di sosial media dan informasi yang bisa didapatkan di internet. Kalau episode yang ini sepertinya sudah terjadi di dunia nyata ya. Akun-akun sosial media orang-orang yang sudah meninggal bisa membangkitkan kenangan kamu pada mereka yang ujung-ujungnya bakal buat kamu susah ikhlas.

BACA JUGA


Tren Media Sosial yang Bakal Hits di Tahun 2018. Mana Nih yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan?

Tren Media Sosial yang Bakal Hits di Tahun 2018. Mana Nih yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan?

Twitter mengupgrade karakternya menjadi 280 kata. Platform berbagi visual seperti Instagram dan Snapchat pun terus bersaing dan berkembang

Read more..

Berikut tadi adalah beberapa ulasan tentang ramalan teknologi masa depan dalam serial Black Mirror. Tentu, semaju apa pun teknologinya kita harus tetap bijaksana dalam memanfaatkannya ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Ramalan Teknologi Masa Depan dalam Serial “Black Mirror” Ini Bikin Ngeri Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rakhmad Permana | @rahmadmercy

Domisili di Subang. Kegiatan sehari-harinya adalah bermain dengan ikan-ikan di kolam milik kakeknya.

Silahkan login untuk memberi komentar