Belum Punya Budget yang Cukup untuk Menjelajah Indonesia? Sekarang Kamu Bisa Keliling Indonesia Hanya dalam Satu Tempat. Liburan Seru Sambil Belajar, Yuk!

Photo credit: huffpost

Belum Punya Budget yang Cukup untuk Menjelajah Indonesia? Sekarang Kamu Bisa Keliling Indonesia Hanya dalam Satu Tempat. Liburan Seru Sambil Belajar, Yuk!

1.1K
Mau coba travelling menjelajahi Indonesia namun budget belum memenuhi? Kamu gak perlu khawatir, ini adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Indonesia dan kamu bisa “keliling” Indonesia hanya dalam satu tempat!

Sahabat Trivia, kamu punya hobi travelling? Atau kamu memang suka jalan-jalan bersama teman-teman? Mau coba travelling menjelajahi Indonesia, namun budget belum memenuhi? Kamu nggak perlu khawatir, ada tempat wisata yang terkenal di Indonesia yang bisa kamu datangi dan dengan datang ke tempat ini, kamu bisa “keliling” Indonesia hanya dalam satu tempat.


Liburan keliling Indonesia di TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Photo credit: tempatwisataunik

Kamu tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, kan? Yup, TMII atau Taman Mini Indonesia Indah ini merupakan tempat wisata dengan bertemakan Indonesia. TMII itu sendiri terletak di Jakarta Timur. Dibangun sejak tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Wah, ternyata sudah cukup lama, ya? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi tempat ini? Atau kamu pernah mengunjunginya? Kapan terakhir kali kamu mengunjungi TMII?

TMII buka setiap harinya termasuk hari libur. Jam operasional pintu masuknya dibuka mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Untuk tiket masuknya, per orangnya Rp 20.000 dan bagi kamu yang pergi ke TMII dengan kendaraan pribadi, biaya untuk mobil sebesar Rp 10.000 atau motor sebesar Rp 6.000.


Mengunjungi semua provinsi sekaligus dalam satu tempat

Photo credit: tamanmini

Di TMII, kamu akan mengunjungi semua provinsi di Indonesia. Kamu yang rindu kampung halamanmu dan belum sempat mudik, anjungan daerah akan mengobati rasa rindumu akan kampung halamanmu. Selain itu, kamu juga dapat melihat dan mempelajari budaya di luar kampung halamanmu.


Museum yang mempersatukan keberagaman kita, Museum Indonesia

Photo credit: pinterest

Museum dengan 3 lantai ini terinspirasi dari filosofi Tri Hira Kirana yang menjelaskan bahwa adanya 3 sumber kebahagiaan manusia, yaitu hubungan sesama manusia, hubungan manusia dengan lingkungannya, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Dalam 3 lantai ini, setiap lantainya memiliki tema berbeda lho. Dibuat penasaran dengan tema masing-masing lantainya? Kamu bisa masuk ke Museum Indonesia dengan mengeluarkan biaya Rp 15.000.


Berkunjung ke Papua lewat museum yang ini. Serasa di Papua beneran!

Photo credit: tamanlegenda

Keunikan budaya Papua dapat menarik perhatianmu ketika kamu berada di Museum Asmat. Bentuk dari museum ini sendiri menyerupai model rumah Kariwari. Bikin suasana makin di Papua banget, kan? Terdapat 3 bangunan yang setiap bangunan memiliki tema yang berbeda. Untuk mengetahui lebih dalam, kamu dapat mengeluarkan biaya Rp 10.000 untuk menikmati benda-benda pameran yang berupa benda budaya setempat.


Bertemu dan mengenal flora dan fauna lebih dalam

Mungkin mendaki gunung atau menyelusuri hutan belum menjadi list berliburmu. Kamu bisa melakukan secara sederhana dengan mengunjungi 3 tempat berikut yang berada di TMII.


1. Taman Burung dan Taman Bekisar

Photo credit: google

Kamu yang ingin terbang bebas seperti burung, bisa mengunjungi taman burung yang satu ini. Kamu akan melihat banyak jenis burung di dalamnya dan “berinteraksi” dengan burung-burung. Selain menambah pengetahuanmu, kamu akan dibuat kagum oleh keindahan warna bulu dari burung-burung di sana. Untuk kamu si pecinta hewan unggas, Taman Bekisar akan menunjukkanmu berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan Ayam Bekisar. Untuk memasuki tempat ini, kamu dapat mengeluarkan biaya Rp 20.000 untuk 2 orang.


2. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia

Photo credit: google

Kalau kamu berkunjung ke TMII dan melihat kepala komodo dari kejauhan, kamu wajib mengunjungi museum ini. Di museum ini, kamu akan menemukan binatang-binatang yang terancam punah lho. Harga tiket masuknya sebesar Rp 25.000.


3. Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga

Photo credit: tmii

Waktu kamu kecil, pernah nggak sih bermain dengan ikan? Atau kamu pernah memelihara ikan hias? Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga akan membawamu mengenali lebih jauh jenis-jenis ikan dan serangga yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu bisa masuk dengan mengeluarkan biaya Rp 25.000.


4. Taman Apotek Hidup

Photo credit: tmii

Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan bertemu dengan tanaman-taman yang berkhasiat obat. Sepulangnya kamu dari taman ini, kamu bisa meracik sendiri tanaman dengan khasiat obat yang sedang kamu perlukan. Sangat bermanfaat!


Waktunya beristirahat dan menikmati pemandangan TMII

Photo credit: youtube & tripadvisor

Sesudah kamu mengelilingi sejumlah anjungan dan museum, saatnya kamu menikmati pemandangan TMII secara keseluruhan dengan kereta gantung. Biaya yang dikeluarkan waktu weekday sebesar Rp 40.000 dan pada waktu weekend Rp 50.000, kamu duduk di dalam kereta gantung dan menikmati pemandangan TMII dari ketinggian.

BACA JUGA


Tips Traveling ke Ho Chi Minh City, Vietnam. Perhatikan 9 Tips Ini Dulu Biar Liburan Makin Seru dan Tetap Aman!

Tips Traveling ke Ho Chi Minh City, Vietnam. Perhatikan 9 Tips Ini Dulu Biar Liburan Makin Seru dan Tetap Aman!

Apalagi di bulan Desember 2017 nanti maskapai asal Vietnam akan membuka rute penerbangan dari Jakarta langsung ke Ho Chi Minh City dan ...

Read more..

Pilihan lain apabila kamu takut ketinggian, kamu bisa menaiki kereta api mini yang disediakan oleh TMII untuk mengelilingi TMII sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000 pada waktu weekday dan Rp 25.000 pada waktu weekend.

Sahabat Trivia, tertarik untuk berkunjung ke sini bersama teman-teman atau keluarga akhir minggu ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belum Punya Budget yang Cukup untuk Menjelajah Indonesia? Sekarang Kamu Bisa Keliling Indonesia Hanya dalam Satu Tempat. Liburan Seru Sambil Belajar, Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Umara | @nadiaumara

Silahkan login untuk memberi komentar