Biar Nggak Jadi Alay, Nih 7 Tindakan yang Haram Anak Zaman Now Lakukan!

Photo credit: YouTube

Biar Nggak Jadi Alay, Nih 7 Tindakan yang Haram Anak Zaman Now Lakukan!

691
Hebohnya video dalam akun YouTube Deddy Corbuzier soal alay, bikin kata alay jadi trending nih! Sebenarnya alay itu yang seperti apa sih? Lihat di bawah ini yuk!

Seperti yang kita ketahui, Deddy Corbuzier kini bukan hanya seorang mentalis, ia juga seorang presenter, dan ia juga dikenal sebagai salah satu YouTuber Indonesia yang konten videonya kebanyakan berisi tentang opini-opininya tentang suatu isu. Nah, kali ini Deddy kembali membuat heboh netizen karena opininya dianggap membahas seseorang yang dekat dengan Deddy, Chika Jessica. Dalam video di channel YouTube-nya, Deddy memberikan judul "Artis Alay Kenapa Makin Banyak Sih!!!" Di videonya Deddy juga bercerita tentang pengalamnnya bekerjasama dengan artis yang ia sebut alay untuk bisa berkelas. Dalam video tersebut juga Deddy menyebutkan bahwa alay itu datangnya dari sikap dan karakter yang dibangun dari keluarganya dan lingkungan sosialnya.

"Gue pernah coba bikin artis alay berkelas, enggak bertahan lama balik lagi jadi alay. Kenapa? Because it's an attitude. It's a character yang dibangun dari keluarganya, dari sosialnya, dari lingkungannya," ujar Deddy Corbuzier dalam videonya.

Para warganet pun berprasangka kalau artis yang dibahas itu adalah Chika Jessica. Hal itu karena Chika Jessica pernah ada dalam 1 program bersama Deddy dan terhitung pada Februari lalu, Chika Jessica sudah tidak pernah muncul lagi di acara tersebut.

Sebenarnya, seperti apa sih sikap alay yang sesungguhnya? Nah, berikut ini 7 tindakan yang jika kamu lakukan kamu akan disangka alay. Benarkah?


1. Bonceng motor bertiga

Photo credit: daihatsu

Mungkin beberapa di antara kamu tidak asing dengan pemandangan ada orang yang berboncengan motor bertiga. Awalnya, mereka yang seperti ini disebut juga cabe-cabean. Entah apa arti sebenarnya dari cabe-cabean, yang pasti hal ini cukup membahayakan keselamatan penumpang dan pengendara, juga pengendara lainnya di jalan.


2. Mencoret-coret fasilitas umum yang harunya dijaga dengan baik

Photo credit: merdeka

Jika kamu memiliki bakat dan sangat suka melukis, maka melukislah di media yang layak. Jika kamu suka mural dan grafiti, maka carilah tempat yang setidaknya diizinkan untuk bisa kamu jadikan media. Mencoret-coret fasilitas umum tidak hanya dikatakan alay, tapi juga tindakan kriminal. Apalagi kalau coretan kamu berisi hal-hal yang sifatnya propaganda atau bahkan sesuatu yang kotor dan tak layak digambar di muka umum.


3. Membuang sampah di jalanan atau tidak pada tempatnya

Photo credit: priamuda

Jika kamu ingin negara ini bersih, maka mulailah dari diri sendiri. Tindakkan membuang sampah sembarangan, baik di jalan raya atau pantai sungguh merugikan banyak pihak. Apalagi, sudah membuang sampah sembarangan, pada akhirnya dia juga yang marah-marah karena tempatnya kotor, kalau bukan alay, apalagi coba?


4. Berkendara kebut-kebutan

Photo credit: indonesiadrag

Bagi sebagian orang balapan pasti sangat seru dan menjadi hobi mereka. Hal itu sungguh sangat baik, jika ada hobi yang kita miliki dan membuat kita senang saat melakukannya. Ada banyak tempat yang bisa kamu sambangi jika kamu memang memiliki hobi balapan, atau bahkan ingin sekali jadi pembalap. Jalan umum yang dilewati oleh banyak pengendara lain bukanlah lokasi yang tepat untuk kamu jadikan tempat kebut-kebutan. Setidaknya, jika kamu tidak bisa menjaga diri sendiri, jangan coba-coba membahayakan orang lain ya, Sahabat Trivia.


5. Melanggar peraturan lalu lintas

Photo credit: Tabloid Pewarna

Menaati peraturan lalu lintas hendaknya dilakukan oleh seluruh pengendara, baik roda dua, empat, hingga enam, dan seterusnya. Tapi mungkin masih ada saja orang yang tidak terlalu memedulikan peraturan lalu lintas. Sehingga beberapa kecelakaan bisa saja terjadi. Malah, kadang-kadang yang salah siapa, tapi yang celaka orang lain. Bayangkan saja, jika kamu sedang berada perempatan jalan, namun kamu dengan sengaja menerobos lampu merah, maka bisa saja hal itu mengundang kecelakaan yang cukup parah. Nah, jadi masih mau kah melanggar rambu-rambu lalu lintas, Sahabat Trivia?


6. Memberikan minuman keras atau rokok kepada binatang

Photo credit: Tribun Jambi

Kamu tentu masih ingat dengan kasus para remaja yang dengan sengaja memberikan minuman keras kepada hewan-hewan yang ada di Taman Safari bukan? Ingat juga nggak dengan orang yang pernah memberikan rokok kepada hewan? Nah, sudah bisa dipastikan orang-orang ini adalah the real alay.


7. Mem-bully teman

Photo credit: HypeSphere

Seseorang yang mengolok-olok teman tanpa alasan yang jelas atau hanya demi kepuasan sendiri dan menunjukkan bahwa ia berani dan kuat, justru menunjukkan kalau ia jauh lebih lemah dari orang-orang yang di-bully . Nah, mereka yang melakukan tindakan tersebut masuk dalam kategori alay atau alay banget ya, Sahabat Trivia?

Nah, kalau menurut kamu, apakah 7 tindakan di atas bisa dikatakan sebagai tindakan yang alay atau tindakan yang dilakukan para alay? Adakah tindakan lain yang kamu pikir jika dilakukan akan membuat orang tersebut jadi alay?

BACA JUGA



Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Biar Nggak Jadi Alay, Nih 7 Tindakan yang Haram Anak Zaman Now Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar