Kunci Utama Menjadikan Media Sosial Sebagai Wadah Ekspresi yang Positif! Yuk, #BijakBermedsos!

Kunci Utama Menjadikan Media Sosial Sebagai Wadah Ekspresi yang Positif! Yuk, #BijakBermedsos!

379
Di era digital dan kemajuan teknologi, media sosial menjadi bagian dari masyarakat modern yang tak terpisahkan. Namun hingga kini, masih saja ada oknum yang menyebarkan konten-konten negatif di berbagai platform media sosial.

Viralnya video porno dengan korban anak di bawah umur menjadi contoh terbaru bagaimana kekuatan media sosial di era modern ini. Dengan bermodalkan jari saja, sebuah konten bisa bergerak dan menyebar dengan cepat bahkan hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu menjadi cerminan bagi kita sebagai para pengguna medsos untuk lebih teliti dalam menyaring dan membagikan konten di media sosial.

Sepanjang tahun 2017, tren negatif penggunaan media sosial masih segar di ingatan kita. Dari kakak adik yang dituduh penyuka sesama jenis hingga maraknya korban persekusi menjadi bagian buruk dari tahun 2017 yang baru saja kita lalui. Hal inilah yang membuat gerakan #BijakBermedsos menjadi sebuah gerakan yang perlu dilakukan, momentum pas di awal tahun menjadikan gerakan ini perlu dilakukan supaya masyarakat Indonesia ambil bagian untuk menertibkan berbagai konten nakal di media sosial.

Sebagai bagian dari generasi milenial, sudah saatnya Sahabat Trivia ambil bagian dalam gerakan #BijakBermedsos ini. Supaya nggak bingung, simak yuk, 5 kunci utama supaya media sosial kamu menjadi wadah ekspresi yang positif.


1. Menyebarkan konten positif

Source: Pexels

dibandingkan menjadi bagian dari warganet yang menghujat dan mengkritik orang lain, lebih baik kamu mulai membuat konten positif seperti membuat tutorial make up atau membagi ulasan tentang film terbaru atau rekomendasi buku yang harus dibeli. Dengan cara seperti itu, kamu bisa mengekspresikan diri kamu dan tentunya membangun lingkungan sosial yang lebih positif.


2. Mengoptimalkan media sosial

Source: Pexels

Maraknya e-commerce di Indonesia menjadi indikasi positif akan daya jual beli masyarakat yang cenderung ingin lebih praktis dan cepat. Kalau kamu punya passion sebagai wirausahawan, media sosial bisa menjadi wadah kamu untuk berjualan dan mendapatkan uang tambahan.


3. Menahan rasa ingin komentar

Source: Pexels

Tak jarang satu kalimat yang kita tulis di kolom komentar bisa menjadi pemicu utama konflik yang terjadi di media sosial, itulah kenapa akan lebih baik kita menahan untuk berkomentar di sebuah konten yang punya potensi untuk menjadi konten yang negatif.


4. Melaporkan akun provokatif

Source: Pexels

Tak semua orang mempunyai akun media sosial untuk wadah mengekspresikan diri. Ada juga yang memiliki akun media sosial hanya untuk menghujat, mengkritik dan menyebar kebencian. Langkah kecil yang bisa kamu lakukan terhadap akun seperti ini adalah me-report spam supaya kebenciannya tak menyebar ke orang lain.


5. Tabayyun

Source: Pexels

Tabayyun adalah sebuah paham yang disebarkan oleh agama Islam. Secara bahasa, Tabayyun berarti mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas dan benar keadaannya. Di era digital yang segala informasinya bergerak sangat cepat, Tabayyun menjadi sebuah prinsip untuk bisa #BijakBermedsos supaya kamu bisa melihat sebuah kejadian dari banyak sudut pandang.

BACA JUGA


Jangan Anggap Sepele Pelecahan Seksual! Kisah #MeToo dari Sahabat Trivia Berikut Buktikan Bahwa Hal Itu Menyakiti dan Membekas Sampai Kapan pun

Jangan Anggap Sepele Pelecahan Seksual! Kisah #MeToo dari Sahabat Trivia Berikut Buktikan Bahwa Hal Itu Menyakiti dan Membekas Sampai Kapan pun

Kami mengumpulkan kisah dari teman-teman dan mempublishnya dalam satu artikel (dengan tidak menyebutkan identitas teman-teman pastinya). ...

Read more..

#BijakBermedsos menjadi langkah baik untuk mengawali tahun yang baru. Semoga lima langkah di atas bisa membuat kamu menyebarkan semangat #BijakBermedsos ke lingkunganmu ya, Sahabat Trivia!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kunci Utama Menjadikan Media Sosial Sebagai Wadah Ekspresi yang Positif! Yuk, #BijakBermedsos!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ikrimah Haq | @ikrimahfajrulhaq

Silahkan login untuk memberi komentar