Bingung Memilih Makeup Sesuai Jenis Kulitmu? Jangan Gundah! Berikut Tips Pintar Memilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulitmu!

Photo credit: beautynesia

Bingung Memilih Makeup Sesuai Jenis Kulitmu? Jangan Gundah! Berikut Tips Pintar Memilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulitmu!

773
Setiap kaum hawa pasti memiliki dilema dalam memilih makeup mana yang cocok dengan jenis kulitnya. Namun banyak produk kecantikan yang dapat kamu gunakan jika pintar-pintar memilih alat makeup tersebut.

Makeup sudah menjadi budaya bagi kaum hawa. Namun apakah kamu sudah menggunakan produk kecantikan yang sesuai dengan kulitmu? Riasan wajah digunakan tidak di kalangan tertentu saja, melainkan semua kalangan, baik remaja hingga orang tua pun tidak bisa lepas dari makeup. Maka dari itu kamu harus menggunakan riasan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda, ada yang berminyak, kering, normal, sensitif, dan beragam jenis lainnya. Sebagai seorang wanita, kamu pasti tidak ingin memiliki kulit bermasalah karena salah menggunakan produk kecantikan.

Jika akan menggunakan produk kecantikan, gunakanlah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kadang kamu pasti memilih produk kecantikan yang laku dipasaran hingga harganya yang murah, sehingga kamu tidak memilih produk tersebut sesuai dengan jenis kulitmu.

Belum menemukan produk kecantikan yang sesuai dengan kulitmu? Berikut beberapa tips dalam membeli makeup yang sesuai dengan kulit wajahmu!


1. Kulit normal

Photo credit: THE SHONET

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal, maka berbahagialah. Jenis kulit satu ini, sangatlah mudah untuk dirawat dan sangat fleksibel, karena tidak sulit untuk mencari produk kecantikan. Kamu dapat menggunakan produk kecantikan bentuk apa saja tanpa harus pusing, Sahabat Trivia. Seperti dalam memilih bedak, kamu dapat menggunakan jenis bedak baik tabur hingga compact powder. Sama halnya dengan memilih blush on dan eyeshadow, kamu dapat menggunakan baik berbentuk bubuk maupun pasta. Selain itu, gunakanlah face toner dengan PH balance, dan moisturizer untuk kulit normal agar kulitmu terus terlihat indah.

Namun jangan salah Sahabat Trivia, kulitmu dapat berubah sewaktu-waktu jika kamu menggunakan kosmetik yang sangat berlebih dan fatal untuk kulit kamu. Agar terhindar dari masalah ini, kamu harus tetap bisa merawat kulit cantikmu dengan beberapa produk pilihan yang cocok dengan kulitmu.


2. Kulit berminyak

Photo credit: kore

Kamu bingung kenapa wajahmu terlihat mengkilap? Itu tandanya kamu memiliki jenis kulit berminyak. Untuk kamu yang berjenis kulit satu ini, jangan khawatir dalam menggunakan produk kecantikan, kamu dapat memilih kosmetik yang cocok untuk kulit berminyak.

Sahabat Trivia, tips yang pertama untuk memilih alat makeup adalah pilihlah foundation atau dasar makeup lainnya yang bebas minyak dan memberikan efek matte, hal ini menghindari kulitmu agar tidak terlihat terlalu mengkilap. Kedua, pilihlah eyebrow tanpa shimmer, jika kamu menggunakan produk kosmetik yang mengandung shimmer, riasanmu nanti nya akan terlihat lebih mengkilap. Ketiga, gunakan eyeshadow dan blush on berbentuk bubuk.


3. Kulit kering

Photo credit: msn

Makeup dapat menutupi kekurangan bagi setiap jenis kulit. Jenis kulit satu ini pun dapat kamu tutupi dengan produk kecantikan yang ada. Jika kamu berjenis kulit kering, kamu pasti sulit mencari kosmetik yang cocok dan tahan lama. Hal ini karena kulit kering membuat makeup tidak melekat secara sempurna ketika diaplikasikan pada wajah. Namun, jangan khawatir Sahabat Trivia, ada beberapa tips dalam memilih kosmetik untuk jenis kulit kering.

Pertama, pilihlah makeup dasar seperti foundation dan BB cream yang berbentuk cair, karena produk jenis ini memiliki kandungan minyak lebih banyak dan cocok untuk melembabkan kulit kering. Kedua, usahakan tidak menggunakan bedak, hal ini dikarenakan jika kulitmu kering, pasti akan ada kulitmu yang mengelupas, bedak dapat membuat kulitmu terlihat lebih kering. Tetapi kamu tetap dapat menggunakan bedak dalam bentuk bubuk, untuk memberikan efek mengkilap dan menutupi bagian yang terdapat sedikit kilapan. Dan ketiga, jika kamu hendak menggunakan eyebrow, pilihlah yang mengandung shimmer, sehingga dapat memberikan efek kilauan pada alis. Terakhir, gunakanlah eyeshadow dan blush on dalam bentuk pasta.


4. Kulit sensitif

Photo credit: BrowSpecialist

Sahabat Trivia, kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, pasti sering merasa kesulitan untuk mencari make-up yang cocok untuk kulitmu. Jika salah sedikit saja menggunakan kosmetik yang tidak cocok, kulit wajahmu akan langsung berekasi dengan munculnya kemerahan dengan disertai rasa gatal dan perih. Kamu harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih produk kecantikan. Berikut tipsnya untuk memilih makeup untuk kulit sensitifmu.

Hal yang paling dasar adalah pelajari dan teliti terlebih dahulu bahan-bahan yang terkandung disetiap produk, bagi pemilik kulit sensitif, hindarilah kosmetik yang memiliki unsur wewangian, alkohol, dan lanolin. Unsur-unsur tersebut dapat memicu kemerahan dan iritasi pada wajah. Kedua, gunakan kosmetik yang tercantum “hypoallergenic”, yang artinya produk kosmetik tersebut sudah terbukti kemanannya dan sudah dilakukan tes oleh dermatology. Kemudian gunakan mineral foundation yang tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya lainnya untuk makeup dasarmu, alas bedak satu ini dapat kamu gunakan sebagai concealer dan foundation tabur. Dan terakhir, jika kamu pecinta eyeliner, gunakanlah eyeliner yang berbentuk pensil jangan yang berbentuk cair, hal ini karenak kandungan yang terdapat dalam bentuk cair dapat memicu reaksi kulit sensitifmu.

BACA JUGA


Rihanna Luncurkan Produk Kosmetik Fenty Beauty. Menambah Deretan Selebriti Hollywood yang Punya Label Kecantikan Nih!

Rihanna Luncurkan Produk Kosmetik Fenty Beauty. Menambah Deretan Selebriti Hollywood yang Punya Label Kecantikan Nih!

Debut Fenty Beauty by Rihanna menambah daftar panjang selebriti yang merambah bisnis kecantikan

Read more..

Sahabat Trivia, jangan takut untuk mengaplikasikan kosmetik pada wajahmu. Semua itu dapat kamu lakukan jika kamu dengan pintar memilah produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bingung Memilih Makeup Sesuai Jenis Kulitmu? Jangan Gundah! Berikut Tips Pintar Memilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulitmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Septiani RiskiEkaPutri | @septianiriskiii

Silahkan login untuk memberi komentar