Buku-Buku yang Hits di Tahun 2017. 7 Buku Ini Wajib Kamu Baca Mumpung Masih Awal Tahun!

Photo credit : kineruku & goodreads

Buku-Buku yang Hits di Tahun 2017. 7 Buku Ini Wajib Kamu Baca Mumpung Masih Awal Tahun!

489
Sebelum membaca karya-karya baru di tahun 2018, sudahkah kamu membaca buku-buku yang menjadi buah bibir di tahun 2017 lalu?

Tahun baru, buku baru. Slogan itulah yang sekiranya cocok untuk menggambarkan apa yang ada di pikiran para booklover. Apalagi tahun ini banyak penulis Indonesia maupun penulis luar yang berencana untuk menerbitkan karyanya. Tetapi sebelum membaca karya-karya baru di tahun 2018, sudahkah kamu membaca buku-buku yang menjadi buah bibir di tahun 2017 lalu? Penasaran kan dengan ketujuh buku tersebut? Simak yuk, 7 buku yang menjadi buah bibir di tahun 2017 dan wajib kamu baca sebelum membaca buku baru tahun ini!


1. Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu

Setelah menjadi buah bibir melalui novel Kambing dan Hujan yang memenangi Sayembara Penulisan Novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2014 lalu, Mahfud Ikhwan kembali menjadi buah bibir setelah karyanya yang berjudul Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu menjadi karya prosa terbaik dalam Kusala Sastra Khahatulistiwa 2017. Dalam novel ini, penulis mampu memadukan antara cerita fiksi dan kenyataan dengan baik. Selain itu, teknik bercerita dan penokohan yang kuat menjadi nilai plus dari novel yang terbilang cukup tipis ini.

Photo credit : kineruku


2. Bakat Menggonggong – Dea Anugrah

Kumpulan cerpen karya penulis muda Dea Anugrah ini dinobatkan sebagai karya sastra Indonesia terbaik tahun 2016 lalu oleh majalah Rolling Stone Indonesia. Selain itu, buku ini juga masuk ke dalam nominasi kategori fiksi terbaik dalam Kusala Sastra Khatulistiwa 2017. Kumpulan cerpen ini berisi 14 cerpen dengan cara bercerita yang unik dan berbeda dari buku-buku lainnya. Buku ini kembali dicetak ulang pada pertengahan tahun 2017 lalu dengan sampul baru. Kamu sudah baca belum?

Photo credit : kineruku


3. 24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif – Sabda Armandio

Jangan tertipu dengan subjudul ‘Sebuah cerita detektif’ yang tertera di bagian depan buku ini. Alasannya karena kamu tidak akan menemukan sebuah kasus pembunuhan atau perampokan yang perlu dipecahkan. Buku ini menceritakan seorang laki-laki bernama Gaspar yang berencana melakukan sebuah perampokan toko emas bersama teman-temannya, tapi kamu juga tidak akan menemui peristiwa perampokan seperti yang kamu bayangkan sebelumnya. Buku ini menyajikan pengalaman baca yang menarik dengan karakter tiap tokoh yang unik dan rumit. Siap-siap dibuat sebal dan tertawa dengan gaya bahasa buku ini yang satir, Sahabat Trivia!

Photo credit : goodreads


4. Gentayangan – Intan Paramaditha

Buat Sahabat Trivia yang suka cerita horor, novel yang ditulis oleh salah satu penulis horor berbakat Indonesia menjadi novel wajib baca. Mengusung konsep pilih sendiri petualanganmu, Intan Paramaditha mengajak pembaca untuk membaca novel dengan cara membaca yang lain dari biasanya. Novel ini berkisah tentang seorang perempuan yang bersekutu dengan iblis dan menampilkan akhir cerita yang sama sekali tidak diduga oleh pembaca. Kamu berani tidak membacanya di malam hari?

Photo credit : susano


5. Vegetarian – Han Kang

Nama penulis asal Korea Selatan ini mencuat setelah memenangi Man Booker Prize tahun 2016 lewat novel Vegetarian mengalahkan sejumlah penulis dunia kenamaan lainnya. Novel ini menceritakan perubahan karakter seorang perempuan setelah menjadi seorang vegetarian, namun dalam novel ini tidak dibahas lebih jauh mengenai vegetarianisme. Novel yang sangat kuat dalam segi penceritaan karakter dan kondisi psikologis tokoh ini menceritakan berbagai penyimpangan perilaku dan pemikiran yang terdapat dalam setiap tokohnya.

Photo credit : wirastuti


6. Origin – Dan Brown

Di penghujung tahun 2017, penikmat karya terjemahan dimanjakan dengan terbitnya karya salah satu penulis kontroversial, Dan Brown, yang berjudul Origin. Jika sebelumnya Dan Brown mengungkapkan misteri rahasia karya-karya kuno, di novel ini ia berfokus pada tema teknologi modern, sains, dan seni. Ia mengajak pembaca merenungkan apakah pada akhirnya sains akan membuat agama jadi usang. Novel ini cocok sekali untuk kamu yang suka novel serius yang penuh perenungan.

Photo credit : twitter/indodanbrown


7. Rumah Kertas – Carlos Maria Domiquez

Rumah Kertas adalah salah satu novel terjemahan yang banyak dibicarakan oleh penikmat buku di Indonesia. Dalam novel yang tergolong tipis ini, kamu diajak untuk berkenalan dengan para bibliofil yang sangat menggilai buku. Tokoh Brauer misalnya yang memiliki 20 ribu buku yang tersimpan di rak-rak besar, plafon, kamar mandi, kamar tidur, hingga loteng rumahnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan dibuat geleng-geleng kepala dengan kelakuan unik para penggila buku tersebut.

Photo credit : stanbuku

BACA JUGA


Itulah 7 buku yang menjadi buah bibir sepanjang tahun 2017 dan perlu kamu baca sebelum membaca karya-karya baru yang akan terbit tahun ini. Dari ketujuh karya di atas, kamu sudah baca yang mana saja nih, Sahabat Trivia?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Buku-Buku yang Hits di Tahun 2017. 7 Buku Ini Wajib Kamu Baca Mumpung Masih Awal Tahun!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar