Cara Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain. Biar Hidup Makin Bahagia dan Nggak Sia-Sia!

photo credit: Dramabeans

Cara Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain. Biar Hidup Makin Bahagia dan Nggak Sia-Sia!

406
Coba renungkan dan sadari apa yang selama ini sering kamu bandingkan dari dirimu dengan orang lain.

Baik di dunia nyata maupun maya, kita sering tanpa sadar telah membandingkan diri dengan orang lain. Saat melihat feeds media sosial, ada banyak gambar yang bisa bikin berkecil hati. Bahkan tak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa feeds media sosial dapat meningkatkan depresi. Sebabnya, tak lain adalah rasa iri yang timbul dari sikap membanding-bandingkan diri dengan orang lain, baik disadari atau tidak. Sikap membandingkan diri bisa terjadi kapan pun, saat melihat feeds teman yang dipenuhi dengan foto liburan, atau saat bertemu orang lain di jalan sekalipun.

Kamu pernah mengalaminya juga, Sahabat Trivia? Jika iya, kamu pasti setuju bahwa perasaan tak nyaman usai membandingkan diri dengan orang lain, sebetulnya tak layak kamu miliki. Maka, sudah saatnya kebiasaan buruk ini tak lagi kamu lakukan. Memang tidak instan dan butuh kesadaran dari dirimu sendiri, tapi patut kamu coba jika tak ingin hidupmu sia-sia. Nih, 6 langkahnya!


1. Coba renungkan dan sadari apa yang selama ini sering kamu bandingkan dari dirimu dengan orang lain

photo credit: Dramabeans

Pada satu orang, kumpulan foto liburan tak memberi pengaruh apa pun, sementara bagi orang lain, bisa jadi bikin iri setengah mati. Nah, cobalah untuk menyadari hal apa yang sering membuatmu terpicu untuk membandingkan diri dengan orang lain. Kalau perlu, buatlah daftar mengenai hal-hal yang sering membuatmu iri dari kebiasaan membandingkan tersebut. Tulis juga bagaimana perasaanmu saat itu. Setelahnya, kamu akan mengetahui apa yang perlu kamu hindari. Kamu pun jadi semakin sadar bahwa kebiasaan membandingkan diri tak ada gunanya buatmu.


2. Ingatlah selalu, yang tampak terbaik bisa jadi terbalik

photo credit: Pinterest

Menilai seseorang dari yang tampak di luar adalah tindakan yang kurang tepat. Apalagi jika yang kamu lihat hanya dari media sosial. Saat posting apa pun di media sosial, kamu pasti telah memilih foto yang terbaik, begitu pun dengan banyak orang lainnya. Maka, jangan heran jika postingan orang lain seolah begitu indah dan menyenangkan. Faktanya bisa saja jauh dari perkiraanmu. Jadi saat kamu mulai membanding-bandingkan diri dengan orang lain, ingatlah bahwa yang kamu bandingkan belum tentu begitu adanya.


3. Fokuslah mensyukuri hal baik yang kamu alami dan miliki

photo credit: dramafever

Kebiasaan bersyukur membuat pikiranmu tak lagi rentan dengan hal-hal negatif. Selain itu, kamu juga jadi tidak mudah membandingkan diri dengan orang lain. Jika kamu melihat atau mendengar sesuatu yang dapat memicu sikap membandingkan diri, saat itu juga ingatlah hal-hal baik yang telah terjadi padamu.


4. Biasakan memberi apresiasi bukan berkompetisi

photo credit: Amino Apps

Kita mungkin pernah diajarkan untuk berkompetisi secara sehat, soal prestasi di sekolah atau pertandingan yang kita ikuti. Tapi, dalam hidup tak semua hal harus dijadikan kompetisi, termasuk soal siapa yang 'tampak' lebih sukses, bahagia, dan lain sebagainya. Saat melihat seseorang yang menurutmu 'di atas' kondisimu saat ini, pada aspek apa pun, berikan apresiasi terhadap pencapaiannya, tanpa perlu merasa 'kalah'.


5. Cintai dirimu dan segala kekurangannya

photo credit: Amino Apps

Kenali kekurangan yang kamu miliki dan belajarlah menerimanya. Menerima kekurangan untuk menghargai setiap proses yang kamu alami dalam memperbaikinya. Jadi, tak perlu merasa risau saat orang lain memiliki apa yang belum kamu punya atau capai. Nikmati proses yang sedang kamu jalani dan yakinlah semua orang memiliki ceritanya masing-masing.


6. Kamu boleh membandingkan dirimu dengan orang lain hanya jika syarat ini terpenuhi

Saat membandingkan diri dengan orang lain dan kamu merasa iri, pastikan penyebab rasa irimu adalah hal yang layak untuk membuatmu merasa begitu. Misalnya, kamu membandingkan dirimu dengan orang lain yang memiliki jiwa sosial tinggi atau kegigihan yang patut ditiru. Dengan begitu, kamu akan terpicu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

BACA JUGA


6 Tanda yang Menggambarkan Bahwa Sebenarnya Kamu Sudah Sukses. Berhenti Selalu Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain!

6 Tanda yang Menggambarkan Bahwa Sebenarnya Kamu Sudah Sukses. Berhenti Selalu Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain!

Mengapa orang lain selalu terlihat lebih sukses? Atau jangan-jangan, sebenarnya kamu sudah sukses tanpa kamu sadari

Read more..

Hidupmu akan sia-sia jika sibuk membandingkan diri dengan orang lain dan jadi merasa lebih 'buruk'. Jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi dan inspirasimu. Jika beberapa akun media sosial membuatmu terpicu untuk membanding-bandingkan diri secara tak sehat, tak ada salahnya untuk kamu unfollow loh. Bagaimana menurutmu, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain. Biar Hidup Makin Bahagia dan Nggak Sia-Sia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar