Cegah Banjir dengan Tanam Kelima Tanaman Ini Yuk di Halaman Rumahmu! Selain Mencegah Banjir, Halaman Rumahmu Juga Akan Semakin Cantik Lho!

Photo credit: cloudfront

Cegah Banjir dengan Tanam Kelima Tanaman Ini Yuk di Halaman Rumahmu! Selain Mencegah Banjir, Halaman Rumahmu Juga Akan Semakin Cantik Lho!

10.2K
Akar tanaman yang kamu tanam bisa menyerap air agar tidak menggenang dan menyebabkan banjir. Untuk itu, kamu bisa kok mulai melakukannya dengan menanam tanaman ini di sekitar rumah kamu.

Akhir-akhir ini, hujan dengan intensitas tinggi melanda sebagian besar wilayah Indonesia, terutama wilayah yang dekat dengan kawasan Samudra Hindia. Hujan disertai angin kencang ini merupakan dampak badai tropis Cempaka yang melanda kawasan sekitar Samudra Hindia hingga akhir minggu nanti. Berita mengenai bencana banjir pun mulai terdengar di beberapa wilayah Indonesia. Meski merupakan dampak dari derasnya hujan yang turun, banjir juga disebabkan hal-hal yang sebenarnya dapat kamu cegah, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan penghijauan.

Akar tanaman yang kamu tanam bisa menyerap air agar tidak menggenang dan menyebabkan banjir. Untuk itu, kamu bisa kok mulai melakukannya dengan menanam tanaman di sekitar rumahmu. Berikut ini rekomendasi tanaman yang cocok ditanam di sekitar rumahmu. Selain bisa mencegah banjir, halaman rumahmu juga akan terlihat semakin menarik! Yuk, simak ulasannya!


1. Mangga

Pohon mangga merupakan salah satu pohon paling sering ditanam di halaman rumah. Selain tidak membutuhkan lahan yang luas, cara menanam dan merawat pohon mangga juga tidak terlalu sulit. Pohon mangga cenderung cepat tumbuh dan cepat berbuah sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk dapat menikmati segarnya buah khas daerah tropis ini. Selain dapat dinikmati buahnya, daun pohon mangga yang rindang juga dapat melindungi rumahmu dari sinar matahari.

Photo credit: kabartani

2. Jambu air

Selain pohon mangga, pohon jambu air termasuk salah satu tanaman yang paling sering ditanam di depan rumah. Batangnya yang kokoh dan daunnya yang lebat memberi kesan rindang di halaman rumah kamu. Selain itu, jika berbuah pohon jambu air akan menghasilkan buah yang cukup banyak dan nikmat. Terbayang kan bagaimana segarnya menikmati buah berwarna hijau dan merah ini di siang hari yang terik?

Photo credit: abyspacetion

3. Palem

Saat ini banyak pengembang perumahan yang menanam pohon palem sebagai penghijauan di sekitar rumah. Pohon yang menyerupai pohon kelapa dan memiliki buah yang kecil ini memang cocok ditanam di halaman rumah kita. Selain mudah dalam hal perawatan, pohon palem juga dapat mempercantik rumah kita dengan bentuknya yang tinggi dan ramping.

Photo credit: loyalwoods

4. Bambu

Pohon bambu dapat memberikan kesan asri jika ditanam di halaman rumah. Selain itu, suara gemerisik yang ditimbulkan dedaunannya ketika diterpa angin dapat menjadi musik alam yang membawa ketenangan bagi seisi rumah. Untuk halaman rumah yang tidak terlalu luas, kamu bisa memilih jenis bambu hias untuk ditanam.

Photo credit: exprimartdesign

5. Pepaya

Pohon yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini merupakan salah satu pohon yang dapat dimanfaatkan mulai dari buah dan daunnya. Buahnya yang bercita rasa manis dapat kita manfaatkan sebagai campuran minuman, begitu juga daunnya yang dapat kita olah menjadi beberapa masakan. Daunnya yang lebar juga dapat menjadi kanopi alami yang melindungi rumah kita dari sinar matahari.

Photo credit: bebejaagribisnis

Itulah 5 tanaman yang mudah kita tanam di halaman rumah. Selain mencegah banjir, tanaman tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan mempercantik halaman rumah kamu. Bagaimana? Kamu tertarik menanamnya, Sahabat Trivia?

[readnore]http://www.trivia.id/post/meletakkan-7-tanaman-ini-di-kamar-ampuh-bikin-tidur-kamu[/readmore]





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cegah Banjir dengan Tanam Kelima Tanaman Ini Yuk di Halaman Rumahmu! Selain Mencegah Banjir, Halaman Rumahmu Juga Akan Semakin Cantik Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar