Deretan Bahaya yang Kerap Mengintai Wanita yang Hobi Travelling. Harus Selalu Hati-Hati Nih!

Photo credit: rabunsenja

Deretan Bahaya yang Kerap Mengintai Wanita yang Hobi Travelling. Harus Selalu Hati-Hati Nih!

291
Jalan-jalan memang menjadi kegiatan yang seru banget untuk dilakukan. Tapi kadang buat kamu yang perempuan harus ekstra hati-hati karena bahaya kerap mengancam kamu yang doyan banget travelling!

Buat kamu si cewek yang 'gila' banget sama jalan-jalan alias travelling keliling kota dan negara, wajib berhati-hati nih dengan situasi, kondisi, serta keadaan yang ada di lokasi travelling kamu. Seperti yang pernah dialami oleh salah seorang warga asing perempuan yang sedang berkunjung ke Bali dan mendapatkan tindakan pelecehan seksual secara verbal dari salah satu oknum pegawai di penginapannya. Tidak bisa dipungkiri bahwa perempuan memang harus ekstra berhati-hati dalam kondisi dan situasi apa saja. Kenyataan membuktikan bahwa tindakan kejahatan bisa ada di mana saja dan kapan saja.

Nah, bagi kamu yang sering kali bepergian dan suka banget sama kegiatan travelling, harap terus berhati-hati karena bahaya ini nih yang kerap mengancam kaum perempuan ketika travelling!


1. Catcalling

Photo credit: Beautynesia

Jangankan di luar negeri, di dalam negeri atau beberapa tempat masih saja banyak laki-laki yang suka sekali melakukan tindakan catcalling. Tentu saja hal ini sangat menganggu, terlebih jika kamu sedang sendirian. Pasti akan sangat khawatir akan tindakan selanjutnya si pelaku setelah melakukan catcalling. Hal yang perlu kamu lakukan adalah selalu berpakaian yang sopan dan jangan lupa membawa benda yang kamu rasa bisa kamu jadikan senjata jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, semprotan merica, jarum pentul atau peniti, payung, dan lain sebagainya.


2. Diajak massage

Photo credit: rabunsenja

Ketika sudah ada di penginapan, ada baiknya kamu juga jangan lengah dan tetap harus waspada dalam keadaan apa pun. Seperti kasus yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa ada warga asing perempuan yang sempat mendapatkan tindakkan pelecehan seksual secara verbal dari oknum pegawai hotel yang mengajaknya melakukan kegiatan seksual. Maka dari itu, jangan kamu anggap ketika sampai penginapan keadaan kamu akan aman saja, kamu juga wajib waspada terhadap kondisi dan situasi apa pun.

Ketika seseorang yang mengajak kamu pijat namun tampaknya orang tersebut berbicara yang mengarah ke hal-hal yang tidak benar, maka jangan ragu untuk melaporkan ke pihak yang berwenang. Kamu juga bisa siapkan alat perekam agar kamu memiliki bukti yang kuat dan orang tersebut bisa diberikan sanksi yang sesuai.


3. Penipuan

Photo credit: Blog DuitPintar

Tindak kriminal yang kerap kali menimpa para traveller terutama perempuan adalah tindak penipuan. Penipuan bisa datang dari siapa saja. Paling sering terjadi adalah dari moda trasportasi umum seperti taksi atau jasa penyewaan kendaraan. Ketika baru sampai bandara dan kamu mulai mencari tumpangan, maka para supir taksi dengan sigap menghampiri kamu dan menawarkan tumpangan. Jika kamu terjebak, maka kamu akan mendapatkan supir yang memberikan harga cukup mahal, atau sengaja mencari jalan yang lebih jauh agar argo membengkak.

Nah, agar terhindar dari kejadian seperti itu, kamu bisa memilih untuk naik bis atau metro yang ada atau lokasinya tidak jauh dari bandara. Menggunakan transportasi umum yang memang secara khusus difasilitasi oleh pemerintah negara yang kamu kunjungi tampaknya akan jauh lebih aman untuk para traveller.


4. Pelecehan seksual

Photo credit: Femina

Jika sebelumnya mungkin hanya pelecehan seksual secara verbal, kali ini jauh lebih mengerikan. Jika kamu tidak hati-hati kemungkinan terjadinya pelecehan seksual itu akan ada. Salah satu hal yang bisa membuatmu terhindar dari tindak pelecehan seksual adalah jangan lengah terhadap pandangan atau sikap orang terhadapmu. Selain itu, usahakan untuk selalu berpakaian sopan kemana saja kamu pergi. Selanjutnya, usahakan jangan pergi sendirian, ajaklah seseorang yang bisa kamu percaya untuk menemani kamu kemana saja.

Jangan lupa juga untuk membawa benda yang sekiranya bisa menjadi senjata kamu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


5. Diajak kencan

Photo credit: Vemale

Berada di kota atau di negara orang memang harus terus berhati-hati. Nah, jika mereka adalah orang yang super berani dan tidak memikirkan risiko yang akan mereka dapat, mungkin saja langkah mereka selanjutnya adalah mendekati dan mengajak kamu berkencan. Duh, kalau sudah seperti ini jijiknya minta ampun deh.

Namun, ajakan untuk berkencan mungkin saja datang dari teman baru yang kamu temui di sana. Teman baru itu bisa saja benar-benar tertarik padamu atau bisa saja hanya iseng mengajakmu berkencan. Nah, agar kamu terhindar dari hal semacam itu yang mungkin membuat kamu rugi pada akhirnya, kamu bisa menolaknya dengan sopan atau tidak perlu berhubungan lagi dengan orang yang bersangkutan.


6. Perampokan

Photo credit: IMCNews

Hal mengerikan atau tindak kriminal yang mungkin saja kamu dapatkan ketika sedang berkunjung ke negeri orang adalah tindak perampokan. Salah satu cara agar barang-barang penting yang kamu bawa tidak lenyap begitu saja, penting rasanya untuk meletakan paspor, uang, kartu kredit, dan hal-hal penting lainnya di tempat yang terpisah. Jika kamu sedang berjalan-jalan untuk berbelanja, ada baiknya kamu tidak membawa terlalu banyak uang tunai.

Kamu juga bisa menyimpan kartu identitas, kartu atm, kartu kredit, dan berbagai macam kartu lainnya di tempat yang tidak mudah dicuri, seperti tas pinggang yang tertutup oleh pakaian yang kamu gunakan.


7. Penculikan

Photo credit: megapolitan

Hal yang paling mengerikan dari hal-hal mengerikan di atas adalah tindak penculikan. Entah hanya karena ingin mendapatkan hartamu atau bahkan lebih dari itu, penculikan ini merupakan tindakan yang sangat menakutkan. Hal yang bisa kamu lakukan adalah bawa benda-benda yang kamu anggap dapat menjadi senjata, seperti semprotan merica, jarum atau peniti, payung lipat, dan lain sebagainya.

Ketika kamu memang dihadapkan dengan situasi seperti itu, sebaiknya kamu berteriak dan berlari sekencang mungkin untuk menarik perhatian orang sekitar yang mungkin bisa menolongmu. Kalau memungkinkan, kamu bisa berlari menuju pos keamanan setempat atau kantor polisi terdekat.

BACA JUGA


Pelecehan Seksual Semakin Marak Terjadi. Inilah 5 Stigma yang Haram Kamu Miliki Terhadap Korban!

Pelecehan Seksual Semakin Marak Terjadi. Inilah 5 Stigma yang Haram Kamu Miliki Terhadap Korban!

Kasus-kasus pelecehan seksual harus berhenti dipandang sebelah mata dan stigma negatif tidak seharusnya ada di masyarakat

Read more..

Situasi seperti di atas tentu tidak selalu terjadi ketika kamu berpergian. Paling penting, jangan lupa untuk mawas diri dan bawalah beberapa benda yang mungkin bisa melindungi kamu dari tindak kejahatan. Selalu hati-hati ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Deretan Bahaya yang Kerap Mengintai Wanita yang Hobi Travelling. Harus Selalu Hati-Hati Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar