Fresh Graduate, Nih 10 Perusahaan BUMN Paling Laris di Kalangan Job Seeker!

photo credit: Pertamina

Fresh Graduate, Nih 10 Perusahaan BUMN Paling Laris di Kalangan Job Seeker!

1K
Nih, perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia dengan jumlah peminat terbanyak. Kamu kira-kira mau kerja di mana nih, Sahabat Trivia?

Sahabat Trivia yang sedang mencari kerja, apakah kamu tertarik bekerja di perusahaan BUMN? Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara. Tak jarang perusahaan BUMN mendominasi suatu bidang usaha tertentu karena hal ini. Nah, karena perusahaan yang bonafide dan menjanjikan jenjang karier yang menarik, banyak pula pencari kerja atau job seeker yang mengincar perusahaan-perusahaan BUMN. Alasannya tidak jauh dari gengsi, gaji, tunjangan, hingga keinginan untuk berkontribusi dalam membangun negeri. Nama besar dan karier yang menjanjkan digadang menjadi alasan 10 perusahaan ini selalu diburu oleh para job seeker. Apa saja perusahaan-perusaahan tersebut? Disimak, ya!


1. Pertamina

photo credit: Pertamina

PT. Pertamina Persero adalah perusahaan BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Meski sudah tidak lagi mendirikan monopoli SPBU di Indonesia, Pertamina masih menjadi perusahaan dengan jumlah SPBU terbanyak dengan 7 kilang minyak yang aktif beroperasi. Tiap membuka lowongan pekerjaan, Pertamina selalu jadi yang paling diserbu oleh para pencari kerja. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa lingkungan kerja di perusahaan ini diklaim salah satu yang terbaik karena jam kerja yang seimbang dan cenderung tidak kaku. Dengan berbagai fasilitas bagi pekerjanya, termasuk yang sudah berkeluarga, para pekerja jadi lebih betah bekerja di Pertamina.


2. PLN

photo credit: Pojoksatu

Perusahaan Listrik Negara atau PLN pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Sahabat Trivia. Sebagai perusahaan yang memonopoli bidang kelistrikan di Indonesia, PLN memiliki banyak anak perusahaan dan pastinya selalu membuka lowongan pekerjaan besar-besaran. PLN sendiri termasuk yang paling dicari dalam setiap job fair karena digadang-gadang memiliki budaya kerja yang sangat baik. Dalam pengembangan pekerjanya, misalnya, PLN sangat memfasilitasi dan mendukung pengembangan SDM yang mereka miliki lewat program pendidikan dan pelatihan maupun non-pendidikan. Terdapat pula penilaian kompetensi yang mempengaruhi mutasi, promosi, dan percepatan para pekerjanya. PLN sendiri menekankan aspek pelayanannya dan memastikan bahwa pekerjanya selalu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.


3. Bank

photo credit:Dinaskertrans Banten

Berbagai bank yang tercatat sebagai BUMN seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI tidak pernah sepi peminat. Salah satu alasan utamanya adalah karena industri perbankan adalah industri yang sangat bergengsi. Lewat proses seleksi yang ketat dan panjang, bisa terjun di bidang ini menjadi kebanggan tersendiri. Apalagi jika perusahaan perbankan yang diincar adalah perusahaan milik negara. Berbagai keuntungan bisa didapat para pekerjanya. BNI, misalnya, menjanjikan benefit kesehatan yang lengkap dengan tunjangan asuransi bagi keluarga serta tunjangan bonus sebanyak dua kali di luar tunjangan hari raya. BRI juga menjanjikan berbagai macam tunjangan di luar gaji serta kendaraan operasional bagi sales. Selain itu, menilik dari jam kerja atau jam operasional bank yang terbatas, para pekerja mengaku masih bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan di luar kerjanya. Hal ini mempengaruhi indeks kepuasan karyawan terhadap work-life balance perusahaan perbankan ini yang duduk di angka 3,2 dari skala 5,00.


4. BPJS Ketenagakerjaan

photo credit: BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah BUMN yang menyelenggaran penjaminan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia. Perusahaan yang dahulunya bernama Jamsostek ini berkewajian untuk memberi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah membayar iuran. Alasan pertama BUMN ini menjadi incaran para job seeker adalah adanya program pelatihan dan pengembangan yang terjamin. Hal ini dikarenakan BPJS membutuhkan SDM yang berkualitas. Selain itu, banyaknya benefit termasuk tunjangan hari tua yang menjanjikan menjadi alasan BUMN ini banyak diminati.


5. Telkom

photo credit: Indo Telko

PT Telekomunikasi Indonesia atau biasa disebut Telkom adalah BUMN yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi terlengkap di Indonesia. Sebagai perusahaan yang sangat dikenal dan jumlah pelanggan yang sangat besar pula, tidak heran jika perusahaan ini selalu diburu oleh job seeker. Dengan 28.000 karyawan yang dimilikinya, Telkom memiliki budaya sendiri yang disebut “The Telkom Way 135”. Selain itu, gaji yang ditawarkan oleh perusahaan Telkom juga terbilang menarik. Di tingkatan staf, gaji yang ditawarkan mulai dari 3 hingga 8 juta. Kepuasaan pekerjanya pun terhitung tinggi, mencapai indeks kepuasan 3,90 dari skala 5,00.


6. Asuransi Jiwasraya

photo credit: Jiwasraya

Perusahaan asuransi yang semula adalah perusahaan milik Belanda ini dinasionalisasikan pada tahun 1957. Perusahaan ini memiliki tujuan untuk “mendidik masyarakat merencanakan masa depan”. Meski gaji yang ditawarkan asuransi tidak sebesar gaji yang ditawarkan perusahaan perbankan, asuransi Jiwasraya tetap tidak sepi peminat. Sebab, perusahaan ini diklaim memiliki renumerasi tinggi, bonus yang bisa mencapai 20-25 kali pertahun, serta kekeluargaan antar pekerja yang juga tinggi. Hal ini diakui sebagai kelebihan utama dari Asuransi Jiwasraya dibandingkan perusahaan asuransi serupa.


7. Taspen

photo credit: Kontan

PT TASPEN (Persero) atau Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil. Taspen memiliki setidaknya 5 nilai utama yakni integritas, profesional, inovatif, kompetitif, dan tumbuh. Perusahaan ini termasuk menjadi perusahaan yang banyak dilirik job seeker.


8. Garuda Indonesia

photo credit: Reportase News

PT Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Memiliki setidaknya 146 armada, Garuda Indonesia masih menjadi salah satu perusahaan dengan banyak peminat baik peminat jasa maupun job seeker yang ingin bekerja di perusahaan ini. Bagaimana tidak, Garuda Indonesia memiliki reputasi baik tidak hanya di Indonesia, namun juga di mata dunia. Program yang paling diminati dari rekrutmen Garuda Indonesia adalah program Management Trainee (MT) yang mana membuka kesempatan pelatihan selama satu tahun untuk kurang lebih 10 orang SDM baru Garuda Indonesia. Program ini diawasi langsung oleh CEO Garuda Indonesia.


9. PT. KAI

photo credit: Pasar Kaki 5

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI adalah BUMN yang bergerak di bidang transportasi. Selain kereta api jarak jauh, PT KAI juga menyediakan jasa kereta api jarak dekat atau komuter, seperti yang sudah akrab kita lihat di Jakarta maupun Bandung. Meningkatnya minat pengguna pada kereta api komuter, khususnya di Jakarta, juga meningkatkan jumlah lowongan pekerjaan yang dibuka oleh PT. KAI. Hal ini juga mempengaruhi tingkat peminat pelamar di PT. KAI. Dari 279 ribu pegawai yang dimilikinya, PT KAI juga aktif memberikan gaji dan tunjangan yang memadai serta kesempatan studi bagi para pegawainya.


10. Perusahaan Gas Negara

photo credit: Merdeka

PT PGN atau Perusahaan Gas Negara adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Perusahaan ini memiliki Unit Bisnis Strategis, kantor pemasaran, dan anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak heran jika kesempatan bekerja yang lebar di perusahaan ini membuat banyaknya peminat di perusahaan ini. Lingkungan kerja yang bersahabat, jenjang karier yang jelas, dan fasilitas kesehatan yang dapat digunakan di seluruh rumah sakit di Indonesia menjadi beberapa faktor yang menyebabkan perusahaan ini banyak diminati.

BACA JUGA


Budaya Kerja Keras Orang Jepang yang Menyedihkan. Kerja Mati-Matian Hingga Mati Sungguhan. Berikut Fakta-Faktanya!

Budaya Kerja Keras Orang Jepang yang Menyedihkan. Kerja Mati-Matian Hingga Mati Sungguhan. Berikut Fakta-Faktanya!

Para pekerja kantoran yang tertidur di jalanan di Jepang ternyata bukanlah pemandangan yang asing maupun janggal bagi masyarakat di sana

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, sekian beberapa ulasan tentang perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia dengan jumlah peminat terbanyak. Kamu kira-kira mau kerja di mana nih, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fresh Graduate, Nih 10 Perusahaan BUMN Paling Laris di Kalangan Job Seeker!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Natasha Adelina | @natashey

Silahkan login untuk memberi komentar