Gempa Megathrust 8,7 SR Bayangi Jakarta. Berikut Fakta-Faktanya yang Perlu Kamu Ketahui!

photo credit: CBS News

Gempa Megathrust 8,7 SR Bayangi Jakarta. Berikut Fakta-Faktanya yang Perlu Kamu Ketahui!

8.8K
Selama beberapa hari terakhir, beredar informasi mengenai gempa bumi megathrust yang berpotensi melanda Jakarta. Lalu, apa sebenarnya gempa megathrust itu sendiri dan apa upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapinya?

Selama beberapa hari terakhir, beredar informasi mengenai gempa bumi megathrust yang berpotensi melanda Jakarta. Kabar tersebut pun sontak mengejutkan masyarakat karena gempa ini disebut dapat mencapai kekuatan 8,7 skala richter. Pada 23 Januari lalu, gempa yang berpusat di Lebak, Banten, terasa cukup kuat di Jakarta dan menimbulkan kerusakan di beberapa titik. Tak heran jika berita mengenai gempa megathrust ini membuat banyak masyarakat dirundung kekhawatiran dan kepanikan. Lalu, apa sebenarnya gempa megathrust itu sendiri dan apa upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapinya? Mari simak fakta-faktanya berikut ini!


Apa itu gempa megathrust?

photo credit: BMKG

Dilansir dari situs resmi BMKG, Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) bersama pemerintah, pakar gempa dari sejumlah perguruan tinggi, serta kementerian dan lembaga termasuk BMKG menerbitkan buku bertajuk Peta Sumber dan Bahaya Gempa Bumi Indonesia tahun 2017. Buku ini diterbitkan sebagai salah satu upaya dan langkah mitigasi gempa bumi di Indonesia. Dalam buku tersebut, terdapat informasi mengenai zona megathrust, yaitu zona tumbukan antara Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Zona tersebut disebut menghujam masuk ke bawah Pulau Jawa dan gerakan penghujaman ini diperkirakan mampu mengakibatkan gempa megathrust dengan kekuatan maksimum 8,7 skala Richter.


Kapan dan di mana gempa megathrust akan terjadi?

photo credit: WinNetNews

Menurut penjelasan BMKG, meskipun para ahli dapat menghitung perkiraan kekuatan gempa megathrust, teknologi yang ada saat ini belum mampu memprediksi dengan tepat, apalagi untuk memastikan waktu dan tempat terjadinya gempa atau apakah akan benar-benar terjadi. Kendati demikian, BMKG akan mengupayakan mitigasi demi meminimalkan risiko kerugian sosial, ekonomi, serta korban jiwa seandainya gempa benar-benar terjadi.


Himbauan dan upaya mitigasi

photo credit: Bangsa Online

Menurut pernyataan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Jupan Royter, instansinya akan mengadakan pertemuan untuk membahas rencana-rencana mitigasi. Beberapa di antaranya adalah rencana simulasi earthquake drill (siaga gempa) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, pembangunan fasilitas taman edukasi bagi para pelajar di Jakarta, serta sosialisasi mekanisme evakuasi kepada warga.

Selain itu, Dwikorita Karnawati, selaku Kepala BMKG, juga menghimbau kepada para warga Jakarta untuk mulai memahami risiko yang dapat ditimbulkan dari terjadinya gempa bumi serta mitigasi bencananya. Beliau juga menyarankan kepada Pemprov DKI untuk melakukan audit gedung-gedung di Jakarta untuk memastikan keamanan bangunan saat terjadi gempa, termasuk ada tidaknya tempat berlindung serta jalur evakuasi.


Meski terjadinya gempa megathrust ini tidak dapat dipastikan, ada baiknya jika kita semua senantiasa siaga dan berhati-hati. Selain itu, penting juga untuk memahami langkah-langkah evakuasi jika gempa ini benar-benar terjadi.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gempa Megathrust 8,7 SR Bayangi Jakarta. Berikut Fakta-Faktanya yang Perlu Kamu Ketahui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar