Gunung Merapi Meletus Setelah Hampir 8 Tahun. Berikut Fakta-Fakta Salah Satu Gunung Paling Aktif di Indonesia Ini

photo credit: detikNews

Gunung Merapi Meletus Setelah Hampir 8 Tahun. Berikut Fakta-Fakta Salah Satu Gunung Paling Aktif di Indonesia Ini

771
Setelah letusan terakhir di 2010, Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (11/5/2018) pagi tadi.

Telah terjadi letusan Gunung Merapi pada Jumat (11/5/2018) pagi tadi. Berdasarkan tweet dari akun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, @BNPB_Indonesia, pukul 8:12, letusan yang terjadi disebut letusan freatik. Dilansir dari Kompas, menurut Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, letusan freatik merupakan jenis letusan yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air hasil dari kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. Erupsi ini disertai dengan suara gemuruh dan tinggi kolom mencapai 5.500 meter dari puncak kawah. BNPB mengimbau masyarakat untuk menjauhi radius 3 KM dari puncak Merapi dan merekomendasikan para pendaki untuk tidak memaksakan diri mendekati puncak kawah. Sekitar 160 pendaki pun sudah berhasil dievakuasi turun oleh Tim SAR, semua berada dalam keadaan baik- baik saja. Gunung Merapi sendiri terakhir kali meletus pada tahun 2010, namun kala itu jenis letusannya adalah magmatik. Berikut sejumlah fakta mengenai Gunung Merapi lainnya yang perlu kamu ketahui.


Salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia

photo credit: Wikipedia

Gunung Merapi memiliki siklus letusan sekitar 5 tahun sekali. Sebelum terjadi erupsi pagi tadi, Gunung Merapi terakhir kali meletus pada November 2010 yang turut merenggut nyawa juru kuncinya, Mbah Maridjan. Sebelumnya, gunung ini pernah meletus di tahun 1961, 1969, 1976, 1994, 1997, 1998, 2001, dan 2006. Sementara, letusan Merapi terdahsyat tercatat terjadi pada 1930, di mana erupsinya menewaskan 1.369 orang.


Juru kunci Gunung Merapi

photo credit: KapanLagi

Gunung Merapi memiliki peranan yang sangat penting bagi Keraton Yogyakarta sehingga pemerintah keraton selalu menugaskan seseorang menjadi juru kuncinya. Juru kunci tersebut dipilih langsung oleh sultan. Pasca kepergian Mbah Maridjan akibat erupsi di tahun 2010, tugas juru kunci diberikan kepada anak mendiang, Mas Asih.


Adanya Pasar Bubrah

photo credit: TripAdvisor

Berbeda dengan gunung-gunung yang biasa dinaiki para pendaki, Gunung Merapi sebenarnya tak memiliki pemandangan yang istimewa. Di sepanjang pendakian, kita hanya akan disuguhkan pemandangan berupa perkebunan penduduk yang sudah bisa ditemui di bawah. Namun, ada satu titik menarik di gunung ini yang tak bisa ditemukan di gunung-gunung lainnya, yaitu sebuah tanah lapang yang dipenuhi bebatuan vulkanik berbagai ukuran. Tempat ini dinamakan Pasar Bubrah dan merupakan titik akhir pendakian yang diizinkan oleh yang berwenang karena mendaki sampai ke puncak dinyatakan ilegal. Di sinilah tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda.


Tidak ada sumber air

photo credit: kadekarini

Setiap pendaki gunung tentu harus menyiapkan bekal yang cukup untuk bertahan hidup selama pendakian. Jika berniat mendaki gunung yang satu ini, maka pastikan untuk membawa persediaan air yang memadai karena Gunung Merapi tak memiliki sumber air di sepanjang jalur pendakiannya.


Dapat dijadikan penunjuk arah

photo credit: wowasyiknya

Saat berada di tempat yang asing, banyak orang yang akan merasa kebingungan dalam menentukan arah. Nah, apabila kamu mengalami hal serupa ketika sedang di Yogyakarta, Gunung Merapi dapat dijadikan sebagai penunjuk arah mata angin, lho. Hal ini dikarenakan Gunung Merapi terletak di ujung utara Yogyakarta.


BACA JUGA


Gunung Agung Meletus! Ini 7 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi

Gunung Agung Meletus! Ini 7 Tindakan yang Harus Kamu Lakukan Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi

Jika kamu tinggal atau sedang berada di dekat tempat terjadinya gunung meletus, penting bagi kamu mengetahui hal-hal yang harus dilakukan ...

Read more..

Itulah sejumlah fakta mengenai Gunung Merapi yang penting untuk diketahui. Melihat Gunung Merapi meletus pagi tadi tanpa ada tanda apapun, bagi kamu yang tinggal di sekitar daerah gunung ini, selalu waspada dan jaga keselamatanmu ya, Sahabat Trivia.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gunung Merapi Meletus Setelah Hampir 8 Tahun. Berikut Fakta-Fakta Salah Satu Gunung Paling Aktif di Indonesia Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar