Indonesian Youth Conference (IYC) 2017 Telah Diselenggarakan! Sebarkan Bentuk Cinta Anak Muda untuk Negara

Indonesian Youth Conference (IYC) 2017 Telah Diselenggarakan! Sebarkan Bentuk Cinta Anak Muda untuk Negara

285
Anak muda Indonesia yang cinta dengan bangsanya tentu akan melakukan apa saja agar Indonesia tidak hanya menjadi negara berkembang, namun bisa menjadi negara maju.

Pada zaman yang serba canggih ini, tentu semakin banyak anak muda yang memanfaatkan teknologi dengan berbagai cara. Ada dengan cara yang baik dan membuatnya menjadi sukses, namun ada juga yang memanfaatkannya dengan kurang tepat sehingga menimbulkan banyak kontroversi. Tapi, hal ini sekaligus menjadi tanda bahwa anak muda zaman sekarang memang melek teknologi dan sebenarnya sangat berpotensi memanfaatkan teknologi yang ada untuk menghasilkan suatu karya yang bisa mendunia.

Meski begitu, jika kamu perhatikan, sekarang ini anak muda Indonesia juga mulai peduli terhadap isu sosial atau hal-hal menggelitik alias menarik yang hadir di sekitarnya. Misalnya saja seperti politik, disabilitas, industri kreatif, konflik dan kekerasan, energi terbarukan, data awareness, hingga financial planning.

Nah, berikut ini nih bentuk para generasi muda bangsa yang berpotensi membawa bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Apakah kamu salah satunya?


1. Tidak bosan belajar dan menuntut ilmu

Photo credit: Komunitas Bukalapak

2. Peduli terhadap perkembangan politik dan isu sosial yang kerap muncul dan menjadi kontroversi di Indonesia

Photo credit: Prelo

3. Meski masih muda, membuka lapangan pekerjaan merupakan tindakan yang sangat dianjurkan bahkan dibutuhkan

Photo credit: Good News from Indonesia

4. Aktif dalam kegiatan sosial, bahkan kalau bisa menjadi pelopor dari kegiatan sosial itu sendiri

Photo credit: Trivia

5. Mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional serta menjaga kearifan lokal

Photo credit: Beritagar

6. Bangga menggunakan produk lokal

Photo credit: Berita Unik Indonesia

7. Mengikuti kegiatan atau workshop yang sesuaui dengan ketertarikan kamu terhadap suatu bidang tertentu


Nah, seperti yang disebutkan pada poin ke 7, salah satu bentuk potensi suksesnya anak muda adalah dengan menghadiri acara-acara yang memotivasi dan memberikan ilmu positif dalam pengembangan diri. Seperti acara Indonesian Youth Conference (IYC) 2017 yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Desember 2017 di Townsquare Cilandak, Jakarta.

IYC 2017 yang hadir dengan konsep baru dan lebih seru ini ingin mengajak anak muda Indonesia untuk berpartisipasi langsung dalam beragam kegiatan, seperti talk show, workshop, dan public discussion yang terdiri lebih dari 20 sesi dan lebih dari 50 pembicara. Topik-topik yang dibahas pun dibawakan secara fun, misalnya politik, disabilitas, industri kreatif, konflik dan kekerasan, energi terbarukan, data awareness, hingga financial planning. Beberapa pembicara yang hadir di antaranya Najelaa Shihab, Glenn Fredly, Jay Subyakto, Tsamara Amany, Eugenie Patricia, Bob S. Effendi, Asep Kambali, Annisa Rahmania, Robertus Theodore, Vidi Aldiano, Putri Tanjung, dan Pangeran Siahaan.

“Tahun ini, tagline yang kami usung adalah "Kami Masa Depan". Kami sadar bahwa dalam menghadapi tantangan, anak muda Indonesia dari berbagai sektor dan latar belakang perlu bekerja sama guna mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa depan. Kuncinya, kolaborasi,” ujar Ketua IYC 2017, Gilang Pratama Putra.

Tak lupa, adapula Cultural and Music Performance yang dimeriahkan oleh CIOFF Indonesia, De Young Ma, The Panturas, Endah N Rhesa, serta Rendy Pandugo.

“Melalui IYC 2017, kami ingin membantu anak Indonesia untuk menemukan dan mengembangkan potensinya, serta berkolaborasi satu sama lain, agar mereka dapat berkontribusi untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang. Anak muda Indonesia harus membawa merah putih berkibar di kancah dunia,” kata Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto.

Hal tersebut didukung oleh produser dan sutradara Indonesia Jay Subyakto yang mengatakan bahwa anak muda Indonesia pun harus membawa identitas bangsa dalam meraih masa depan.

“Jangan mengacu ke barat! Aculah diri dan negerimu sendiri,” kata Jay.

BACA JUGA


Festival Budaya di Indonesia Timur yang Harus Kamu Datangi Paling Tidak Sekali Seumur Hidupmu. Keren Banget!

Festival Budaya di Indonesia Timur yang Harus Kamu Datangi Paling Tidak Sekali Seumur Hidupmu. Keren Banget!

Dalam festival Budaya Lembah Baliem, kamu bisa melihat bagaimana suku asli Papua berperang lengkap dengan atributnya seperti koteka, hiasan ...

Read more..


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Indonesian Youth Conference (IYC) 2017 Telah Diselenggarakan! Sebarkan Bentuk Cinta Anak Muda untuk Negara". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar