Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun. Kebiasaan Finansial Semasa Hidupnya yang Tidak Biasa Ini Layak Jadi Teladan

Image source: Daily Mirror

Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun. Kebiasaan Finansial Semasa Hidupnya yang Tidak Biasa Ini Layak Jadi Teladan

1K
Ingvar Kamprad dikenal sebagai sosok yang hemat dan menganut gaya hidup sederhana meskipun dirinya bergelimang harta.

Setelah sekitar 75 tahun yang lalu Ingvar Kamprad mendirikan IKEA, pengusaha ini menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu 27 Januari waktu Swedia. Laki-laki yang tercatat lahir pada tahun 1926 di Smaland, Swedia ini tutup usia di umurnya yang ke-91 dan termasuk salah satu orang terkaya di dunia. Bagaimana tidak, IKEA menjadi perusahaan ritel perabot rumah tangga yang mendunia dan sudah jadi semacam tongkrongan wajib buat anak-anak muda kekinian. Maka, tak heran, total kekayaan yang ia tinggalkan pun mencapai miliaran dolar.

Sebagai pebisnis sukses, maka nggak ada salahnya kamu meneladani beberapa kebiasaan finansial Ingvar Kamprad semasa hidupnya. Termasuk jenis orang yang hemat dan menganut kesederhanaan, gaya hidup Ingvar Kamprad bisa dibilang jauh dari kata "mewah".


1. Mengendarai mobil sederhana

Image source: DiecastXchange

Selama dua puluh tahun, Ingvar Kamprad mengendarai mobil Volvo 240 GL keluaran tahun 1993 yang dulu dibeli seharga 22.000 US Dolar. Ia baru mau melepaskan mobil lamanya tersebut ketika seseorang berhasil meyakinkannya bahwa mobil itu sudah terlalu tua dan mungkin akan membahayakan keselamatannya. Jadi, kamu nggak perlu kalang kabut mau beli mobil mewah kalau mobilmu yang biasa-biasa saja masih nyaman dan aman buat bepergian.


2. Membeli pakaian di flea market

Image source: Daily Mail

Ingvar Kamprad nggak malu buat belanja pakaian di flea market alias pasar loak yang notabene berisi baju-baju bekas. Ia bahkan mengaku cukup sering membeli kebutuhan sandangnya di pasar loak. Ada harga ada barang memang, tapi bukan berarti selamanya kamu harus pakai baju rancangan desainer ternama. Seperti Ingvar Kamprad, buang jauh gengsi dan pakai baju murah pun kece dipakai ke mana-mana asalkan nyaman dan enak dipandang mata.


3. Potong rambut di salon biasa demi mematuhi budget yang sudah ia buat sendiri

Image source: Pinterest

Ingvar Kamprad termasuk orang dengan perencanaan keuangan yang matang. Ia bahkan tak ketinggalan mengalokasikan berapa dana yang harus ia keluarkan untuk biaya potong rambut. Pernah, ia melampaui budget potong rambutnya saat berada di Belanda yang seharga 22 Euro dan itu membuatnya uring-uringan. Ingvar Kamprad lebih suka potong rambut di negara-negara berkembang yang biayanya lebih murah.

Hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah adanya kontrol diri terhadap pengeluaran dan pemasukan bulanan. Kalau kamu punya rencana keuangan yang matang, maka kamu nggak kelabakan kalau sewaktu-waktu ada pengeluaran darurat. Nah, kalau mau potong rambut, nggak usah jauh-jauh dan mahal di salon milik hairstylist ternama, tapi bisa di dekat rumah saja.


4. Menyantap hidangan yang murah meriah

Image source: Taringa!

Ingvar Kamprad bukan tipe orang yang selalu makan di restoran mewah dengan koki berlisensi Michelin. Ia doyan dengan menu khas kafe IKEA, seperti swedish meatballs, mashed potatoes, dan selai lingonberry yang biasanya seharga 4 Dolar. Pelajaran buat kamu, asalkan perut nggak keroncongan lagi, sah-sah saja kok makan mi ayam di kedai-kedai atau jajan kue basah di pasar tradisional. Murah meriah, kan?


5. Bepergian jauh dengan kendaraan umum

Image source: Newsweek

Pernah suatu waktu, Ingvar Kamprad ditolak masuk gedung tempat berlangsungnya sebuah acara penghargaan gara-gara ia datang dengan bus, bukannya dengan limousin atau kendaraan sejenisnya. Padahal, ia diundang sebagai penerima penghargaan. Jangan khawatir, ia akhirnya dipersilakan masuk pada hari itu. Pada kesempatan yang lain, Ingvar Kamprad juga lebih suka bepergian dengan pesawat di kelas ekonomi bukannya kelas bisnis atau menggunakan jet pribadi.

Selama masih bisa bepergian dengan aman dan nyaman dengan kendaraan umum layaknya kebanyakan orang, maka kamu pun nggak perlu berfoya-foya dengan menambah koleksi kendaraan pribadi yang super mewah.

BACA JUGA


Main ke IKEA, Inilah 11 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Sana. Tempat Favorit Cari Perabot Sampai Buat Pacaran!

Main ke IKEA, Inilah 11 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Sana. Tempat Favorit Cari Perabot Sampai Buat Pacaran!

Sayangnya, sang pendiri, Ingvar Kamprad, meninggal dunia pada Sabtu, 27 Januari 2018 kemarin

Read more..

Lima kebiasaan Ingvar Kamprad yang hemat ini patut kamu teladani buat mewujudkan cita-cita mapan finansial. Satu lagi, Ingvar Kamprad membuktikan bahwa kebahagiaan juga bisa dicapai dengan cara yang sederhana.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingvar Kamprad, Pendiri IKEA Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun. Kebiasaan Finansial Semasa Hidupnya yang Tidak Biasa Ini Layak Jadi Teladan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

collecting stories

Silahkan login untuk memberi komentar