Jelang Peringatan 10 November, 7 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Surabaya. Siap-Siap Baper Ya!

Photo credit : nusakini

Jelang Peringatan 10 November, 7 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Surabaya. Siap-Siap Baper Ya!

1.7K
Bagi perantau atau orang-orang yang memiliki ikatan emosional dengan Surabaya, 7 hal ini pasti akan terbesit di benak mereka saat mengenang kota Surabaya. Apa saja? Simak yuk!

Setiap tahunnya, tanggal 10 November selalu diperingati sebagai hari pahlawan nasional. Penentuan hari pahlawan nasional sendiri dilatarbelakangi oleh peristiwa pertempuran 10 November 1945 antara rakyat Indonesia dan pasukan Britania Raya di Surabaya. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pihak asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kota Surabaya merupakan salah satu kota terpenting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Di kota ini banyak terjadi peristiwa bersejarah dan banyak pula tokoh-tokoh nasional yang lahir maupun berasal dari ibu kota provinsi Jawa Timur ini. Tidak heran jika Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan.

Mendekati tanggal 10 November seperti sekarang ini, banyak orang yang ingin menapak tilas sejarah Indonesia di kota Surabaya. Untuk perantau atau orang-orang yang memiliki ikatan emosional dengan Surabaya, 7 hal ini pasti akan terbesit di benak mereka saat mengenang kota Surabaya. Apa saja? Simak yuk!


1. Kisah heroik arek-arek Suroboyo

Selain peristiwa 10 November, Surabaya masih memiliki banyak kisah heroik di zaman kemerdekaan, sebut saja peristiwa perobekan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo di atas hotel Yamato yang kini telah berubah nama menjadi hotel Majapahit. Untuk mengenang sejarah dan menghargai pahlawan, setiap tanggal 19 September arek-arek Suroboyo dari berbagai latar belakang melakukan drama kolosal insiden bendera di sekitaran hotel Majapahit. Kamu sudah pernah menonton langsung drama kolosal tersebut belum, Sahabat Trivia?


Photo credit : nusakini


2. Bangunan bersejarah yang cantik

Kalau Sahabat Trivia berkesempatan mengunjungi Surabaya, pasti masih bisa menemukan bangunan bersejarah yang berdiri kokoh di berbagai sudut kota. Bangunan bersejarah peninggalan kolonial banyak ditemukan di daerah Surabaya utara, tepatnya di sekitar jembatan merah. Meski beberapa bangunan telah beralih fungsi sebagai pusat bisnis, perkantoran, maupun hunian pribadi, tapi bangunan-bangunan tersebut masih tetap terawat. Selain belajar sejarah, kamu juga bisa menjadikan bangunan-bangunan cantik ini sebagai objek foto lho!


Photo credit : mixedupalready


3. Kuliner yang uenak

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan Surabaya tanpa menyinggung soal kulinernya. Surabaya memang memiliki segudang kuliner dengan cita rasa khas yang selalu bikin kangen, sebut saja semanggi, lontong balap, rujak cingur, dan rawon. Eits, jangan lupa berkunjung ke daerah pesisir Kenjeran ya untuk menikmati lontong kupang, sate kerang, dan aneka krupuk khas berbahan dasar hasil laut. Satu lagi nih, untuk oleh-oleh kamu bisa bawakan kue spiku, kue lapis Surabaya, dan sambal udang untuk orang-orang terdekat.

Photo credit : JawaPos


4. Terik matahari yang menyengat

Beberapa orang yang baru pertama kali datang ke Surabaya harus menyesuaikan dengan terik matahari dan suhu udara yang panasnya minta ampun. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memang memiliki ratusan gedung pencakar langit dan ribuan kendaraan yang malang melintang di tiap sudut jalannya. Belum lagi letak Surabaya yang berada dekat dengan pesisir pantai membuat terik matahari begitu menyengat dan suhu udaranya bikin kita ingin selalu dekat dengan pendingin ruangan. Kira-kira panasnya Surabaya sebanding tidak ya dengan panasnya Jakarta?

Photo credit : goodnewsfromIndonesia


5. Fans sepak bola yang militan

Persebaya merupakan klub sepak bola kebanggan warga Surabaya. Pendukung Persebaya yang menamai dirinya dengan Bonek merupakan salah satu fans sepak bola yang sangat militan di Indonesia. Tidak heran jika Bonek akan menghijaukan tribun setiap kali Persebaya berlaga. Dahulu Bonek sering dianggap sebagai biang kerusuhan, namun seiring berjalannya waktu, Bonek telah mengubah image mereka sebagai supporter yang cinta damai dan mengutamakan kreativitas.


Photo credit : beritateratas


6. Bersahabat dengan umpatan

Bukan orang Surabaya jika belum mengumpat, itulah yang sering dikatakan orang mengenai perilaku sebagian warga Surabaya yang sering mengeluarkan umpatan. Tapi jangan berpikir bahwa orang Surabaya tempramental dulu ya, karena umpatan bagi mereka tidak selamanya merupakan ungkapan kekesalan atau kekecewaan. Beberapa umpatan sengaja dilontarkan sebagai salam persahabatan dan penunjuk keakraban, sehingga warga Surabaya menganggap umpatan adalah hal biasa dan tidak semerta-merta tersulut emosi jika ada orang yang mengumpat di depannya. Memang benar kata pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya ya, Sahabat Trivia!


Photo credit : catatan-backpacker


7. Silampukau yang selalu bikin baper

Hayo ngaku, siapa yang selalu memutar lagu-lagu milik Silampukau kalau lagi kangen Surabaya? Lagu-lagu milik band indie beraliran folk ini memang sebagian besar menceritakan kota Surabaya beserta lika-liku kehidupannya. Sebut saja judul-judul lagu yang ada dalam album Dosa, Kota, dan Kenangan, seperti Malam Jatuh di Surabaya, Puan Kelana, Si Pelanggan, Lagu Rantau, dan masih banyak lagi. Lagu-lagu tersebut bisa menjadi obat rindu bagi para perantau dan orang-orang yang memiliki kedekatan emosi dengan Surabaya, betul tidak?

Photo credit : lorongmusik

BACA JUGA


Tempat Bersejarah di Surabaya Ini Wajib Kamu Kunjungi! Cocok untuk Menambah Pengetahuan Sejarahmu Nih, Sahabat Trivia!

Tempat Bersejarah di Surabaya Ini Wajib Kamu Kunjungi! Cocok untuk Menambah Pengetahuan Sejarahmu Nih, Sahabat Trivia!

Selain karena peristiwa pertempuran antara arek-arek Suroboyo dan pasukan sekutu pada 10 November 1945, di kota Surabaya juga terdapat ...

Read more..

Itulah 7 hal yang akan membuatmu kangen dengan Surabaya. Mumpung mendekati peringatan 10 November, kamu berniat mengunjungi Surabaya tidak, Sahabat Trivia?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jelang Peringatan 10 November, 7 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Surabaya. Siap-Siap Baper Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar