Kabar Gembira! Kereta Api Bandara Hanya 30 Ribu Sudah Beroperasi. Informasi-Informasi Ini Perlu Kamu Catat Juga Nih!

photo credit: rayapos

Kabar Gembira! Kereta Api Bandara Hanya 30 Ribu Sudah Beroperasi. Informasi-Informasi Ini Perlu Kamu Catat Juga Nih!

686
Sebentar lagi, perjalanan kamu menuju Bandara Soekarno-Hatta akan lebih cepat dan mudah dengan beroperasinya kereta api bandara. Sederet informasi tentang KA ini perlu kamu catat nih!

Ada kabar gembira nih bagi kamu yang akan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta sudah siap beroperasi. Pengoperasian perdana sekaligus tahap uji coba KA ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di antara tanggal 1-3 Desember. Selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 31 Desember 2017, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Railink akan memberlakukan tarif promo yaitu sebesar Rp30 ribu. Tarif normal sebesar Rp100 ribu per penumpang akan mulai aktif terhitung 1 Januari 2018.

Nah, sebelum kamu menikmati fasilitas transportasi terbaru ini, ada baiknya kamu ketahui dulu nih informasi-informasi penting mengenai KA Bandara Soekarno-Hatta berikut.


KA Bandara Soekarno-Hatta hanya melayani penumpang di lima stasiun

photo credit: news.metrotvnews

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima Stasiun, yaitu: Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun, pada masa awal operasional, KA tersebut hanya akan melayani di dua stasiun terlebih dahulu, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Dilansir dari Republika, kereta pertama akan berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk kereta terakhir berangkat pada pukul 22.51 WIB dari Stasiun Sudirman Baru dan tiba di Bandara pukul 23.48 WIB.


Kapasitas penumpang sebanyak 33.000 setiap harinya!

photo credit: Tribunnews

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto menyatakan bahwa akan disediakan 10 rangkaian Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas penumpang sebanyak 33.000 orang setiap harinya. Setiap rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong kereta yang masing-masing mampu menampung 272 orang penumpang.


Waktu tempuh KA Bandara Soekarno-Hatta kurang dari satu jam saja!

photo credit: Liputan6

KA Bandara Soekarno-Hatta memiliki waktu tempuh yang relatif cepat, yaitu selama 55 menit dengan rentang waktu kedatangan kereta setiap 30 menit sekali. Dengan adanya kereta ini, kamu jadi nggak perlu terlalu terburu-buru kalau ingin menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Tapi jangan terlalu mepet juga ya, Sahabat Trivia!


Fasilitas KA Bandara Soekarno-Hatta dibuat layaknya fasilitas pesawat demi kenyamanan penumpang

photo credit: bisnisjakarta

Kalau kamu membayangkan keadaan di dalam kereta api bandara yang kurang nyaman dan berdesak-desakan, kamu nggak perlu khawatir. Selain memiliki kapasitas penumpang yang telah ditentukan, KA Bandara Soekarno-Hatta ini dirancang dengan sangat baik hingga menyerupai interior pesawat. Setiap kereta dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) serta kursi dengan sandaran tangan yang dapat diatur kemiringannya, pengisi daya (charging port), bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang, dan empat layar TV LED untuk hiburan serta memberikan informasi posisi kereta. Dalam setiap kereta juga disediakan toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Terdengar nyaman kan, Sahabat Trivia?


Kamu bisa memesan tiket lewat handphone kamu, lho

photo credit: WIkimedia Commons

PT Railink telah mengembangkan sistem sendiri untuk pembelian tiket KA Bandara Soekarno-Hatta. Sistem ini diberi nama Airport Railways Ticketing System (ARTS) dan dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi di telepon genggam, Internet booking, serta vending machine. Heru mengatakan bahwa vending machine telah disediakan di setiap stasiun yang dilayani KA Bandara Soekarno-Hatta, sementara untuk aplikasi dan Internet booking akan mulai diberlakukan pada hari peresmian awal Desember mendatang.

So, buat kamu yang akan bepergian lewat Bandara Soekarno-Hatta, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi akan terjebak macet dan terlambat check-in nih!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kabar Gembira! Kereta Api Bandara Hanya 30 Ribu Sudah Beroperasi. Informasi-Informasi Ini Perlu Kamu Catat Juga Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar