Kereadta, Ajakan Inspiratif untuk Gemar Membaca. Pernah Nggak Ngerasain Serunya Membaca di Dalam Kereta?

Indorelawan

Kereadta, Ajakan Inspiratif untuk Gemar Membaca. Pernah Nggak Ngerasain Serunya Membaca di Dalam Kereta?

187
Tentu banyak cara bisa dilakukan untuk membuat membaca sebagai hobi kamu. Salah satunya adalah melalui kegiatan Kereadta ini nih. Kayak apa sih kegiatan Kereadta itu?

Sahabat Trivia, siapa di antara kamu yang gemar membaca buku nih? Membaca memang suatu kegiatan yang bisa dibilang menyenangkan. Hanya melalui membaca, kamu bisa seolah menjelajahi dunia ini. Membaca juga sebagai salah satu media yang pas untuk mengembangkan imajinasi loh. Banyak hal yang bisa kamu lakukan jika memulainya dengan membaca. Nggak percaya? Tengok deh beberapa tokoh dunia yang terkenal pasti memiliki kegemaran membaca. Kalau kamu suka membaca, pasti kamu jauh memiliki banyak ilmu dan wawasan daripada temanmu yang tidak suka membaca. Selain itu, kamu punya kesempatan untuk selalu selangkah lebih maju dibandingkan teman-temanmu yang lain.

Namun, membaca belum bisa jadi kebiasaan yang dilakukan oleh semua orang, apalagi di Indonesia. Banyak sekali alasan mengapa orang tidak suka membaca. Mulai dari membosankan, malas baca, hingga mengantuk kalau terlalu lama membaca. Padahal, membaca adalah kegiatan yang mengasyikkan. Tentu banyak cara bisa dilakukan untuk membuat membaca sebagai hobi kamu. Salah satunya adalah melalui kegiatan Kereadta ini nih. Kayak apa sih kegiatan Kereadta itu? Nah, sebelum menjawab rasa penasaranmu, simak dulu yuk ulasan tentang membaca berikut ini! Jangan lupa buat siap-siap ikutan Kereadta juga ya!


Minat membaca orang Indonesia yang masih rendah

Global Giving

Sahabat Trivia, tahukah kamu kalau minat membaca orang Indonesia masih rendah? Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara dalam hal minat membaca. Indonesia hanya memiliki 0,001% masyarakat yang gemar membaca. Bisa kamu bayangkan, sedikit sekali bukan orang yang suka membaca di Indonesia? Padahal, membaca bukanlah kegiatan yang sukar dilakukan karena bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam transportasi umum.


Jadikan kegiatan membaca sebagai hal yang menyenangkan

Shutterstock

Di sela-sela waktumu yang terasa padat, jadikan membaca sebagai hal yang menyenangkan. Bagaimana caranya? Sebenarnya mudah kok. Kalau kamu rajin membawa satu buku saja ke mana pun kamu pergi, kamu pasti akan tergerak untuk membaca. Kamu bisa membaca saat menunggu bus atau kereta datang. Kamu juga dapat merasakan nikmatnya membaca saat traveling. Bahkan, kamu bisa jadikan membaca sebagai agenda wajib kamu sebelum tidur juga. Nah, banyak cara untuk membuat membaca menjadi hal yang mengasyikkan kan?


Di luar negeri, membaca di kereta sudah jadi kebiasaan loh

Pinterest

Tentu kamu sudah sering kan melihat orang luar negeri lebih mudah membaca di mana saja daripada di Indonesia? Kereta adalah salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk membaca. Kenapa? Orang luar negeri terbiasa menggunakan kereta sebagai alat transportasi mereka. Tentu banyak waktu yang mereka habiskan selama menempuh perjalanan dengan kereta. Nah, di waktu yang cukup panjang itulah, mereka membiasakan diri untuk membaca. Jadi, membaca bukan lagi menjadi hal yang berat dilakukan karena itu sudah menjadi kebiasaan mereka. So, jangan heran kalau orang luar negeri cenderung lebih maju daripada kita. Hal kecil seperti membaca saja sudah mereka jadikan kebiasaan.


Kereadta, sebuah kegiatan positif dan asyik dalam membaca yang bisa kamu ikuti

Relawan Kereadta 2018

Sahabat Trivia, pernah mendengar kegiatan bernama Kereadta? Kereadta merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Lokomotim (Taman Baca Inovator, Indoreadgram, dan Booktube Indonesia) yang bertujuan untuk mengajak para penumpang kereta agar memiliki kesadaran tentang pentingnya membaca. Di dalam Kereadta ini, relawan yang ada di tiap gerbong akan mengajak penumpang untuk membaca. Melalui Keredta ini, diharapkan budaya suka membaca juga mulai tumbuh di Indonesia. Setelah sukses di tahun lalu, tahun ini pun Kereadta tetap diadakan loh. Para relawan sudah siap buat acara bulan ini nih! Kira-kira kayak apa ya acaranya?


Nah, sudah siap untuk ikutan Kereadta 2018 nanti?

Buat kamu yang penasaran Keredta itu kayak apa, catat tanggalnya nih! Keredta 2018 akan diselenggarakan Minggu, 22 April 2018, bertepatan dengan Hari Buku Sedunia. Kegiatan yang bertajuk Ketika Kereta Menjadi Tempat yang Menyenangkan untuk Membaca! ini bergerak dari Stasiun Jakarta Kota menuju Universitas Indonesia. Ratusan relawan literasi akan mengajak para penumpang KRL untuk ikut juga membaca buku di kereta. Selain itu, ada juga acara bertajuk Merajut Sastra dan Literasi bersama Kereadta. Di situ akan banyak narasumber keren seperti Nirwan Ahmad Arsuka, Abinaya Ghina Jameela, Yona Primadesi, Andry Setiawan, Lia Indra Andriana, dan masih banyak lagi. Kereadta merupakan aksi nyata untuk terus mendorong semangat semua orang dalam membangun minat baca di Indonesia. Wah, kamu harus ikutan acara ini nih, Sahabat Trivia!


BACA JUGA


Foto-Foto Ini Buktikan Banyak Netizen Indonesia Darurat Membaca. Bikin Geregetan Banget!

Foto-Foto Ini Buktikan Banyak Netizen Indonesia Darurat Membaca. Bikin Geregetan Banget!

Banyak netizen Indonesia yang kerap malas atau nggak membaca penjelasan yang sudah tertulis dan malah bikin orang lain geleng-geleng kepala ...

Read more..

Pastikan kamu ikutan Keredta 2018 tanggal 22 April besok ya! Ajak juga teman-teman kamu biar makin seru. Yuk, budayakan gemar membaca mulai dari sekarang, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kereadta, Ajakan Inspiratif untuk Gemar Membaca. Pernah Nggak Ngerasain Serunya Membaca di Dalam Kereta?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar