Kerusuhan Mako Brimob Sempat Meresahkan Warga. Ini Kronologinya yang Perlu Kamu Tahu!

Beritagar

Kerusuhan Mako Brimob Sempat Meresahkan Warga. Ini Kronologinya yang Perlu Kamu Tahu!

414
Indonesia dihebohkan dengan peristiwa kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob pada Selasa (08/05) malam lalu. Berikut kronologi perisitiwanya yang Trivia rangkum dari beberapa sumber.

Tiga hari belakangan ini Indonesia dihebohkan dengan peristiwa kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob pada Selasa (08/05) malam lalu. Kerusuhan ini melibatkan antara narapidana teroris dengan polisi. Sebelumnya, begitu banyak kabar simpang siur mengenai peristiwa ini. Bahkan, sempat ada isu keterlibatan ISIS dalam persitiwa ini. Namun, Mabes Polri segera memberikan klarifikasi mengengai kronologi kerusuhan di Mako Brimob tersebut. Sahabat Trivia, seperti apa sih kronologi yang sebenarnya terjadi di peristiwa kemarin? Berikut kronologi yang Trivia rangkum dari beberapa sumber. Simak baik-baik ya!


Awal mula pemicu kerusuhan Mako Brimob

Tribun Medan

Dilansir dari Tirto.id, kejadian kerusuhan di Mako Brimob dipicu karena persoalan makanan narapidana pada Selasa malam (08/05). Petugas rutan kala itu sedang memeriksa makanan yang ada di rutan untuk memastikan bahwa rutan steril. Namun, keributan justru terjadi di saat pemeriksaan tersebut berlangsung. Seorang narapidana yang diduga memetik pertengkaran adalah seorang narapidana teroris. Kerusuhan antara para narapidana dan petugas rutan pun akhirnya tidak tehindarkan.


Penyanderaan anggota polisi yang dilakukan oleh narapidana teroris

Beritagar

Kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob menyebabkan para narapidana teroris justru malah menyandera enam anggota polisi. Selain itu, senjata para polisi tersebut juga direbut oleh narapidana. Akibat kejadian ini, Mabes Polri langsung mangamankan rutan Mako Brimob agar kerusuhan tidak meluas. Selain itu, seluruh blok tahanan di sana langsung diamankan oleh Polri. Tak hanya itu, dilansir dari detik.com, akses jalan di depan Mako Brimob pun ditutup hingga Rabu pagi (09/05).


Kerusuhan ini menyebabkan enam orang tewas, lima di antaranya adalah anggota polisi

Kabar News

Akhirnya, pada Rabu (09/05), pihak Mabes Polri memberikan klarifikasi mengenai kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob. Dijelaskan bahwa dalam tragedi tersebut, terdapat enam orang yang menjadi korban. Satu korban merupakan seorang narapidana bernama Abu Ibrahim alias Beny Syamsu. Sementara kelima korban lain merupakan anggota polisi, yaitu Bripda Syukron Fadhli, Ipda Yudi Rospuji, Briptu Fandy, Bripka Denny, dan Bripda Wahyu Catur Pamungkas. Kelima anggota polisi yang gugur kemudian diberi pangkat anumerta oleh presiden.


Satu sandera polisi akhirnya dibebaskan oleh para narapidana teroris

Jawa Pos

Salah satu sandera polisi, yaitu Bripka Iwan Sarjana, akhirnya dibebaskan oleh para narapidana teroris pada Kamis dini hari (10/05). Bripka Iwan Sarjana sempat mengalami beberapa luka memar di bagian wajahnya. Sementara itu, sebanyak 155 narapidana masih bertahan dan enggan menyerahkan diri pada polisi.


Drama penyanderaan di Mako Brimob akhirnya berhasil. Sebanyak 155 napi teroris yang terlibat dipindahkan ke Nusakambangan

Tribun News

Polisi pun memberikan ultimatum pada narapidana untuk menyerahkan diri pada waktu Kamis (10/05) pagi. Hasilnya adalah sebanyak 145 orang berhasil menyerah tanpa syarat, sementara 10 orang tersisa memilih bertahan dan masih memegang senjata. Polisi pun mau tak mau melakukan serbuan terencana kepada 10 orang yang tersisa tersebut. Akhirnya sepuluh narapidana teroris tersebut menyerah dan polisi menyatakan operasi penangangan kerusuhan di Mako Brimob selesai pukul 07.15. Narapidana teroris yang terlibat dalam kerusuhan ini pun dipindahkan ke Nusakambangan.


BACA JUGA


Heboh Tragedi Ojek Online di Underpass Senen. Berikut Ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Heboh Tragedi Ojek Online di Underpass Senen. Berikut Ini 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui!

Kecelakaan yang dialami salah satu pengemudi ojek online tampaknya berbuntut panjang. Simak fakta-faktanya di bawah ini, yuk

Read more..

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi ya, Sahabat Trivia. Mari kita doakan agar kondisi Indonesia tetap kondusif meski kerusuhan kemarin sempat menimbulkan kecemasan banyak orang.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kerusuhan Mako Brimob Sempat Meresahkan Warga. Ini Kronologinya yang Perlu Kamu Tahu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jessica Dima | @jessicadima

Supervisor QC yang demen nulis sejak SD. Penikmat buku, musik, dan film. Masih demen nulis di sela-sela rutinitas di kantor dan pabrik. Kunjungi segala tulisan randomnya di www.agensherlockholmes.com

Silahkan login untuk memberi komentar