Keunikan Perayaan Isra Miraj di Beberapa Daerah. Masih Ingat Nggak Dulu Waktu Kecil, Isra Miraj Biasanya Ngapain Aja?

YouTube

Keunikan Perayaan Isra Miraj di Beberapa Daerah. Masih Ingat Nggak Dulu Waktu Kecil, Isra Miraj Biasanya Ngapain Aja?

249
Hari ini (14/04), umat muslim merayakan Isra Miraj. Sahabat Trivia, tahukah kamu bahwa ternyata ada tradisi yang unik di masing-masing daerah dalam merayakan Isra Miraj?

Hari ini (14/04), umat muslim merayakan Isra Miraj. Isra Miraj perjalanan semalam Nabi Muhammad SAW yang mendapat perintah dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam. Pada dasarnya, Isra dan Miraj adalah dua peristiwa yang berbeda. Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem, sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Namun, karena terjadi bersamaan maka lazim disebut Isra Miraj.

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim. Tak salah jika Isra Miraj juga dirayakan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Sahabat Trivia, tahukah kamu bahwa ternyata ada tradisi yang unik di masing-masing daerah dalam merayakan Isra Miraj? Simak ya beberapa tradisi unik Isra Miraj berikut ini! Bisa jadi tradisimu masuk di dalamnya.


Rejeban peksi buraq, Yogyakarta

Kraton Jogja

Burung buraq disimbolkan sebagai kendaraan Nabi Muhammad yang terbuat dari kulit jeruk bali. Burung buraq tersebut dibawa oleh abdi dalem Kaji Selusin dari Bangsal Kencana Kraton Yogyakarta menuju serambi Masjid Gede Kauman. Burung buraq tersebut diletakkan di atas gunungan yang berisi berbagai macam buah-buahan. Gunungan buah tersebut akan dibagikan kepada jemaah masjid usai pengajian.


Rajaban, Cirebon

Merah Putih

Lain halnya dengan tradisi Isra Miraj di Cirebon. Pada saat Rajaban, orang-orang berziarah ke makam penyebar ajaran agama Islam, yakni Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan yang terdapat di Plangon. Selain itu, Keraton Kasepuhan juga biasanya menggelar pengajian untuk umum. Biasanya akan dilakukan tradisi membagikan nasi bogana kepada warga keraton, kaum masjid, abdi dalem, dan masyarakat mager sari.


Nyadran desa, Siwarak

Tribun News

Dalam nyadran akan ada kirab budaya berupa pengarakan replika hewan badak Siwarak, gunungan berisi buah dan sayuran dari hasil bumi pertanian penduduk, alat musik lesung, permainan tradisional thek thek, dan pawai drum band. Setelah kirab biasanya akan ada penampilan pencak silat dan tarian juga.


Nganggung, Bangka

Sekaput Ancup

Ada yang unik datang dari Bangka nih. Saat Isra Miraj, orang-orang akan membawa makanan dari rumah masing-masing dengan dulang atau rantang. Makanan yang dibawa bisa berupa kue, buah, nasi, dan lauk pauk.


Bagaimana dengan perayaan Isra Miraj-mu nih, Sahabat Trivia?

YouTube

Waktu kamu kecil, biasanya akan ada pengajian di masjid dekat rumahmu. Pasti ingat dong betapa serunya kamu bisa mengaji bersama teman-temanmu? Ada juga nih yang ikutan pesantren kilat di sekolah jelang Isra Miraj. Nah, kira-kira masa kecilmu dulu gimana nih?


BACA JUGA


Tradisi Unik Maulid Nabi di Berbagai Daerah Indonesia. Perayaan Sekaligus Objek Wisata Nih!

Tradisi Unik Maulid Nabi di Berbagai Daerah Indonesia. Perayaan Sekaligus Objek Wisata Nih!

Ternyata di beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik saat merayakan Maulid Nabi. Yuk, lihat berbagai budaya di Indonesia

Read more..

Ternyata unik juga ya perayaan Isra Miraj di Indonesia. Semoga tradisi tadi tetap terpelihara di daerah masing-masing ya. Tugas kamu untuk melestarikannya nih, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Keunikan Perayaan Isra Miraj di Beberapa Daerah. Masih Ingat Nggak Dulu Waktu Kecil, Isra Miraj Biasanya Ngapain Aja?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar