Kisah Sukses Tokoh Dunia Pilihan Trivia yang Pernah Gagal Ketika Masa Mudanya. Dari Mereka Kita Belajar untuk Tidak Mudah Menyerah!

Photo credit: Hollywood Punch Report

Kisah Sukses Tokoh Dunia Pilihan Trivia yang Pernah Gagal Ketika Masa Mudanya. Dari Mereka Kita Belajar untuk Tidak Mudah Menyerah!

601
Dari para tokoh ini, kita belajar bahwa kesuksesan bisa dimiliki oleh siapa saja asal ingin bekerja keras dan pantang menyerah, tentu kesempatan untuk sukses semakin besar.

Bukan hal mudah untuk bisa menjadi seseorang yang sukses. Perlu adanya usaha, kerja keras, dan mental pantang menyerah untuk menggapai kesuksesan tersebut. Hal itu pula yang dilakukan oleh beberapa tokoh dunia yang kini kesuksesannya bahkan selalu menjadi buah bibir banyak orang. Mungkin sebagian besar dari kita berharap segala hal baik akan bermunculan saat usia kita masih 20an. Namun, manusia memang pandai berencana, hanya saja terkadang Tuhan berkehendak lain.

Menjadi mahasiswa yang sebelumnya di-drop out dari kampus, menjalani kehidupan yang serba kesulitan sebelumnya, bekerja serabutan agar mendapatkan penghasilan dan dapat bertahan hidup, nampaknya memang menjadi perjalanan hidup yang harus dilalui orang orang-orang yang akhirnya sukses ini.

Nah, berikut ini 5 kisah tokoh dunia yang pernah gagal saat masa mudanya namun kini sudah sukses dan karyanya diakui oleh dunia.


1. Kolonel Sanders

Photo credit: eater

Kalau mendengar nama Kolonel Sanders tentu kamu akan mengingat ayam tepung yang kini sudah ada di seluruh belahan dunia. Kolonel Sanders merupakan pria di balik suksesnya usaha franchise KFC (Kentucky Fried Chicken). Selama masa mudanya hingga usianya mencapai 40 tahun, Kolonel Sanders merintis usaha bengkel. Pria yang memiliki nama lengkap Kolonel Harland Sanders ini lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Saat usianya baru 6 tahun, ayahnya meninggal dunia dan sang ibu sudah tidak mampu lagi bekerja. Sehingga ia harus bekerja sekaligus menjaga adiknya yang saat itu berusia 3 tahun.

Di usianya yang masih sangat muda, ia sudah menunjukkan kebolehannya dalam bidang kuliner. Ia pandai memasak dan menjadi juru masak di beberapa restoran. Ia juga pernah menjadi tukang parkir saat usianya baru 15 tahun, kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba.

Saat usianya 65 tahun ia pensiun dari Angkatan Darat Amerika Serikat, Sanders hanya mengandalkan uang tunjangan pensiunnya yang semakin hari, semakin menipis. Akhirnya ia memikirkan, bagaimana agar ia dapat bertahan hidup. Kemudian ia menawarkan resep ayam gorengnya kepada seorang teman.

Temannya sebenarnya menyukai ayam goreng yang ia buat, hanya saja saat ia menawarkan resep tersebut ke restoran, banyak sekali yang menertawai dan menolak idenya. Sebanyak 1009 kali Sanders mendapatkan penolakan.

Selama 2 tahun ia menjelajah Amerika bersama mobil tuanya. Kemudian, setelah ia mendengar 1009 kali kata "Tidak", pada tawaran 1010 ia mendengar kata "Iya" dari salah satu restoran.


2. Vincent van Gogh

Photo credit: tn8 tv

Banyak rumor yang beredar tentang Vincent van Gogh. Mulai dari kisah di balik telinganya yang diiris hingga rumor tentang kematiannya yang bunuh diri bahkan dibunuh. Namun, terlepas dari semua itu, sejak muda pelukis yang namanya justru terkenal setelah ia tiada ini malah tidak pernah terlibat atau bekerja menjadi pelukis atau seniman. Namun ketika usianya 28 tahun, tiba-tiba ia ingin menjadi seorang pelukis.

Van Gogh ramai dibicarakan karena perjalanan hidupnya yang cukup menarik. Ia bahkan pernah dipaksa oleh keluarganya untuk dirawat di rumah sakit jiwa. Van Gogh memang memiliki masalah dengan mental dan emosinalnya. Namun Theo, sang adik menyatakan bahwa ia dan istrinya bisa merawat Van Gogh dengan baik.

Terlepas dari semua rumor yang beredar, meski masa mudanya tertarih dan tidak ada satu pun orang yang mau membeli lukisannya, setelah meninggal justru 2000 buah karyanya ini mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang cukup besar. Kini Van Gogh hanya dapat kamu lihat melalui lukisan-lukisannya yang mendunia.


3. Susi Pudjiastuti

Photo credit: Indowarta

Susi Pudjiastuti memang terkenal dengan perangainya yang tegas. Menteri yang satu ini mungkin satu-satunya yang hanya bermodalkan ijasah SMP. Namun, bukan berarti ia tidak layak berada di posisi tersebut. Justru, sejak Ibu Menteri yang satu ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, laut Indonesia lebih terjaga. Ia sebenarnya pernah mencicipi bangku SMA, namun sayangnya ia harus di-drop out karena satu dan lain hal. Sejak berhenti sekolah, ia memilih untuk membuka usaha.

Susi memang ingin hidup mandiri dan tidak tergantung pada bahu orang lain. Jadi, masa mudanya ia manfaatkan untuk berdagang.

"Masa-masa itu untuk bertahan hidup saya jualan bed cover, cengkeh, hingga akhirnya menjual ikan hasil tangkapan para nelayan. Pokoknya apa saja yang bisa saya kerjakan akan saya kerjakan." Kenangnya.

Kisah masa mudanya yang pantang meyerah hingga membuatnya kini menjadi seorang menteri sangat menarik sekali. Sosok perempuan yang mandiri dan peduli dengan lingkungan juga sesama, tertanam teguh pada dirinya hingga saat ini. Tidak heran kalau terjadi sesuatu dengan laut dan asetnya, Susi tidak segan untuk menenggelamkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut!


4. Stan Lee

Photo credit: Hollywood Punch Report

Kamu pasti tidak asing dengan nama Stan Lee bukan? Ia merupakan tokoh di balik para superhero yang menjadi idaman kamu selama ini. Stan Lee adalah pencipta karakter pahlawan super seperti, Spider-Man, X-Man, dan Hulk. Mereka merupakan kreasi brilian seorang komikus sekaligus pengusaha di bidang hiburan, Marvel itu.

Stan Lee terus membuat karakter dan tokoh-tokoh komik sejak usianya masih sangat muda. Namun, ternyata butuh waktu lama hingga 43 tahun sampai akhirnya ia meraih kesuksesannya. Bahkan seperti yang Sahabat Trivia ketahui, beberapa karakter ciptaannya telah difilmkan dan mendulang kesuksesan loh!

Kesuksesannya tidak hanya terkenal di negaranya saja, namun hingga ke seluruh belahan dunia.


5. Mark Zuckerberg

Photo credit: Daily Mirror

Jangan tanya bagaimana jatuh bangun perjuangan Mark Zuckerberg saat masa muda hingga kini dirinya menjadi pendiri dari Facebook, media sosial yang berhasil membuat orang-orang dari berbagai belahan dunia ini saling menyapa. Masa muda Mark ternyata tidak seindah yang tampak saat ini. Saat masih muda, Mark pernah di-drop out dari Harvard. Namun, seperti mengikuti jejak seniornya Bill Gates yang juga di-drop out dari universitas yang sama dengannya, Mark bergelut dengan usahanya menciptakan situs jejaring media sosial, Facebook.

Awalnya yang menggunakan Facebook hanyalah mahasiswa kampusnya saja. Namun, Mark tidak puas sampai di sana. Ia semakin mengembangkan karyanya ini hingga kini sudah digunakan oleh lebih dari dua miliar pengguna selama periode ke-13 tahun ini.

Semangat dan optimisme yang dimiliki oleh Mark ini bisa dijadikan contoh yang sangat baik. Setelah ia di-drop out dari kampus, tak lantas membuatnya menyerah dengan hidup, namun justru ia bangkit dan meneruskan misinya dengan membuat situs jejaring sosial, Facebook.

BACA JUGA


Kisah Suram William James Sidis: Si Genius yang Hidup dalam Pengasingan Sampai Akhir Hidupnya

Kisah Suram William James Sidis: Si Genius yang Hidup dalam Pengasingan Sampai Akhir Hidupnya

Layaknya setiap hal lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, memiliki IQ tinggi ternyata tidak selalu berarti seseorang akan sukses dan ...

Read more..

Menuju sukses memang tidaklah mudah. Dari para tokoh di atas kita belajar tentang kejujuran. Jujur dengan apa yang kita miliki, jujur dengan apa yang kita minati. Dengan jujur dengan apa yang kamu minati, kamu akan menjalaninya dengan senang hati, meski sulit, selalu ada motivasi yang membuat kamu kembali ingin menggelutinya. Jika saat ini kamu sedang merasakan kegagalan akan sesuatu, percayalah jika kamu jujur, bekerja keras, dan pantang menyerah, maka kesuksesan akan menghampiri kamu.

Semangat terus ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kisah Sukses Tokoh Dunia Pilihan Trivia yang Pernah Gagal Ketika Masa Mudanya. Dari Mereka Kita Belajar untuk Tidak Mudah Menyerah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar