Mengawali Tahun Baru dengan Berbuat Kebaikan Sederhana Yuk! Aksi 7 Manusia Bak Malaikat Berikut Ini Patut Dicontoh Nih!

Image source: People

Mengawali Tahun Baru dengan Berbuat Kebaikan Sederhana Yuk! Aksi 7 Manusia Bak Malaikat Berikut Ini Patut Dicontoh Nih!

281
Mau berubah tapi masih bingung memulainya dari mana? Dapatkan inspirasinya dari orang-orang baik hati ini, Sahabat Trivia.

Selepas dari malam pesta perayaan tahun baru 2018 yang hingar bingar, alangkah baiknya jika kita juga memperbarui sikap sehingga menjadi pribadi yang lebih baik dari hari-hari kemarin. Belum terlambat bagi kamu untuk terus memperbaiki diri, apalagi ini masih bulan pertama dari dua belas bulan yang ada di tahun ini.

Mau berubah tapi masih bingung memulainya dari mana? Dapatkan inspirasinya dari orang-orang baik hati ini, Sahabat Trivia. Mereka adalah orang-orang biasa di sekitar kita yang menunjukkan bahwa dunia itu indah jika kita peduli pada sesama.


1. Bocah 2 tahun berikan permen yang dibeli pakai uang jajannya kepada petugas pemadam kebakaran

Image source: thisisinsider

Namanya Dawson dan ia mendapat iming-iming uang jajan sebesar 5 dolar jika berperilaku baik selama belanja bersama orang tuanya di swalayan. Uang itu berhasil ia dapatkan lalu digunakan untuk membeli minuman dan permen. Ia kemudian melihat sekelompok pertugas pemadam kebakaran lengkap dengan seragamnya di sana. Saat itulah tergerak hatinya untuk memberikan permennya kepada mereka. Menerima kebaikan dari Dawson, para petugas pemadam kebakaran pun memeluknya dengan hangat. Saat ditanya apa yang Dawson inginkan untuk malam Natal, ia pun menjawab bahwa dirinya ingin menjadi petugas pemadam kebakaran.

“We have room for you buddy; we can give you an application now!” Jawab seseorang di antara mereka dan membuat semuanya tergelak.

Kisah ini disampaikan oleh Summer Aldridge, orang tua Dawson melalui Facebook Love What Matters.


2. Gerakan #DoSomethingForNothing yang menginspirasi gerakan serupa

Image source: Elle nl

Josh Coombash adalah seorang hair stylist asal Inggris. Ia memberikan jasa potong rambut bagi para gelandangan dengan harapan semakin terhubung dengan sesama. Sembari memangkas dan memotong rambut, ia mendengarkan cerita dan keluh kesah mereka. Melihat senyum mereka usai mendapatkan potongan rambut baru yang lebih rapi, membuatnya merasa lebih hidup.


Image source: People

Aksinya kemudian menginspirasi orang lain seperti Chris Leamy yang kemudian bergabung dengannya namun dengan aksi berbeda. Chris Leamy dengan aksinya yang bertajuk #HePlayForMe menggunakan kekuatan musik untuk mengumpulkan uang bagi mereka yang membutuhkan sekaligus menghibur orang-orang.


Image source: themensgroomer

Hal serupa juga dilakukan oleh Jason Schneidman, hair stylist artis-artis Hollywood sekaliber Rob Lowe dan Bruno Mars. Keahliannya dalam menata rambut tak hanya ia gunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang, melainkan juga untuk mengubah penampilan para tuna wisma. Ia percaya bahwa potongan rambut yang rapi berpengaruh pada penampilan dan perilaku si pemilik rambut itu sendiri maupun pandangan orang lain terhadap mereka.


3. Enam anak laki-laki bersaudara yang rela diolok-olok ketika memanjangkan rambut demi membuat wig untuk anak-anak penderita kanker

Image source: BoredPanda

Phoebe Cannisto beserta enam anak laki-lakinya, Andre, si kembar Silas dan Emerson, serta si kembar tiga Herbie, Reed, dan Dexter punya misi bersama memanjangkan rambut untuk didonasikan pada anak-anak penderita kanker yang kehilangan rambut.


Image source: BoredPanda

Mereka menunggu selama lima tahun sampai akhirnya rambut tersebut tumbuh panjang. Sebagian dari bocah ini di-bully teman-temannya di sekolah karena memiliki rambut panjang. Namun mereka tidak terpengaruh dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Mendengar kisah anak-anak ini, pihak salon tempat mereka memangkas rambut menolak untuk dibayar. Akhirnya, mereka berhasil mengumpulkan rambut sepanjang 5 meter untuk kemudian dijadikan wig dan diserahkan pada anak-anak penderita kanker.


4. Ajakan #TumpukdiTengah

Courtesy: Youtube channel Ceriteranya

Bermula dari rasa ingin meringankan pekerjaan para pramusaji, Edward Suhadi bersama dengan Ceritera, membuat ajakan positif bertajuk #TumpukdiTengah melalui sebuah video. #TumpukdiTengah merupakan aksi untuk menumpuk semua piring dan mangkuk yang sudah selesai digunakan setiap kali makan di restoran atau warung makan. Dengan demikian, pramusaji bisa langsung mengambil tumpukan piring kotor sehingga pekerjaannya pun lebih cepat selesai. Ini dinilai sangat membantu, terutama pada jam kunjung yang ramai.


5. Kisah-kisah penyelamatan hewan

Image source: Twitter/ghraaib

Tengok kembali dua pemuda Norwegia yang membahayakan diri mereka sendiri untuk menyelamatkan seekor domba yang terpeleset ke dalam laut.


Image source: BuzzFeed

Lalu dua bocah ini yang juga bahu-membahu dalam menyelematkan anjing yang terjatuh ke dalam sungai.


Image source: BuzzFeed

Serta seorang penduduk yang membawa kucing-kucing ini ke tempat yang lebih kering saat banjir di kota Cuttack, India

Domba, anjing, kucing, dan binatang lainnya juga makhluk hidup sama seperti kita. Menyelamatkan mereka juga berarti menjalankan nilai-nilai kemanusiaan.


6. Sebanyak 400 murid menyanyikan lagu untuk gurunya yang berjuang melawan penyakit kanker

Image source: Christ Presbyterian Academy, FB Tim McGraw

Ben Ellis yang biasa mengajar Bahasa Latin dan Bibel di sebuah SMA Kristen di Nashville tak lagi bisa menjalankan rutinitasnya di sekolah karena penyakit kanker. Pihak sekolah kemudian menghentikan proses belajar mengajar, mengakomodasi banyak bus, dan mengajak para murid beserta staf sekolah untuk menjenguknya.

Sesampainya di sana mereka berdoa bersama demi kesembuhan Ben Ellis. Sesuai kepercayaan, mereka pun menyanyikan serenade untuk sang guru. Berselang beberapa hari kemudian, Ben Ellis wafat setelah dijenguk murid-muridnya tersebut.


7. Emma Watson mendorong minat baca orang dengan meletakkan buku di tempat-tempat tersembunyi

Image source: Top News

Emma tak jauh beda dengan karakter Hermione yang selama bertahun-tahun ia perankan, pintar, suka membaca, dan peduli pada orang lain. Aktris yang juga merupakan duta PBB yang menyuarakan kesetaraan gender ini kemudian melakukan aksi agar kita semakin awas dengan isu-isu feminis. Emma meletakkan buku-buku yang berkaitan dengan feminis di tempat-tempat tersembunyi di kota-kota yang ia kunjungi seperti New York, Paris, dan London. Dibantu oleh komunitas Book Fairies, buku-buku yang disertai dengan catatan khusus dari Emma Watson tersebut juga disebar ke banyak kota di berbagai negara, mulai dari Milan, Copenhagen, Tokyo, Buenos Aires, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA


Begini Rasanya Mengalami Kepepet Tidak Ada Uang. Di Tengah Kebingungan yang Ada, Aku Bersyukur di Dunia Ini Masih Ada Orang Baik

Begini Rasanya Mengalami Kepepet Tidak Ada Uang. Di Tengah Kebingungan yang Ada, Aku Bersyukur di Dunia Ini Masih Ada Orang Baik

Kadang di dunia yang makin modern ini, kita sempat berpikir masih adakah kepedulian dari orang-orang sekitar

Read more..

Nah, dunia memang jadi lebih indah jika kita peduli pada sesama, kan? Melalui mereka kita tahu bahwa tindakan heroik juga bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana. Jika ingin melakukan perubahan di tahun yang baru ini, cukup mulai dari hal-hal kecil dan sederhana namun lakukan dengan hati yang tulus. Dengan demikian kita bisa menyongsong hari-hari yang baru dengan perasaan tenang dan senang.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengawali Tahun Baru dengan Berbuat Kebaikan Sederhana Yuk! Aksi 7 Manusia Bak Malaikat Berikut Ini Patut Dicontoh Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

collecting stories

Silahkan login untuk memberi komentar