Menurut Para Ilmuan, Menyimpan Smartphone di 5 Tempat Ini Bisa Bahayakan Gadget dan Kesehatanmu!

photo credit: Skype Support

Menurut Para Ilmuan, Menyimpan Smartphone di 5 Tempat Ini Bisa Bahayakan Gadget dan Kesehatanmu!

453
Hayo, siapa yang mati kutu kalau smartphone-mu low-bat saat sendiri di tempat umum? Bukan hanya ke luar rumah, di kamar mandi sekalipun smartphone kerap dibawa.

Siapa sih yang hari ini belum bawa smartphone ke mana-mana? Smartphone bagai dompet kedua, yang jika tertinggal membuat pemiliknya bersedia balik lagi ke rumah. Hayo, siapa yang mati kutu kalau smartphone-mu low-bat saat sendiri di tempat umum? Bukan hanya ke luar rumah, di kamar mandi sekalipun smartphone kerap dibawa. Waduh, padahal sebetulnya kamu tak boleh sembarangan meletakan smartphone, loh. Bukan hanya berbahaya untuk ponsel yang kamu punya, tapi juga bisa mengancam kesehatanmu. Berikut daftar tempat yang bahaya untuk ponselmu.


1. Saku belakang celana

photo credit: The Sun

Biasanya, para laki-laki nih yang gemar menyimpan ponsel di sini. Ada banyak alasan menyimpan ponsel di saku celana belakang sebaiknya tak dilakukan. Pertama, hampir seluruh ponsel merupakan touch screen, meletakan ponsel di saku celana belakang memungkinkan ponsel tak sengaja menghubungi nomor emergency. Belum lagi, jika penggunanya lupa dan tak sengaja duduk begitu saja hingga layar ponsel retak.

Selain itu, ponsel yang diletakan di saku celana mudah terlihat orang lain, tapi sulit dilihat oleh sendiri, sehingga bisa memberi kesempatan untuk orang yang memilki niatan jahat. Tak hanya itu, ternyata meletakan smartphone di saku celana dapat menimbulkan rasa sakit di perut dan kaki.


2. Saku depan celana

photo credit: Daily Mail

Beberapa jenis smartphone memang pas sekali jika disimpan di saku depan celana. Kamu juga bisa mudah meraihnya jika smartphone diletakan di sini. Tapi, tahukah kamu bahwa sebuah penelitian menunjukkan adanya radiasi elektromagnetik yang bisa memberi dampak negatif bagi kesehatan terutama bagi kualitas dan kuantitas sperma laki-laki.


3. Melekatkan layar smartphone langsung pada kulit wajah

photo credit: Skype Support

Walau tak terlihat secara jelas, layar monitor mengandung banyak sekali bakteri loh. Jika kamu menerima atau melakukan panggilan telepon, usahakan gunakan headset atau memberi jarak smartphone dengan wajah minimum 0.5-1.5 cm. Nah, bisa jadi kebiasaan melekatkan layar smartphone di wajah nih yang menjadi penyebab mudahnya timbul jerawat di wajahmu.


4. Melekat pada stop kontak listrik semalam penuh

photo credit: Money Talks News

Membiarkan smartphone di-charge semalam penuh atau pada jangka waktu yang lama memang tak berdampak pada kesehatanmu. Kecuali jika kamu berada pada jarak yang terlalu dekat dengan ponsel yang sedang di-charge pada waktu yang lama, akan ada radiasi elektromagnetik yang kamu alami. Walau begitu, kebiasaan meng-charge ponsel terlalu lama dapat memperpendek nyawa ponsel dan mengurangi kualitas baterai ponselmu.


5. Tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas

photo credit: Julliaroller

Perubahan temperatur yang terlalu tinggi dapat merusak ponsel maupun gadget lain yang kamu punya. Jika kamu sedang liburan di luar negeri atau pergi naik gunung, dan suhu di lokasi tersebut di bawah 0 derajat, jangan lupa kenakan casing ponsel yang tebal.

Suhu yang panas juga bisa merusak semua benda elektronik. Maka, jangan pernah meletakan ponsel terlalu lama di dalam mobil kondisi mati yah atau di sekitar kompor yang menyala.

BACA JUGA


Pengin Punya Smartphone Super Canggih? Berikut 5 Fitur yang Wajib Banget Nih Dimiliki Ponsel Kekinian!

Pengin Punya Smartphone Super Canggih? Berikut 5 Fitur yang Wajib Banget Nih Dimiliki Ponsel Kekinian!

Hidup kurang berwarna rasanya kalau tidak ada smarphone di samping kita. Zaman sekarang pasti banyak banget anak kekinian yang kepengin ...

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, mulai sekarang letakan ponsel di tempat yang wajar sajalah yah. Simpan smartphone di dalam tas jika sedang berada di luar, lebih aman daripada di saku pakaianmu.






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menurut Para Ilmuan, Menyimpan Smartphone di 5 Tempat Ini Bisa Bahayakan Gadget dan Kesehatanmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar