Ngeri, Seorang Penumpang Ojek Online Diancam Diperkosa! Jika Hal Serupa Terjadi  Padamu, Inilah yang Harus Kamu Lakukan!

photo credit: Dramabeans

Ngeri, Seorang Penumpang Ojek Online Diancam Diperkosa! Jika Hal Serupa Terjadi Padamu, Inilah yang Harus Kamu Lakukan!

602
Ancaman perkosaan bisa dilakukan oleh siapa saja. Pastikan kamu melakukan tindakan-tindakan berikut jika hal ini terjadi padamu.

Hari Rabu (29/11/2017) kemarin, netizen dibuat geger dengan sebuah cerita yang melibatkan ojek online. Cerita ini di-post oleh akun @glhrn di Twitter. Ia menceritakan tentang istrinya yang memesan barang di toko online lewat sebuah aplikasi dan barang tersebut seharusnya diantarkan oleh driver berinisial RY di hari itu juga. Namun, barang pesanan yang ditunggu itu tidak kunjung datang, RY pun tidak menjawab panggilan serta pesan yang dikirimkan oleh si customer. Ketika akhirnya mendapat balasan, RY mengatakan bahwa akunnya sedang dipinjamkan kepada temannya yang berinisial S dan memberikan nomor S untuk dihubungi. Saat customer menghubungi S lewat chat dan menanyakan perihal barang tersebut, S malah marah dan mengucapkan kata-kata kasar kepadanya. S bahkan mengancam akan memperkosa customer tersebut. Cerita yang @glhrn laporkan ke akun Twitter perusahaan ojek online ini sontak mendapat tanggapan geram dari para netizen.


photo credit: twitter.com/grlhn
photo credit: twitter.com/grlhn

Jika kamu mendapat ancaman seperti ini, baik dalam bentuk teks maupun secara langsung, berikut adalah sejumlah tindakan yang harus kamu lakukan untuk melindungi dirimu.


Putuskan semua bentuk komunikasi dengan orang tersebut

photo credit: PCMag

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan semua bentuk komunikasi dengan orang tersebut. Kamu bisa mulai dengan mem-block nomor dan media sosialnya. Jangan beri dia akses untuk menghubungi dan mengganggumu.


Ceritakan hal tersebut pada orang tua atau orang-orang terdekat

photo credit: crosswalk

Pastikan kamu tidak merahasiakan ini dari kedua orang tua atau orang-orang terdekatmu. Ceritakanlah secara lengkap kronologinya dan jangan ada yang kamu tutupi. Mereka perlu megetahui hal tersebut agar bisa menenangkan serta membantu kamu mencari solusi yang terbaik.


Laporkan ke pihak berwajib

photo credit: Rmdaily

Meskipun baru berupa ancaman, kamu tidak boleh menyepelekan hal ini. Ancaman perkosaan sudah dapat dikategorikan sebagai sexual assault atau serangan seksual. Dilansir dari hukumonline, tindak pidana perkosaan diatur dalam Pasal 285 KUHP yang berbunyi:

Barangsiapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa perempuan yang bukan isterinya bersetubuh dengan dia, dihukum, karena memperkosa, dengan hukuman penjara selama-lamanya dua belas tahun.

Dengan lapor polisi, kamu dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi.


Hubungi organisasi perlindungan perempuan

photo credit: Beritasatu

Tindakan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi organisasi perlindungan perempuan terdekat. Dengan melakukan hal ini, organisasi tersebut bisa membantu kamu untuk lebih memahami dasar hukum terkait kasus yang kamu alami serta memberi tahu kamu hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan sebagai perlindungan dan pertahanan diri.

Satu hal yang pasti adalah jangan diam dan menyimpan masalah seperti ini seorang diri. Meskipun kamu harus mampu melindungi dirimu, orang-orang di sekitarmu dan pihak yang berwajib harus mengetahui hal ini agar dapat dilakukan tindakan demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ngeri, Seorang Penumpang Ojek Online Diancam Diperkosa! Jika Hal Serupa Terjadi Padamu, Inilah yang Harus Kamu Lakukan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar