Nyak Sandang adalah Contoh Nasionalisme Nggak Memandang Usia. Berikut Kisah Penyumbang Harta untuk Pembelian Pesawat Pertama Indonesia Ini!

Source: Suara Celebes

Nyak Sandang adalah Contoh Nasionalisme Nggak Memandang Usia. Berikut Kisah Penyumbang Harta untuk Pembelian Pesawat Pertama Indonesia Ini!

548
DI usianya yang menginjak umur 91 tahun, nama Nyak Sandang berhasil menjadi buah bibir masyarakat Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

Nama Nyak Sandang belakangan ini menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Hal ini karena pria berumur 91 tahun ini telah membantu pemerintah indonesia untuk membeli pesawat pertamanya.

Peristiwa ini terjadi pada medio tahun 50-an ketika Nyak Sandang bersama warga Aceh membantu Presiden Soekarno untuk membeli sepasang pesawat pertama Indonesia.

Berkat kontribusi Nyak Sandang, kedua pesawat Indonesia itu menjelma menjadi bibit maskapai pesawat terbesar di Indonesia yaitu Garuda Indonesia.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui siapa itu Nyak Sandang, yuk, kenalan lebih dekat lewat sosok nasionalis ini!


1. Nyak Sandang yang berusia 91 tahun menjadi satu dari sekian warga Aceh yang menyumbangkan harta kekayaannya. Pada tahun 1948 atau ketika Nyak Sandang berusia 23 tahun, ia rela menjual sepetak tanah dan emas seharga Rp 100 dan menyerahkan hasilnya kepada negara.

Source: Detik

2. Dua pesawat yang 'dihasilkan' oleh Nyak Sandang dan warga Aceh bernama Seulawah R-001 dan Seulawah R-002

Source: Harian Aceh

3. Nyak Sandang lahir dan besar di Aceh, sehingga ia sulit menggunakan bahasa Indonesia ketika berdialog dengan siapapun. Alhasil ia harus dibimbing oleh seorang penerjemah yang tak lain adalah anaknya sendiri, bernama Maturidi.

Source: Tagar

4. Nyak Sandang yang sepanjang hidupnya tinggal di Aceh dan penyumbang pesawat pertama Indonesia nyatanya baru pertama kali naik pesawat pada saat bertemu Presiden Jokowi beberapa waktu lalu

Source: Klik Kabar

5. Di usianya yang sudah senja, Nyak Sandang meminta tiga permintaan kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk 'membalas budi' atas jasanya dulu

Source: Tagar

6. Tiga permintaan itu adalah operasi untuk matanya yang katarak yang langsung disetujui Presiden Jokowi, pembangunan Masjid di kampung halamannya, dan Ibadah Haji

Source: Breaking News

7. Sebagai bukti bahwa ia adalah penyumbang yang valid, ia mengunjungi Presiden Jokowi dengan membawa surat obligasi sah tahun 1950-an yang telah ia pigura

Source: Portal Negeri

Sifat nasionalis Nyak Sandang untuk membantu Presiden Soekarno membeli pesawat pascakemerdekaan adalah sebuah langkah yang patut kamu contoh. Di usianya yang sudah menginjak 91 tahun, Nyak Sandang bukan hanya menginspirasi masyarakat Aceh, namun juga generasi yang lebih muda di seluruh Indonesia.

BACA JUGA


Ingat Ponari si Dukun Cilik? Dahulu Bergelimang Harta, Sekarang Begini Nasib dan Fakta Kehidupannya!

Ingat Ponari si Dukun Cilik? Dahulu Bergelimang Harta, Sekarang Begini Nasib dan Fakta Kehidupannya!

Lama tak terdengar ternyata begini nasib si dukun cilik, Ponari. Masih ingat nggak nih, Sahabat Trivia

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Nyak Sandang adalah Contoh Nasionalisme Nggak Memandang Usia. Berikut Kisah Penyumbang Harta untuk Pembelian Pesawat Pertama Indonesia Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ikrimah Haq | @ikrimahfajrulhaq

Silahkan login untuk memberi komentar