Penyuka Gaya Etnik Harus Punya 5 Tas Etnik Berikut. Kamu Udah Punya Belum?

Penyuka Gaya Etnik Harus Punya 5 Tas Etnik Berikut. Kamu Udah Punya Belum?

952
Di tahun 2018, tas etnik tetap menjadi pilihan masyarakat untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Nah, buat kamu yang suka bergaya dengan tas etnik, intip yuk 5 tas yang wajib kamu punya berikut!

Berbagai suku di Indonesia memiliki kerajinan tangan yang unik dan beragam. Kerajinan tersebut menjadi kekhasan daerah yang jika dikelola dengan baik akan menghasilkan keuntungan bagi pengrajin daerah di tersebut. Salah satu kerajinan tangan yang banyak digemari masyarakat adalah tas etnik. Pengrajin kini berlomba-lomba untuk mengkreasikan tas khas dari berbagai daerah agar terlihat lebih menarik dan layak jual.

Di tahun 2018, tas etnik tetap menjadi pilihan masyarakat untuk melengkapi penampilan sehari-hari. Nah, buat kamu yang suka bergaya dengan tas etnik, intip yuk 5 tas yang wajib kamu punya berikut!


1. Tas eceng gondok

Tas eceng gondok model sling bag menjadi buruan di toko-toko online maupun gerai yang menjualnya setelah Raisa mengenakannya sewaktu bulan madu di Eropa bulan Oktober 2017 lalu. Hingga sekarang, tas ini masih menjadi hits karena selain unik, tas ini juga simpel dan murah. Cocok banget nih buat jalan-jalan santai atau liburan!

Photo credit: instagram/_kerokoo_

2. Rattan bag

Jangan heran ya kalau kamu menemukan begitu banyak wisatawan asing yang sedang lalu-lalang di Bali mengenakan tas berbentuk bulat dan berwarna kecokelatan ini! Rattan bag atau tas rotan khas Bali ini memang digemari oleh wisatawan asing setelah beberapa blogger dunia mengenakan tas ini dan mengulasnya di blog maupun sosial media mereka. Selain itu, bentuknya yang lucu dan cocok dipadu-padankan dengan berbagai outfit menjadikan tas ini barang incaran wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Bali.

Photo credit: instagram/loveycraft

3. Noken

Noken merupakan tas tradisional Papua yang terbuat dari serat kulit kayu. Cara membawanya cukup unik lho, Sahabat Trivia! Alih-alih disampirkan di bahu atau punggung, noken dibawa dengan cara diletakkan di kepala. Masyarakat Papua biasanya membawa hasil pertanian maupun barang dagangan ke pasar. Kini, noken menjadi salah satu barang wajib yang harus dimiliki penyuka tas etnik. Apalagi semakin banyak pengrajin yang mengkreasikannya menjadi sling bag dengan berbagai motif rajut dan manik-manik khas Papua.

Photo credit: wkbgnews

4. Tas anyaman pandan

Buat kamu yang ingin bergaya etnik, tapi tidak ingin tampil mencolok, tas anyaman pandan bisa kamu pilih untuk melengkapi outfitmu. Tas ini cenderung memiliki model dan warna-warna simpel sehingga lebih mengesankan kesan formal dan elegan. Cocok banget buat kamu yang punya kepribadian kalem dan ingin tampil girly. Tas anyaman pandan cukup banyak ditemui di beberapa daerah, seperti Bali, Yogyakarta, Tasikmalaya, maupun daerah lain di Indonesia.

Photo credit: tokopedia

5. Anjat

Anjat merupakan hasil kerajinan anyam suku Dayak di Kalimantan Timur yang terbuat dari rotan. Tas ini berbentuk tabung, tidak memiliki tutup, namun memiliki gelang-gelang kecil dan tali yang jika ditarik akan membuat tas tersebut tertutup. Anjat biasanya digunakan sebagai tas punggung untuk membawa perbekalan jika masyarakat sedang berburu di hutan. Tas ini sangat digemari oleh penyuka tas etnik karena motifnya yang khas, yaitu motif binatang, dedaunan, maupun bunga-bungaan.

Photo credit: kemendikbud

Itulah 5 tas etnik yang wajib dimiliki oleh Sahabat Trivia yang menggemari tas etnik khas nusantara. Selain ikut menjaga budaya Indonesia, dengan memakai tas etnik kita juga dapat memajukan usaha kecil menengah yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Kamu sudah punya tas etnik yang mana saja nih, Sahabat Trivia?

BACA JUGA


Fashion Item Favorit Artis 2017 yang Kece Banget dan Akan Makin Hits di 2018!

Fashion Item Favorit Artis 2017 yang Kece Banget dan Akan Makin Hits di 2018!

Sebagai public figur, para selebriti ini memang selalu jadi kiblat fashion yang digandrungi orang banyak orang. Fashion item ini makin hits ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penyuka Gaya Etnik Harus Punya 5 Tas Etnik Berikut. Kamu Udah Punya Belum?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar