Pernah Dengar tentang Misophonia? Sebaiknya Lakukan Hal Ini Sebelum Depresi Menghampirimu!

photo credit; world report now

Pernah Dengar tentang Misophonia? Sebaiknya Lakukan Hal Ini Sebelum Depresi Menghampirimu!

1.3K
Setiap manusia berhak untuk mengutarakan pendapatnya terhadap sesuatu yang mereka anggap tidak pantas untuk didengar dan dilihat. Namun, pernahkah kamu mengalami suatu ajakan untuk tidak menyukai salah satu objek namun objek tersebut adalah sumber suara? Mungkin kamu sedang mengalami misophonia.

Misophonia terjadi karena adanya tindakan psikologis yang dapat bertahan hidup. Keadaan ini di mulai sejak usia 9 hingga 13 tahun. Tidak ada catatan peristiswa yaang mendasari kelainan ini. Hal ini bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan begitu saja. Jasstreboff, seorang profesor dalam bidang audiolusi sekaligus orang pertama yang mencetuskan konsep misophonia mengatakan bahwa ada kesamaan antara misophonia dan tinitus. Dua hal tersebut selalu dikaitkan dengan dugaan konveksi yang berlebihan yang menimbulkan reaksi terhadap suara tertentu.

Mereka yang mengidap misophonia biasanya memiliki perspektif negatif terhadap jenis suara tertentu dan cenderung memiliki reaksi yang berbeda terhadap suara yang ditimbulkan. Akibat suara yang ditimbulkan, penderita misophonia akan mudah emosi apabila ia mendengar suara-suara yang tidak mereka sukai. Adanya dorongan ingin memukul sesuatu. Tidak jarang juga bagi mereka yang selalu beranggapan bahwa mengapa suara tersebut bisa muncul dan selalu membuat mereka marah. Terkadang dalam kondisi ini mereka selalu bertanya-tanya pada diri mereka sendiri, mengapa hal tersebut bisa mengganggu dirinya. Dalam kasus yang lebih parah reaksi keinginan untuk bunuh diri muncul karena sensitif terhadap suara yang ditimbulkan.

Pada umumnya bagi penderita misophonia berada di tempat ramai adalah keadaan yang kurang menyenangkan. Maka dari itu, penderita akan menjauhkan diri dari keramaian, terlebih mereka akan lebih sering mengurungkan diri dari kehidupan sosial. Pada penderita misophonia ringan mungkin tidak terlalu merasa gelisah terhadap timbulnya suara di sekitar mereka. Namun, jika penyakit sudah kronis, suara-suara normal lainnya seperti gesekan meja atau orang yang sedang mengunyah bisa menjadi timbulnya masalah dan membuat penderitanya merasa terganggu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kelainan yang berpengaruh terhadap suara ini belum diketahui secara pasti bagaimana pengobatan yang ampuh untuk menyembuhkannya. Namun, apabila kamu memiliki tanda-tanda misophonia, berikut beberapa perawatan bisa kamu coba di rumah.


1. Hindari tempat yang rawan kebisingan


Dalam kondisi yang kurang stabil, penderita misophonia akan tetap terus gelisah terhadap suara yang ditimbulkan. Untuk mengurangi keresahan sebisa mungkin kamu harus menghindari paparan wilayah yang bervolume tinggi, seperti jalan raya dan konser musik. Hal ini akan mempermudah proses penyembuhan misophonia dalam diri kamu.


2. Atur jadwal latihan fisikmu


Mulai sekarang ubah deh pola hidupmu dengan rutin berolahraga. Kegiatan ini juga sebetulnya sangat baik bagi mereka yang mengalami misophonia. Hal tersebut membantu masa-masa pemulihan misophonia.


3. Mulai hari ini, ubah jadwal tidurmu


Ingat, jangan membiasakan diri untuk tidur hingga larut malam atau berlebihan. Dengan membiasakan tidur teratur juga membantu kamu dalam proses penyembuhan misophonia.

BACA JUGA


Sosok-Sosok Ini Memiliki Gangguan Mental Psikologis. Di Balik Karya Gemilangnya, Mereka Ubah Kekurangan Menjadi Kelebihan. Belajar dari Mereka Yuk!

Sosok-Sosok Ini Memiliki Gangguan Mental Psikologis. Di Balik Karya Gemilangnya, Mereka Ubah Kekurangan Menjadi Kelebihan. Belajar dari Mereka Yuk!

Manusia tidak ada yang sempurna. Kita semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seringkali kamu merasa minder dengan ...

Read more..

Walaupun hanya dengan penanganan kecil namun tepat, maka kamu akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pernah Dengar tentang Misophonia? Sebaiknya Lakukan Hal Ini Sebelum Depresi Menghampirimu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


annisa ramadhannia | @katapenghubung

menyukai aroma kertas, kalimat itu dan dirimu. Masuklah, hanya aku dan kamu yang tahu.

Silahkan login untuk memberi komentar