Rafflesia Arnoldii, si Bunga Bangkai Ini Ternyata Memiliki Fakta-Fakta Mencengangkan Loh! Yuk, Cari Tahu Apa Saja Sih!

Rafflesia Arnoldii, si Bunga Bangkai Ini Ternyata Memiliki Fakta-Fakta Mencengangkan Loh! Yuk, Cari Tahu Apa Saja Sih!

371
Walaupun menghasilkan bau tidak sedap, kecantikan bunga Rafflesia Arnoldii dapat kamu rasakan juga dari fakta-fakta menariknya berikut ini loh!

Jika menyebutkan bunga terbesar di dunia pasti kamu akan tertuju akan nama satu bunga. Yup benar, bunga yang dimaksud adalah bunga Rafflesia Arnoldii. Bunga yang berukuran besar dan mengeluarkan bau tidak sedap ini memang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat dunia. Rafflesia Arnoldii sendiri banyak tersebar di hutan tropis di Asia Tenggara. Bagi kamu yang pecinta flora, pasti kamu akan bela-belain untuk mengeluarkan uang untuk pergi ke negara yang memiliki bunga bangkai ini dan rela untuk menyusuri hutan belantara.

Bunga Rafflesia Arnoldii memang dikenal dengan baunya yang sangat menyengat. Walaupun begitu, hampir 28 bunga parasit yang hidup di dalam bunga tersebut. Bau yang dikeluarkan oleh salah satu jenis bunga Rafflesia justru membuat kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa bunga yang terlihat cantik bisa mengeluarkan bau bangkai. Nah, untuk menghilangkan rasa ingin tahu kamu, yuk ketahui apa saja sih fakta-fakta dari bunga Rafflesia Arnoldii ini!


Tidak hanya sembarang bau, ternyata bau bangkai yang dikeluarkan ada tujuannya loh!

Credit: flickr

Bau bangkai yang dihasilkan oleh bunga Rafflesia Arnoldii ini ternyata ada tujuannya loh, Sahabat Trivia. Hal ini dilakukan sebagai proses adaptasi dari si bunga terhadap alam atau lingkungan sekitarnya. Tidak hanya itu, bau yang dikeluarkan oleh bunga ini akan mengundang lalat untuk membantu proses penyerbukan bunga. Jadi, baunya bukan untuk mengusir manusia ya, Sahabat Trivia.


Sering terlihat mekar, ternyata bunga Rafflesia Arnoldii memiliki waktu mekar yang sebentar

Credit: mongabay

Jika kamu melihat foto dari bunga Rafflesia Arnoldii, pasti kamu akan menemukan banyak foto bunga tersebut ketika mekar. Bunga ini sendiri diketahui butuh waktu selama 1 tahun untuk tumbuh. Tidak selama waktu tumbuhnya, ternyata ketika mekar atau kelopaknya terbuka, bunga ini hanya akan mekar dalam periode yang sangat singkat, hanya 1 sampai 5 hari. Maka dari itu, banyak orang yang bahkan sudah jauh-jauh hanya ingin melihat keindahan bunga terbesar di dunia ini justru pulang dengan tangan kosong. Sebaliknya, kamu bisa dikatakan sangat beruntung ketika mengunjungi bunga ini ketika mekar.


Penemu pertama Rafflesia Arnoldii

Credit: guidetrip

Jika mendengar namanya, banyak dari kamu pasti yang beranggapan bahwa bunga ini ditemukan oleh Raffles. Beliau sendiri adalah Gubernur Hindia Belanda yang memiliki nama lengkap Sir Thomas Stamford Raffles. Tidak hanya menjabat sebagai seorang gubernur, Raffles juga merupakan seorang petualang yang kala itu dirinya ditugaskan untuk mengeksplor flora dan fauna Indonesia. Dipercaya bahwa Raffles yang menemukan bunga Rafflesia Arnoldii pada tahun 1818, namun ternyata Dr. James Arnold yang pertama kali menemukannya. Untuk menghargai dan menghormati baik penemu dan pimpinannya, dari situlah bunga ini dinamakan sebagai bunga Rafflesia Arnoldii.


Bunga Rafflesia Arnoldii dapat berbuah?

Credit: WorldAtlas

Rafflesia Arnoldii diketahui dapat mekar selama 1 hingga 5 hari, kemudian bunga ini akan layu dan membusuk dengan sendirinya. Namun, ternyata, jika bunganya dibuahi, bunga terbesar di dunia ini dapat menghasilkan buah berbentuk bulat dengan diameter 12 hingga 15 cm dan sangat disukai oleh tikus dan tupai. Nggak nyangka ya, Sahabat Trivia, bunga seperti Rafflesia Arnoldii ini ternyata bisa menghasilkan buah!


Tumbuh di hutan tropis, sekarang Rafflesia Arnoldii sudah bisa dikembangbiakkan dan tumbuh di luar habitat aslinya

Credit: Indonesia-Tourism.com

Rafflesia pernah berhasil berkembangbiak di Kebun Raya Bogor pada tahun 2000 setelah menghabiskan waktu cukup lama, yaitu selama 6 tahun. Percobaan ini dilakukan oleh Sofi Mursidawati dan rekan kerjanya di LIPI. Sofi dan timnya pun menggunakan teknik penyambungan akar inang Rafflesia yang disebut tetrastigma. Keberhasilan percobaan ini merupakan pertama di dunia karena bunga ini memang dikenal hanya dapat tumbuh di hutan tropis, namun ternyata Rafflesia dapat berkembangbiak di luar habitat aslinya. Luar biasa bukan, Sahabat Trivia?

BACA JUGA


Meletakkan 7 Tanaman Ini di Kamar Ampuh Bikin Tidur Kamu Lebih Nyenyak Loh!

Meletakkan 7 Tanaman Ini di Kamar Ampuh Bikin Tidur Kamu Lebih Nyenyak Loh!

Tidurmu lebih nyenyak dan kamar tidur juga tampak lebih indah dengan adanya tanaman-tanaman ini, loh

Read more..

Nah, walaupun terkenal dengan bau busuknya, ternyata bunga Rafflesia Arnoldii memiliki banyak fakta menarik. Patut untuk kamu ketahui nih Sahabat Trivia. Dan kita khususnya sebagai warga Indonesia patut bangga, karena bunga ini tersebar luas di Indonesia. Selamat hari jadi ke-25 sebagai bunga Nasional Indonesia, Rafflesia Arnoldii!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rafflesia Arnoldii, si Bunga Bangkai Ini Ternyata Memiliki Fakta-Fakta Mencengangkan Loh! Yuk, Cari Tahu Apa Saja Sih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Septiani RiskiEkaPutri | @septianiriskiii

Silahkan login untuk memberi komentar