Rayakan Imlek? Inilah 7 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Kumpul Keluarga!

Photo Credit: Ulinulin

Rayakan Imlek? Inilah 7 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Kumpul Keluarga!

2.3K
Tradisi kumpul keluarga pada tahun baru Imlek adalah agenda wajib bagi setiap orang yang merayakannya. Nah, supaya perayaan tahun baru Imlek kamu dan keluarga semakin menyenangkan, perlu adanya persiapan loh, Sahabat Trivia.

Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang dirayakan oleh seluruh orang Tionghoa. Tradisi yang mesti ada saat tahun baru Imlek adalah kumpul keluarga dan makan bersama seluruh anggota keluarga. Namun, sebelum kita mengundang keluarga untuk berkunjung dan makan di rumah, ada baiknya kita lakukan persiapan supaya acara kumpul keluarga saat perayaan tahun baru Imlek semakin menyenangkan, Sahabat Trivia. Nah, berikut ini 7 hal yang harus kamu siapkan sebelum kumpul keluarga.


1. Membersihkan dan merapikan rumah

Photo Credit: Cosmpolitan

Tradisi membersihkan rumah merupakan hal wajib yang dilakukan menjelang perayaan Imlek. Membersihkan debu-debu, mengganti perabotan rumah yang rusak atau mengganti cat rumah agar rumah terasa lebih bersih, nyaman dan tampak lebih segar dari biasanya. Membersihkan rumah saat menjelang Imlek juga berarti membersihkan segala ketidakberuntungan atau nasib buruk di dalam rumah.


2. Pasang dekorasi bernuansa Imlek

Photo Credit: Gemintang

Memasang beberapa dekorasi khas Imlek seperti lampion atau menambahkan ornamen berwana merah rasanya akan menambah meriah suasana rumah menjelang Imlek, Sahabat Trivia. Selain itu, menempelkan puisi imlek di dinding, pintu atau setiap sudut ruangan juga bisa kamu lakukan loh.


3. Sediakan tempat untuk 8 buah lilin yang dipasang di rumah

Photo Credit: Loop

Masyarakat asli Tionghoa percaya kalau angka 8 adalah angka keberuntungan. Jadi, tidak heran jika berkunjung ke rumah orang yang merayakan Imlek pasti kita akan melihat wadah yang berisi 8 lilin dengan berbagai sesajian seperti jeruk mandarin, bunga lotus atau sajian khas Imlek lainnya.


4. Menempelkan puisi dan lukisan tahun baru Imlek

Photo Credit: Tionghoa Info

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau masyarakat asli Tionghoa memang memiliki tradisi mendekorasi rumah, salah satunya dengan menempelkan puisi dan lukisan di dinding atau di sudut-sudut ruang rumah mereka. Gambar atau lukisan yang paling sering ditemui adalah lukisan Dewa Rezeki, Dewa Fu Lu Shou atau gambar-gambar shio.


5. Siapkan makanan khas Imlek

Photo Credit: Ulinulin

Nah, yang satu ini tak kalah wajib untuk kamu siapkan loh, Sahabat Trivia. Setiap menjelang perayaan tahun baru Imlek yang wajib dipersiapkan salah satunya adalah makanan-makanan khas Imlek seperti kue keranjang, jeruk mandarin, kue warna-warni atau permen khas Tionghoa.


6. Makan bersama keluarga

Photo Credit: Smartshop

Agenda wajib selanjutnya adalah, berkumpul bersama keluarga dan menikmati hindangan bersama dengan keluarga. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur kita atas apa yang sudah kita dapatkan selama ini. Nah, tradisi ini juga pasti yang paling ditunggu-tunggu oleh kamu juga kan, Sahabat Trivia?


7. Siapkan stamina untuk begadang menanti pergantian tahun baru


Hal selanjunya yang paling penting untuk dipersiapkan adalah stamina. Masyarakat Tionghoa biasanya akan begadang untuk menunggu pergantian tahun bersama keluarga besar sambil mengobrol bersama sanak saudara. Tidak sekedar mengobrol, begadang saat menunggu pergantian tahun juga memiliki arti. Bagi para orang tua, hal ini dimaknai sebagai rasa bersyukur atas nikmat yang selama ini dirasakan. Bagi anak-anak muda, hal ini dimaksudkan agar anak-anak selalu mendoakan orang tua mereka agar panjang umur.

BACA JUGA


Menjelang Perayaan Imlek, Banyak Pantangan yang Masih Dipertahankan. Berikut Makna Pantangan Saat Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Menjelang Perayaan Imlek, Banyak Pantangan yang Masih Dipertahankan. Berikut Makna Pantangan Saat Imlek yang Perlu Kamu Tahu

Pantangan tidak dibuat leluhur tanpa maksud dan tujuan. Pantangan dibuat karena makna dari pantangan tersebut. Yuk simak pantangan Imlek ...

Read more..

Apakah semua persiapan ini sudah kamu lakukan, Sahabat Trivia? Semoga perayaan pergantian tahun baru Imlek kamu bersama keluarga bisa seru dan menyenangkan ya! Selamat tahun baru Imlek. Gong Xi Fa Cai!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rayakan Imlek? Inilah 7 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Kumpul Keluarga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar