Resmi Tinggalkan Pendopo, Ini Kisah Suka Duka Ridwan Kamil Selama Menjabat Walikota Bandung. Haruskah Kang Emil Tetap Jadi Walikota Bandung atau Gubernur Jabar?

Photo credit: Indowarta

Resmi Tinggalkan Pendopo, Ini Kisah Suka Duka Ridwan Kamil Selama Menjabat Walikota Bandung. Haruskah Kang Emil Tetap Jadi Walikota Bandung atau Gubernur Jabar?

305
Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil resmi maju menjadi Bakal Gubernur Jawa Barat 2018. Kamu si orang Bandung, rela nggak nih kehilangan Kang Emil?

Bakal Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil Kang Emil kini sudah resmi meninggakan rumah dinasnya selama ia menjadi Walikota Bandung. Penyerahan rumah dinas atau Pendopo ini ditandai dengan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh Kang Emil dan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto. Dalam kesempatan ini, Kang Emil juga menyampaikan bahwa dirinya dan keluarga memang sudah resmi meninggalkan Pendopo karena akan maju menjadi Bakal Gubernur Jawa Barat.

“Hari ini Saya dan Ibu Atalia resmi menyerahkan kembali fasilitas negara yaitu rumah dinas Wali Kota Bandung beserta isinya. Sesuai peraturannya karena Saya akan mengikuti pilkada gubernur 2018, maka sejak ditetapkan (sebagai calon) 12 Februari berlaku cuti, maka kami tidak lagi dalam posisi pejabat negara. Maka mobil dinas, rumah dinas, segala berhubungan dengan dinas diserahkan kembali,” ujarnya saat ditemui oleh awak media di Pendopo.

Berkenaan dengan rencana beliau maju dalam pemilihan gubernur Jabar 2018, warga Bandung nampaknya ada rasa berat hati dengan keputusan Kang Emil untuk maju jadi bakal gubernur Jabar. Kang Emil pun sempat merasa berat hati harus meninggalkan Pendopo, rumah dinas yang selama ini ditinggali oleh keluarganya juga. Nah, kita simak yuk suka duka Kang Emil selama menjabat sebagai Walikota Bandung.


"Capek ternyata"

Photo credit: ridwankamil

Menjadi seorang walikota tentu mengemban tanggung jawab yang tidak ringan. Tanggung jawab dan seluruh program kerja yang ia jalani ternyata membuat Kang Emil merasa kelelahan.

"Capek ternyata," kata Kang Emil pada 2 tahun pertama masa jabatannya sebagai Walikota Bandung.

Lelahnya Kang Emil ternyata terbayarkan dengan perkembangan Kota Bandung yang cukup pesat dan signifikan selama 5 tahun masa jabatan beliau.


Suasana hati Kang Emil jadi sering berubah bahkan dalam satu hari sejak menjadi Walikota Bandung

Photo credit: ridwankamil

Dalam sehari suasana hati Kang Emil mudah sekali berubah. Bahkan setiap jam bisa saja berubah drastis, tergantung berita apa yang ia terima seputar kota yang sedang dipimpinnya.

“Mood itu bisa berubah-ubah, sejam senang, sejam sedih, sejam was-was, jadi setiap hari begitu saja dikalikan rutin,” ungkapnya.

Namun, tidak ada alasan bagi Kang Emil untuk terus membangun kota kelahirannya agar semakin nyaman dan aman untuk warganya.


Keluarga menjadi obat mujarab yang membuat Kang Emil tidak stres selama menjabat sebagai Walikota Bandung

Photo credit: Lintas Publik

Jika kamu merasa gusar, pulanglah dan bertemu dengan keluarga, maka suasana hati kamu akan membaik seperti sedia kala. Nampaknya ungkapan tersebut sangat cocok untuk Kang Emil. Ia mengaku keluarga adalah obat yang paling mujarab kala dirinya merasa penat dengan urusan pekerjaan. Keluarga menjadi pengisi daya termanjur yang dimiliki oleh Kang Emil.

“Saya kalau pulang ke rumah punya cara melupakan urusan, jadi kalau ke rumah saya tenang. Tapi kalau ke luar rumah riweuh deui,” ungkapnya.

Kang Emil mengaku, keluarga selalu menyambutnya dengan kehangatan. Sehingga semua urusan yang Kang Emil lewati seputar Bandung dapat terlupakan seketika.


Ridwan Kamil menjadikan Bandung sebagai kota bahagia dan kota yang ramah dengan anak

Photo credit: ridwankamil

Kalau kamu ingat, Kota Bandug memiliki KEKASIH (Kendaraan Konseling Silih Asih) bersama dengan fasilitas tenda curhatnya. Buat kamu yang sedang galau karena jatuh cinta atau bahkan putus cinta, kamu bisa langsung nih datang ke KEKASIH supaya hatinya tidak galau lagi. Kreatifitas Kang Emil membuat KEKASIH ini ternyata memang sangat disambut baik oleh warga Bandung. Mereka merasa terbantu karena ada orang yang mendengarkan sekaligus mencarikan jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang mereka alami.

Tentu saja hal ini juga menjadi ajang silaturahmi antar warga Bandung yang tadinya tidak saling mengenal karena ada banyak juga ternyata warga Bandung yang datang ke KEKASIH untuk melakukan konseling. Syukur-syukur bisa bertemu dengan Kang Emil langsung.

Melalui program ini, Kang Emil berharap Kota Bandung berisi orang-orang yang bahagia. Selain KEKASIH, Kang Emil juga tampaknya sangat berkonsentrasi dengan programnya untuk membuat Bandung menjadi kota yang ramah anak. Sedikit demi sedikit Kang Emil mendekorasi ruang publik menjadi lebih ramah terhadap anak.


Kang Emil si penjemput perubahan

Photo credit: ridwankamil

Kang Emil pernah bercerita bahwa saat di Amerika dirinya sering kali mendapatkan penolakan. Hal itu karena dirinya yang sempat tidak percaya dengan kemampuan yang ia miliki.

"Harus percaya diri di Amerika. Di Amerika Serikat self confidence penting," ujarnya sambil mengenang kegagalannya di Amerika.

Kang Emil juga berpesan agar setiap orang harus meningkatkan rasa percaya dirinya agar mampu bersaing di kancah internasional. Tidak heran kalau Kang Emil hadir ke Bandung sebagai walikota bersama kreatifitas dan inovasi yang ia percaya dapat membuat Bandung menjadi kota yang jauh lebih nyaman dan aman bagi warganya. Hal ini tidak semata-mata kebetulan saja, namun ia menjemput perubahan-perubahan tersebut.

"Perubahan itu harus dijemput bukan ditunggu," ungkap Kang Emil.

BACA JUGA


Kisah So Sweet Pak Ridwan Kamil dan Ibu Cinta. Relationship Goal yang Pas Buat Pasangan Kekinian!

Kisah So Sweet Pak Ridwan Kamil dan Ibu Cinta. Relationship Goal yang Pas Buat Pasangan Kekinian!

Perjalanan cinta sang Wali Kota Bandung untuk mendapatkan hati ibu Atalia pun ternyata tidak mudah. Kabarnya kang Emil harus mengalahkan 15 ...

Read more..

Banyak warga Bandung yang merasa kinerja Kang Emil selama ini membawa dampak dan perubahan yang positif bagi Kota Bandung serta warganya. Mereka merasa semakin disiplin lewat tangan dingin Ridwan Kamil. Haruskah Kang Emil tetap jadi Walikota Bandung atau Gubernur Jabar?


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resmi Tinggalkan Pendopo, Ini Kisah Suka Duka Ridwan Kamil Selama Menjabat Walikota Bandung. Haruskah Kang Emil Tetap Jadi Walikota Bandung atau Gubernur Jabar?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar