Suka Wisata Kuliner? Yuk, Simak Tips Kulineran Seru ala Trivia dan Kuliner Traveloka!

photo credit: Dok. Trivia

Suka Wisata Kuliner? Yuk, Simak Tips Kulineran Seru ala Trivia dan Kuliner Traveloka!

545
Simak tips-tips berikut supaya pengalaman wisata kulinermu semakin seru!

Sahabat Trivia, kamu pasti setuju kan kalau selain jalan-jalan mengunjungi tempat wisata dan berbelanja, wisata kuliner jadi satu kegiatan yang wajib dilakukan saat traveling? Selain karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang nggak boleh dilewatkan, setiap orang tentu pengin mencicipi berbagai rasa baru ketika bepergian dan menjelajahi daerah wisata tertentu. Bahkan, menurut data dari The World Tourism Organization (UNWTO), sekitar 30-40% pendapatan pariwisata bersumber dari wisata kuliner, lho. Pada tahun 2017, pendapatan dari bidang kuliner mencapai 30% atau sekitar 60 triliun rupiah dari total pendapatan wisata yang mencapai 200 triliun rupiah. Fakta-fakta tersebut membuktikan kalau kuliner memiliki peran yang sangat penting, nggak cuma buat perut dan lidah, tapi juga pariwisata Indonesia. Nah, buat kamu yang suka berwisata kuliner, berikut beberapa tips kulineran seru dari Trivia yang bisa kamu terapkan!


1. Tentukan tujuan kulinermu

photo credit: bisniswisata

Sebelum memulai wisata kulinermu, pastikan kamu sudah tahu mau ke mana dan apa yang akan kamu nikmati. Meskipun nggak ada salahnya kalau mencicipi apa yang tak sengaja kamu temukan di perjalanan, kamu harus tetap menentukan tujuan utamamu. Kamu bisa menentukannya dengan mencari referensi dari internet dan media sosial atau bertanya kepada orang-orang terdekat mengenai rekomendasi tempat makan enak di daerah tertentu. Jangan lupa juga untuk memastikan lokasi, menu, dan kisaran harga yang ditawarkan di tempat-tempat tujuanmu tersebut.


2. Siapkan budget yang sesuai

photo credit: Preview.ph

Ketika berwisata kuliner, tentu kita nggak hanya mengunjungi satu atau dua tempat makan saja, bukan? Nah, ini pentingnya menentukan tujuan dan mengetahui kisaran harga menu di sana. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat meyiapkan budget dan merencanakan pengeluaranmu nantinya. Jangan sampai kamu nggak bisa mencicipi makanan yang recommended karena budget kurang. Perlu juga menyediakan uang lebih untuk jajan di luar rencana, tapi ingat jangan sampai kalap ya!


3. Ajak orang terdekat biar makin seru

photo credit: Pittsburgh North Fitness

Walaupun nggak ada yang salah dengan makan sendirian, tapi wisata kuliner pasti bakal semakin seru kalau kita mengajak orang-orang terdekat. Apalagi, kalau kamu bisa pergi kulineran bersama mereka yang punya selera sama denganmu. Dijamin pengalaman makanmu bakal makin asyik dan tak terlupakan deh!


4. Abadikan lewat foto

photo credit: Blogger Reporter

Nah, yang ini juga nggak kalah penting! Nggak perlu mengambil foto sekelas food blogger kok, tapi dengan mengabadikan makanan yang kamu nikmati dalam bentuk foto, kamu jadi punya kenangan tentang pengalaman makan bersama orang-orang terdekatmu!


5. Jadikan Kuliner Traveloka sebagai #TemanKulineran kamu!

photo credit: Trivia

Buat kamu yang pengin melakukan eatsventure alias berwisata kuliner, wajib banget nih memanfaatkan fitur terbaru aplikasi Traveloka yaitu, Kuliner Traveloka. Pada Rabu (9/5/2018) kemarin, Trivia berkesempatan untuk menghadiri konferensi pers dan launching fitur tersebut. Lalu, apa sih, Kuliner Traveloka ini?


photo credit: Dok. Traveloka

Jadi, Kuliner Traveloka merupakan layanan dari aplikasi Traveloka yang akan mempermudah pengalaman eksplorasi kuliner kamu. Layanan ini punya fitur direktori restoran yang bakal membantu kamu menemukan tempat-tempat makan di kota-kota besar di Indonesia. Saat ini, Kuliner Traveloka mencakup 7 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya. Nggak hanya lokasinya saja, kamu juga bisa melihat informasi dari tempat-tempat makan ini, baik menu, harga, maupun review dari para pengunjung.

Lewat layanan ini, kamu juga bisa melihat panduan kuliner pilihan berupa kumpulan cerita dan rekomendasi para pakar dan penikmat kuliner di Indonesia, mulai dari chef, food blogger, traveler, sampai tastemaker. Lalu yang paling asyik, Kuliner Traveloka juga memberikan penawaran spesial berupa promo di berbagai restoran. Jadi, kalau lagi tanggal tua, kamu bisa banget memanfaatkan penawaran-penawaran ini!

Layanan Kuliner Traveloka juga didukung oleh pemerintah, lho! Ibu Vita Datau Messakh selaku Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner & Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia bahkan secara khusus hadir di acara ini. Selain menyampaikan dukungan untuk layanan ini, beliau juga menyampaikan sejumlah informasi penting mengenai bidang kuliner di Indonesia.

Pokoknya, layanan Kuliner Traveloka ini cocok banget deh untuk kamu jadikan #TemanKulineran! Kamu bisa mengaksesnya langsung melalui Traveloka App versi 3.1 di iOS maupun Androidmu.


So, kapan nih, mau memulai eatsventure-mu, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Suka Wisata Kuliner? Yuk, Simak Tips Kulineran Seru ala Trivia dan Kuliner Traveloka!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar