Tempat-Tempat Super Asyik di Surabaya Buat Nunggu Waktu Berbuka Puasa Buat Booklovers yang Mau Ngabubu-Read

Photo Credit : c2o-library

Tempat-Tempat Super Asyik di Surabaya Buat Nunggu Waktu Berbuka Puasa Buat Booklovers yang Mau Ngabubu-Read

1.4K
Kalau booklovers yang tinggal di Surabaya bingung mau ngabubu-read di mana, jangan khawatir karena 5 tempat ini cocok dikunjungi sembari menunggu waktu berbuka puasa. Simak yuk!

Surabaya tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan sejarah yang bisa ditemui di hampir setiap sudut kota. Akhir-akhir ini muncul tempat-tempat yang cocok dikunjungi anak muda dengan segala fasilitas dan agenda menarik untuk menambah wawasan dan pertemanan dengan orang-orang yang memiliki minat serupa. Nah, kalau booklovers yang tinggal di Surabaya bingung mau menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca buku atau ngabubu-read di mana, jangan khawatir karena 5 tempat asyik di Surabaya ini cocok kamu kunjungi. Simak yuk!


1. C2O Library & Collabtive

Perpustakaan dan ruang kolaborasi terbuka ini pertama dibuka tahun 2008 dan merupakan tempat berkumpul dan berkarya anak-anak muda Surabaya dari berbagai latar belakang. Selain dapat membaca koleksi buku, majalah, dan jurnal gratis, di perpustakaan yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto nomor 22 Tegalsari Surabaya ini juga sering mengadakan pemutaran film, diskusi, lokakarya, pameran, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Koleksi buku dan jurnal di sini sudah mencapai lebih dari 5.500 eksemplar lho! Wah, Sahabat Trivia pasti betah berlama-lama di tempat ini, apalagi jika beruntung kamu juga bisa bertemu pengunjung lain yang bisa menjadi teman ngobrol yang asyik mengenai buku dan seni.

Photo Credit: c20-library

2. Libreria Eatery

Libreria Eatery yang berada di Jalan Raya Ngagel Jaya ini cukup mudah dijangkau. Tidak heran jika kafe ini akan dipenuhi pengunjung saat jam pulang kantor dan weekend tiba. Sesuai dengan namanya, kafe yang terletak di sebelah toko buku Uranus ini memang sangat memanjakan pengunjungnya dengan koleksi buku dan majalah mereka yang tersebar di beberapa sudut baca. Suasana homey dan harga makanan yang tidak seberapa mahal membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Dekorasi kafe yang didominasi warna cokelat dengan berbagai perabotan kayu yang khas membuat tempat ini sangat cocok buat kamu yang hobi mengambil foto untuk di-posting di sosial media.

Photo Credit: laurangelina

3. Heerlijk Library Cafe

Satu lagi spot foto yang instagramable di kota Surabaya yang bisa kamu datangi sambil ngabubu-read, tepatnya di Heerlijk Library Cafe. Kafe yang terletak di lantai dua Perpustakaan Daerah Jawa Timur ini memang mengusung gaya vintage dengan perabotan bercat warna-warni yang menambah semarak suasana kafe semi outdoor ini. Menu yang ditawarkan juga sangat bervariasi dan cocok untuk kantong anak muda lho, Sahabat Trivia! Buat kamu yang tidak membawa buku bacaan, kafe ini menyediakan beberapa buku yang tersedia di salah satu sudutnya. Bookstagram wajib mengunjungi kafe ini nih! Satu lagi, buat kamu yang berniat menyumbangkan buku dan bacaan di kafe ini, kamu akan mendapatkan diskon untuk makanan yang dipesan!

Photo Credit: mariaolyviaeven

4. Perpustakaan Medayu Agung

Inventaris yang ada di perpustakaan yang berlokasi di Jalan Medayu Selatan IV Surabaya ini pernah ditawar sebesar 1 milyar oleh seorang akademisi Australia lho! Beruntung pendirinya, Oie Him Hwie atau yang biasa dipanggil Pak Wi, tetap berniat untuk menjaga bukti-bukti sejarah yang disimpan di perpustakaan tersebut. Tidak heran jika inventaris di perpustakaan ini dihargai mahal karena di dalamnya tersimpan naskah asli karya-karya Pramoedya Ananta Toer selama di pulau Buru, kliping koran baik dalam maupun luar negeri, buku koleksi foto Bung Karno, buku sejarah Surabaya, dan masih banyak lagi arsip berharga lainnya. Buat Sahabat Trivia yang ingin belajar sejarah, pas banget datang ke perpustakaan yang mendapat penghargaan “Surabaya Academy Award 2004” dari Board of Surabaya Academy ini.

Photo Credit: ayorek

5. Kampung Ilmu

Kalian ingin baca buku lawas yang sudah tidak ditemukan di toko buku? Coba datang ke Kampung Ilmu, siapa tahu kalian bisa menemukannya di sana. Wisata baca yang berlokasi di Jalan Semarang ini memang sudah tersohor sebagai pusat buku bekas dengan harga murah di Surabaya. Lokasi yang sering dikunjungi mahasiswa Surabaya dan sekitarnya untuk berburu referensi ini terdapat kurang lebih 80 stan buku yang bisa menjual aneka buku bacaan, referensi, komik, novel, dan majalah baik dari dalam maupun luar negeri. Meski sudah dijual dengan harga murah meriah, kamu juga masih bisa menawar harganya lagi lho, Sahabat Trivia! Puas berburu buku, pengunjung bisa membacanya sambil melepas lelah di pendopo yang terdapat beberapa stan makanan atau ruang belajar yang terletak di lantai dua.

Photo Credit: kompasiana

Nah, tunggu apa lagi Sahabat Trivia, segera bawa bacaan favoritmu dan kunjungi tempat-tempat asyik di atas. Kalau beruntung, kita bisa bertemu teman ngobrol yang sama-sama menggemari buku, asyik kan! Jadi, hari ini kamu mau ngabubu-read di mana?

BACA JUGA


Tipe-Tipe Orang Saat Buka Puasa. Dari yang Konyol Sampai yang Bikin Hati Adem. Kamu Tipe yang Mana Nih, Sahabat Trivia?

Tipe-Tipe Orang Saat Buka Puasa. Dari yang Konyol Sampai yang Bikin Hati Adem. Kamu Tipe yang Mana Nih, Sahabat Trivia?

Selama bulan puasa ini, bukan pacar yang paling sering dirindukan. Tapi, azan Magrib yang tak kunjung datang. Buka puasa menjadi momen yang ...

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tempat-Tempat Super Asyik di Surabaya Buat Nunggu Waktu Berbuka Puasa Buat Booklovers yang Mau Ngabubu-Read". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar