Tips Jadi Penulis ala Dee Lestari untuk Kamu yang Sedang Berjuang Meraih Mimpi!

photo credit: winpoin

Tips Jadi Penulis ala Dee Lestari untuk Kamu yang Sedang Berjuang Meraih Mimpi!

805
Sebagai penulis, Dee seringkali memberikan wejangan yang ngena banget kalau sedang menghadiri seminar atau pun workshop menulis. Yuk simak wejangan dari Dee Lestari ini, Sahabat Trivia!

Siapa yang tidak mengenal sosok Dee Lestari? Penulis yang multitalenta ini sudah terkenal banget lho, Sahabat Trivia, baik di kalangan penggemar buku maupun penggemar film dan juga musik. Apalagi sebentar lagi film sekuel dari Filosofi Kopi akan segera tayang di bioskop. Wah makin melejit saja ya penulis yang gemar di sapa Mak Suri oleh para Addeection, sebutan untuk para penggemar dari Dee Lestari ini!

Sebagai penulis, Dee seringkali memberikan wejangan yang ngena banget kalau sedang menghadiri seminar atau pun workshop menulis. Ada apa aja ya, wejangannya? Yuk simak berikut ini, Sahabat Trivia!


1. Setiap penulis punya batu baranya sendiri. Temukan dimana batu baramu membara!

winpoin

Bagi para calon penulis, tentu sangat perlu untuk menemukan gaya menulisnya sendiri. Meski pada awalnya terinspirasi dari penulis tertentu, pasti jika sudah sering mengasah kebiasaan menulis, Sahabat Trivia bisa menemukan gaya menulis sendiri.

Menurut Dee, seorang calon penulis harus bisa menemukan di mana ‘batu bara’nya membara dengan baik. Jika Sahabat Trivia adalah penggemar genre horor lalu memaksakan diri untuk menulis cerita romance biar punya banyak pembaca, tentunya akan kesulitan, bukan? Maka maksimalkan dululah tulisan di ‘bara’ yang Sahabat Trivia kuasai dan sukai!


2. Berkarya untuk kecintaan saya sendiri

photo credit: inkubuku

Yang kedua ini ada hubungannya dengan wejangan yang pertama tadi. Dee lestari pernah menyebutkan salah satu mottonya dalam menulis adalah

Berkarya untuk kecintaan saya sendiri.

Dengan berkarya berdasarkan hal-hal yang Sahabat Trivia sukai, tentu jadi makin mudah dan menyenangkan, bukan?


3. Inspirasi itu mudah, komitmennya yang sulit

photo credit: forum liputan6

Dee pernah menyebutkan juga bahwa inspirasi itu sangat mudah untuk ditemukan. Bisa dari keseharian, melihat keramaian di jalan, mengantri di sebuah restoran cepat saji, inspirasi bisa datang kapan saja. Asal Sahabat Trivia menajamkan indera untuk menangkap inspirasi-inspirasi itu.

Nah, yang sulit adalah komitmennya. Banyak penulis pemula yang berhenti karena kurang kuat komitmennya. Padahal, Dee juga pernah bilang lho, Sahabat Trivia, bahwa komitmen membuat yang abstrak menjadi konkret. Sebab ide yang wujudnya masih abstrak baru bisa dinikmati oleh orang lain jika Sahabat Trivia sudah menuliskannya, kan? Di sinilah dibutuhkan komitmen, Sahabat Trivia!


4. Komitmen bisa jadi sumber stamina kita, Sahabat Trivia!

photo credit: pesona

Masih berhubungan dengan komitmen, Dee pernah bilang bahwa komitmen bisa dijadikan sumber stamina bagi para penulis, baik yang masih pemula maupun yang sudah ‘tingkat dewa’.

Kalau sudah berkomitmen, meskipun capek, pasti akan ditemukan energi cadangannya. Komitmen membantu kita mendobrak perangkap pikiran yang pesimis.

BACA JUGA


Mengintip Proses Lahirnya Novel Karya Dewi ‘Dee’ Lestari yang Paling Dinantikan, ‘Inteligensi Embun Pagi’

Mengintip Proses Lahirnya Novel Karya Dewi ‘Dee’ Lestari yang Paling Dinantikan, ‘Inteligensi Embun Pagi’

Setelah mendapat petunjuk dari upacara Ayahuasca di Lembah Suci Urubamba, Gio berangkat ke Indonesia. Di Jakarta, dia menemui Dimas dan ...

Read more..

Nah, bagaimana Sahabat Trivia sudah semakin semangat untuk meraih mimpi menjadi penulis? Jangan lupa untuk latih terus kemampuan menulis kamu ya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Jadi Penulis ala Dee Lestari untuk Kamu yang Sedang Berjuang Meraih Mimpi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kartini K | @kartini

Silahkan login untuk memberi komentar