Viral Rocky Gerung Mengatakan Kitab Suci adalah Fiksi, Begini Makna Kata 'Fiksi' Menurut Rocky Gerung

Jakarta Satu

Viral Rocky Gerung Mengatakan Kitab Suci adalah Fiksi, Begini Makna Kata 'Fiksi' Menurut Rocky Gerung

2.1K
Nama Rocky Gerung belakangan ini ramai diperbincangkan netizen. Semalam (10/04), muncul sebuah pendapat dari Rocky Gerung yang cukup kontroversial lantaran ucapannya yang menyebut bahwa kitab suci adalah fiksi.

Nama Rocky Gerung belakangan ini ramai diperbincangkan netizen. Rocky Gerung sempat memberi komentar di Twitter-nya pada hari Minggu (08/04) tentang Jokowi yang sempat berpidato dengan nada tinggi saat menghadiri Konvensi Nasional Galang Kemajuan Center di Bogor. Rocky Gerung secara terang-terangan mengkritik Jokowi yang terkesan penuh emosi meluapkan pidato yang di dalamnya ada tanggapan mengenai topik 'Indonesia Bubar 2030'. Cuitan pedas Rocky Gerung sontak membuat panas dunia maya. Banyak yang pro dan kontra dengan cuitan Rocky Gerung.

Belum reda masalah cuitan Rocky Gerung di Twitter, lagi-lagi muncul pro dan kontra tentang topik yang sempat memanas di sebuah acara di stasiun televisi swasta. Semalam (10/04), muncul sebuah pendapat dari Rocky Gerung yang cukup kontroversial lantaran ucapannya yang menyebut bahwa kitab suci adalah fiksi. Acara tersebut pun langsung ramai diperbincangkan netizen. Sebenarnya, bagaimana sih awal mula cerita ucapan tersebut bisa keluar dari Rocky Gerung? Lalu, apa makna kata 'fiksi' yang sesungguhnya menurut filsafat? Daripada kamu makin bingung dan penasaran, simak penjelasannya berikut ini ya, Sahabat Trivia.


Awal munculnya kontroversi kitab suci adalah fiksi

Jakarta Satu

Kejadian ini bermula dari sebuah acara di stasiun televisi swasta yang mengambil tema 'Prabowo-Jokowi Berbalas Pantun'. Di acara tersebut, terdapat kelompok dari masing-masing pendukung tokoh tersebut beserta pengamat politik, termasuk Rocky Gerung. Dalam sesi tersebut, salah seorang pendukung tokoh tersebut berucap bahwa pernyataan 'Indonesia Bubar 2030' diambil dari salah satu karya fiksi. Makin ramai diperdebatkan, Rocky Gerung muncul dan mencoba meluruskan makna kata 'fiksi' dan 'fiktif'. Dalam penjelasannya tersebut, Rocky Gerung juga menyebutkan bahwa kitab suci adalah fiksi.


Makna fiksi dan fiktif menurut KBBI

Kata 'fiksi' dan 'fiktif' tentu sudah tak asing lagi di telinga kamu. Menurut KBBI, arti kata 'fiksi' adalah cerita rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan, serta pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran. Sedangkan kata 'fiktif' berarti bersifat fiksi dan hanya terdapat dalam khayalan. Tentu penjelasan ini seperti yang kamu pikirkan selama ini bukan? Nah, ternyata maknanya berbeda loh menurut filsafat!


Menurut Rocky Gerung, beginilah makna fiksi yang sebenarnya

Tribun Wow

Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos dan itu sifatnya fiksi. Itu baik. Fiksi adalah fiction dan itu berbeda dengan fiktif - Rocky Gerung

Telos dalam bahasa Yunani berarti akhir, tujuan, atau sasaran. Menurut Rocky Gerung, 'fiksi' itu maknanya baik, sedangkan fiktif memiliki makna buruk. Ditambahkannya, fiksi adalah proses kreatif. 'Fiksi' berasal dari bahasa Latin fictio yang memiliki akar kata fingere. Kalau diartikan, 'fiksi' berarti: ‘membangun atau mengonstruksi’, ‘menemukan’, ‘membuat’, dan ‘mengkreasi’. Segala proses pembentukan fiksi diawali dari imajinasi. Misalnya, seseorang yang melihat burung terbang berandai-andai bisa terbang. Sejak itu, peradaban manusia yang makin berkembang membuat muncullah benda yang disebut pesawat terbang. Proses membuat itulah yang disebut fiksi. Wah, ternyata maknanya berbeda sekali dengan yang selama ini kamu kenal lewat KBBI ya!


Selain 'fiksi', ternyata ada beberapa kata lain yang mengalami pergeseran makna menurut filsafat

Tak hanya 'fiksi', kata lain yang selama ini kamu mengerti maknanya ternyata memiliki arti yang berbeda juga menurut filsafat. Salah satu contohnya adalah kata 'radikal'. Kata 'radikal' berasal dari kata radix yang artinya akar, dengan begitu 'radikal' memiliki arti menyelesaikan sampai akar. Sementara, selama ini radikal dikenal sebagai suatu tindakan yang terkesan buruk. Jika kamu belajar filsafat, kamu bisa menemukan banyak kata yang berbeda makna dengan yang kamu kenal selama ini karena pergeseran zaman yang mudah mengubah pola pikir orang.


Lalu, benarkah kitab suci adalah fiksi?

Viva

Pernyataan Rocky Gerung yang menyatakan bahwa kitab suci adalah fiksi telah menjadi perbincangan netizen hingga sekarang. Banyak yang membantahnya karena mereka meyakini bahwa kitab suci adalah firman yang berasal dari Tuhan yang tidak perlu diperdebatkan lagi isinya. Namun, ada juga yang mendukung pernyataan Rocky Gerung tersebut. Mungkin belum ada kejelasan mana yang lebih benar. Yang jelas, siapapun berhak berpendapat, Sahabat Trivia.


BACA JUGA


Cover Majalah Tempo Dikritik Karena Dianggap Melecehkan Ulama, Deretan Cover Majalah Ini Juga Memicu Kontroversi Loh!

Cover Majalah Tempo Dikritik Karena Dianggap Melecehkan Ulama, Deretan Cover Majalah Ini Juga Memicu Kontroversi Loh!

Front Pembela Islam atau FPI mendatangi kantor redaksi majalah Tempo karena dianggap melecehkan Habib Rizieq lewat cover majalah terbarunya

Read more..

Bagaimana, Sahabat Trivia? Menurut kamu, mana nih yang lebih tepat makna kata 'fiksi'? Apapun itu, daripada ikutan heboh di media sosial, setidaknya kamu sekarang mendapat pengetahuan baru tentang filsafat nih. Yuk, belajar lebih bijak menanggapi berbagai berita yang ada!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Viral Rocky Gerung Mengatakan Kitab Suci adalah Fiksi, Begini Makna Kata 'Fiksi' Menurut Rocky Gerung". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jessica Dima | @jessicadima

Supervisor QC yang demen nulis sejak SD. Penikmat buku, musik, dan film. Masih demen nulis di sela-sela rutinitas di kantor dan pabrik. Kunjungi segala tulisan randomnya di www.agensherlockholmes.com

Silahkan login untuk memberi komentar