Yacouba Sawadogo: Lelaki yang 'Menghentikan Gurun'. Simak 5 Fakta Inspiratif Tentangnya Berikut Ini!

photo credit: scd.rfi.fr

Yacouba Sawadogo: Lelaki yang 'Menghentikan Gurun'. Simak 5 Fakta Inspiratif Tentangnya Berikut Ini!

1.1K
30 tahun mengabdi di tanah tandus Afrika, Yacouba membuktikan diri bahwa ia bisa menghentikan gurun.

Lelaki kelahiran Burkina Faso tahun 1960 ini mengejutkan banyak orang dengan upayanya ‘menghentikan gurun’. Bertahun-tahun didera penanaman dan peningkatan populasi yang berlebihan, lahan di desa Yacouba mengalami kekeringan dan kerusakan yang luar biasa. Merasa sedih akan kondisi ini, Yacouba tidak lantas berpangku tangan menunggu bantuan. Lewat tangannya sendiri, ia menghijaukan kembali 20 hektar lahan yang kini telah menjadi hutan lebat dengan aneka tumbuhan dan hewan hidup di dalamnya.

Yuk, kita kenali lebih dekat sosok inspiratif ini lewat 5 fakta kehidupannya!


1. Tidak memiliki pendidikan tinggi

photo credit: Lifegate

Berasal dari wilayah pedalaman dengan akses yang terbatas ke dunia luar, Yacouba kecil tentunya tidak bisa mengenyam pendidikan yang layak. Ia bersekolah di sebuah sekolah agama yang memprihatinkan—di mana terkadang anak-anak tidak bisa mendapatkan makanan yang cukup. Yacouba adalah yang paling muda dan berbadan paling kecil, sehingga ia kadang tidak kebagian makanan sama sekali.


2. Menghijaukan lahan dengan metode tradisional

photo credit: Grand Ouest Tribune

Banyak ilmuwan yang menyerah akan masalah kekeringan di lahan utara Burkina Faso ini. Namun, Yacouba yang hanyalah petani biasa mencoba membalikan keadaan dengan mempraktikkan metode pertanian tradisional Afrika yang disebut “Zai”. Metode ini sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan peralatan yang mahal. Namun, memang agak ‘membingungkan’ karena dengan metode ini, lahan diklaim akan tumbuh kembali justru di musim kemarau.


3. Berupaya hanya dengan satu teman

photo credit: PositivR

Metode “Zai” yang nampak aneh ini memang jadi tantangan tersendiri bagi Yacouba. Awalnya, Yacouba ditertawakan dan diejek oleh sesama petani maupun petinggi-petinggi pertanian yang ada di sana. Di tahun 1980-an. dengan hanya berteman Mathieu Ouedraogo, sesama petani lokal, Yacouba mencoba untuk bereksperimen dengan berbagai teknik rehabilitasi lahan hingga akhirnya menggunakan teknik “Zai” ini. Tak disangka, dalam 20 tahun, wilayah seluas 15 hektar yang semula kering bertransformasi menjadi hutan hijau yang menjadi rumah bagi setidaknya 60 spesies pohon.


4. Diliput dalam film dokumenter: The Man Who Stopped the Desert

photo credit: Sustainable Melbourne

Film dokumenter produksi tahun 2012 ini digagas oleh Mark Dodd. Publikasi besar-besaran lewat film dokumenter ini memang membuka mata banyak pihak, khususnya petani dari berbagai wilayah, tentang bagaimana cara menangani krisis. Donasi pun banyak mengalir untuk keberlangsungan usaha Yacouba. Namun, hal ini bukan akhir dari tantangan untuk Yacouba. Sebuah proyek perluasan wilayah mulai mengancam tanah yang ia tanami. Bahkan, sejumlah rumah sudah berdiri di lahan perjuangannya itu. Kini Yacouba tengah berjuang untuk mengumpulkan donasi demi membeli lahan ‘miliknya’ tersebut.


5. Melatih banyak petani baru

photo credit: Wikipedia

Sebuah tempat pelatihan dan workshop dibangun Yacouba di lahanya. Ia mengajar para pengunjung dari berbagai latar belakang yang berbeda. Ia mengharapkan tempat pelatihannya ini bisa menjadi titik awal penghijauan di berbagai wilayah. Hal ini tentunya tidak mudah. Namun, Yacouba meyakini bahwa jika seseorang bertahan di zona nyaman, ilmu milik orang tersebut tidak akan berguna bagi kemanusiaan.

BACA JUGA


Belajar dari Nugie, Yuk Peduli Lingkungan Sejak Dini. Millennials Jangan Mau Kalah!

Belajar dari Nugie, Yuk Peduli Lingkungan Sejak Dini. Millennials Jangan Mau Kalah!

Lewat karya-karyanya, Nugie ingin menyampaikan bahwa sekecil kepedulian kita akan sangat berdampak pada kelestarian alam

Read more..

Sahabat Trivia, bumi tempat tinggal kita ini memang tengah ‘sakit’. Sebagai manusia, sudah kewajiban kita menjaga dan merawatnya. Berkaca dari pengalaman Yacouba, sebenarnya perubahan ke arah lebih baik itu sangat mungkin dilakukan meski kita hidup penuh keterbatasan. Yuk, kita mulai lebih peduli dengan lingkungan dengan ikut perjuangan Yacouba membuat bumi yang lebih baik, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yacouba Sawadogo: Lelaki yang 'Menghentikan Gurun'. Simak 5 Fakta Inspiratif Tentangnya Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Natasha Adelina | @natashey

Silahkan login untuk memberi komentar